Takut Melanggar HAM, Alasan Guru Tak Tegur Siswa Merokok Disampingnya - Jurnalmuslim.com

Advertisement

Takut Melanggar HAM, Alasan Guru Tak Tegur Siswa Merokok Disampingnya

Jumat, 14 Oktober 2016
Takut Melanggar HAM, Alasan Guru Tak Tegur Siswa Merokok Disampingnya

Jurnalmuslim.com - MAKASSAR – Setelah foto bersama siswanya yang sedang merokok menjadi viral, guru Yayasan SMA Ilham Makassar Ambo (51) memenuhi panggilan Dinas Pendidikan Kota Makassar, di Jalan Hertasning, Jumat (14/10/2016).

Pemanggilan untuk meminta penjelasan atas ulah siswanya, AS (16) yang berfoto tidak senonoh dengan mengangkat kaki dan merokok tepat di sampingnya. Guru Bahasa Indonesia tersebut mengaku tidak menyangka foto tersebut akan menjadi sekisruh ini dan tersebar di dunia maya.

Saat kejadian, Ambo mengaku tak memperhatikan AS merokok, ia hanya menegur AS saat melihat kakinya dinaikkan di meja. Kendati ia sempat mencium bau asap, dan meminta AS mematikan rokoknya.

Ambo mengaku enggan menegur terlalu keras pada siswanya lantaran tidak ingin dianggap melanggar HAM. Guru-guru yang melihat foto itu, ramai-ramai memberi komentar. Hal itu tampak di salah satu grup para guru di Facebook.

"Saya juga seorang guru.. miris liatnya... kalo saya di posisi bapak guru, ga akan saya biarkan siswa saya berbuat demikian, penjara2 deh, daripada dibiarkan semakin kurang ajar, jadi contoh untuk yg lain. Jadi guru jaman sekarang memang susah, dikit2 ham, tapi kalo niat kita untuk membantu anak bangsa biar lebih baik lagi, insya allah dimudahkan jalannya.. karena sekarang attitude first...," tulis Zainita Zakiah, salah seorang guru SMK di Makassar saat mengomentari foto tersebut di grup 'Kami Guru'.

Akibat kejadian ini, Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Ismunandar, meminta para guru untuk tegas dalam mendidik anak siswanya. Sebab, sikap disiplin siswa kepada guru perlu ditekankan agar kejadian serupa tak terjadi lagi. news.okezone.com

loading...