Update Corona Covid-19: Korban Tewas 2.979 Jiwa, Sembuh 42.334 Orang - Jurnalmuslim.com

Advertisement

Update Corona Covid-19: Korban Tewas 2.979 Jiwa, Sembuh 42.334 Orang

Senin, 02 Maret 2020
Update Corona Covid-19: Korban Tewas 2.979 Jiwa, Sembuh 42.334 Orang

Kasus positif virus corona atau Covid-19 masih terus menjadi perhatian di seluruh dunia. Kekinian bahkan telah ditetapkan tiga negara menjadi episentrum baru, yakni Korea Selatan (Korsel), Italia, dan Iran.

Jumlah kasus positif di ketiga negara tersebut terus bertambah secara signifikan dengan jumlah yang mencapai ratusan kasus baru.

Dilansir laman worldometers.info Minggu (1/3/2020), data yang dilaporkan secara real-time hingga pukul 03:30 GMT, jumlah kasus corona di seluruh dunia mencapai 86.992 orang, dengan angka kematian 2.979 jiwa. Sisi baiknya, jumlah kesembuhan meningkat dengan total 42.334 jiwa.

Jumlah tersebut tersebar di beberapa negara seperti Vietnam, India, Rusia, Kamboja, Mesir, Belgia, Nepal, dan Sri Lanka. Hingga kimi, virus Covid-19 telah menjangkiti 64 negara dan satu kapal pesiar Diamond Princess.

Sementara, kematian pertama tercatat pula di beberapa negara. Seperti Amerika Serikat, yang memiliki total 68 kasus, 7 di antaranya sudah sembuh dan satu di antaranya berada dalam kondisi kritis.

Semakin menyebar, virus corona kini terdeteksi di luar Asia. Di Eropa, kasus pertama dilaporkan di Irlandia, Luxembourg, Qatar, dan Ekuador.

Saat Indonesia masih berstatus zero Corona Covid-19, sedikit banyak hal ini membuat berbagai kabar hoaks bertebaran, termasuk kabar 6 kota zona kuning corona di Indonesia, yang beredar dalam pesan WhatsApp.

Kota-kota yang disebutkan sebagai 6 kota zona kuning corona adalah Jakarta, Medan, Batam, Jakarta, Surabaya, Bali, dan Manado. Kabar ini kemudian langsung ditepis Kementerian Kesehatan RI dalam keterangan resminya.

"Kemenkes tidak pernah mengeluarkan pernyataan tentang ‘6 kota zona kuning corona’, sebagaimana informasi yang beredar di media sosial," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat drg. Widyawati, MKM, melalui rilis resminya, Jumat (28/2/2020).

Widya mengatakan Kemenkes sudah melakukan segala upaya mencegah dan menjaga agar Covid-19 tidak masuk ke tanah air. Termasuk upaya penjagaan di berbagai pintu masuk pendatang yang siap sedia di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

"Sejauh ini Kemenkes terus melakukan upaya cegah tangkal Covid-19 di 135 pintu masuk negara (darat, laut, udara), termasuk SDM dan peralatannya," pungkas Widya. suara.com

loading...