$type=grid$meta=0$readmmore=0$snippet=0$count=4$hide=mobile$show=home

$type=ticker$meta=0$readmore=0$snippet=0$columns=4$hide=mobile$show=home

Dianggap Bahayakan Etnis Tionghoa, Ahok Mau Digebukin Pedagang di Glodok?

Jurnalmuslim.com - Wahai Big Boss, Sampai Kapan Anda Melindunginya?

Ahok Bahayakan Persatuan NKRI

Oleh Edward Marthens

“Asyik dong koh, temen-temen sudah pada konsolidasi Februari 2017 buat menangin Ahok,” kata saya, kepada seorang pedagang elektronik di Glodok, Jakarta Barat.

“Asyik apaan. Kalo dia dateng ke sini, kita bakal gebukin rame-rame,” ujarnya dengan nada gusar.

“Kok?” tanya saya lagi.

“Kelakuan dan mulutnya itu, bikin suasana ga aman. Banyak orang marah sama dia. Eh, lama-lama orang marahnya merembet ke etnis Cina. Kalau sampai kejadian kayak 1998, gimana? Dia sih enak, orang kaya gampang kabur ke luar negeri. Nah kita yang di sini? Bisa jadi korban bakar-bakaran lagi,” paparnya dengan nada kian tinggi.

Yang di atas itu cuplikan dialog singkat saat saya menemani teman membeli barang elektronik di Glodog, Jakbar, pekan silam. Dalam dialog tersebut, memang nyata sekali kekesalan, bahkan kemarahan, para pedagang Glodok yang sebagian besar beretnis Cina. Seperti kata pedagang tadi, mereka benar-benar khawatir perilaku Basuki bakal memicu kerusuhan etnis seperti yang pernah pecah pada 1998 silam.

Gubernur Petahana yang satu ini memang sudah teramat banyak menyakiti hati penduduk Jakarta. penggusuran brutal terhadap ratusan titik permukiman penduduk, sepertinya menjadi catatan paling hitam dalam hal kebengisan penguasa dalam sejarah negeri ini.

Selain itu, sihir media mainstreamtentang sok bersih dan sok lurusnya Basuki juga menjadi dagelan paling menyedihkan. Skandal RS Sumber Waras, pembelian lahan milik sendiri di Cengkareng, skandal bus Trans Jakarta, taman BMW, penunjukan langsung pengadaan ratusan bus Scania untuk armada Trans Jakarta, dan reklamasi pantai utara Jakarta adalah serenceng jejak kelam Basuki dalam hal korupsi.

Namun sampai sejauh ini, mantan Bupati Belitung Timur itu masih saja melenggang, tak tersentuh hukum. Dapat dipastikan ada tangan-tangan sakti mandraguna yang terus saja melindunginya. Entah siapa? Entah untuk kepentingan apa (dan siapa) ?

Aroma tangan penguasa nan sakti itu juga kembali begitu menyengat pada kasus penistaan al Quran yang lagi-lagi dilakukan Basuki.  Ucapannya di Kepulauan Seribu yang mensitakan surat al Maidah ayat 51 dan menghina ulama benar-benar sudah keterlaluan. Laporan sudah bertubi-tubi disampaikan kepada Polisi. Aksi turun ke jalan ummat Islam juga sudah pecah, bukan hanya di Jakarta, tapi bisa dikatakan merata di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan berita yang sampai kepada kita pun menyebutkan, dunia internsional pun ikut tersulut. Kendati begitu, toh polisi seperti gorogi. Seperti ada tembok besar yang menghadang langkah mereka untuk memproses secara hukum.

Padahal,  kalau saja polisi, dan khususnya penguasa pelindung Basuki, mau sedikit saja bersikap negarawan, mungkin kejadiannya bakal berbeda. Cobas saja perhatikan cara umat Islam yang mayoritas di Indonesia memperlakukan Ahok yang telah menghina al-Quran dan Ulama. Jutaan orang yang turun ke jalan hanya menuntut hukum ditegakkan. Kini coba bayangkan, jika yang terjadi adalah seorang muslim menghina kristen secara terbuka (seperti yang Ahok lakukan) di Amerika, misalnya. Hampir pasti pelakunya sudah dibunuh oleh kelompok-kelompok radikal dantransnationalizm di sana. Fakta inilah yang sudah sering terjadi di negeri-negeri yang konon disebut maestro demokrasi.

Unjuk rasa massif yang menyebar di seantero negeri menunjukkan betapa moral dan sikap toleransi umat Islam Indonesia sanga sangat tinggi. Jadi, jangan lagi kalian, orang-orang nonmuslim dan  kaum munafik, meminta dan mengajari ummat Islam tentang toleransi.

Di sisi lain, coba perhatikan perilaku Ahoker terhadap tuntutan yang manusiawi yang penuh dengan nilai moral dan toleransi ini. Bukannya berinstropeksi diri, mereka malah menyerang umat Islam dan lembaga keagamaan. Para Ahokers itu meminta MUI mencabut pendapat keagamaan terkait pelecehan dan penghinaan yang dilakukan Basuki terhadap al Quran dan ulama.  Mereka juga membuat petisi pembubaran MUI di media sosial. Bahkan mereka melancarkan fitnah pada para ulama dan meluncurkan kata-kata hinaan pada Islam sebagai agama.

Sadar atau tidak, para Ahoker sedang menyusun perpecahan negeri ini. Demi seorang Ahok, mereka berani berjudi dengan risiko yang amat besar, tercabik-cabiknya NKRI, terbakarnya kesatuan bangsa oleh amuk dan amarah.

Siapa sesungguhnya Ahok? Siapa sesungguhnya para Ahokers yang sepertinya punya loyalitas tinggi? Apakah mereka hanya para relawan yang mengais nasi bungkus semata? Atau mereka adalah pasukan yang memang sudah dipersiapkan? Berapa banyak sumber dana yang digelontorkan untuk keperluan ini? Siapa saja donaturnya? Kepentingan dan skenario apa yang tengah mereka mainkan?

Kepada para Ahokers, saya sarankan, kalian berhentilah sekarang! Berpikirlah rasional, bahwa ‘dewa’ yang kalian puja-puja itu memang sudah teramat banyak melakukan kesalahan besar. Dia memang sudah pantas dan harus dihukum! Terlalu besar risiko yang harus ditanggung negeri ini jika kalian terus saja bermain-main seperti itu.

Dan kepada anda, big boss yang selalu melindungi Basuki, cobalah bersikap sebagai negarawan. Tanyakan ke hati nurani anda (maksud saya, itu pun kalau anda masih punya), apakah anda rela mengorbankan keharmonisan NKRI hanya untuk membela seorang Basuki yang amat nista? Nista mulutnya, nista kelakuannya.

Relakah anda Indonesi akan tercabik-cabik oleh koflik horisontal hanya karena seorang Basuki? Dosa dan utang apakah anda kepada Basuki, sehingga anda harus mempertaruhkan seluruh negeri ini untuk membelanya? Ingat, pembelaan membabibuta yang anda berikan kepada Basuki itu, bisa membahayakan singgasana yang kini anda duduki.

Jika anda masih punya nurani, segera perintahkan polisi untuk memproses segala pelanggaran yang dilakukan Basuki, baik dari sisi korupsi maupun penistaan terhadap agama. Jika anda masih sayang pada negeri ini, segera lepaskan belenggu anda kepada KPK, agar lembaga antirasuah itu bisa bertindak secara profesional dan proporsional terhadap Basuki.

Kami tunggu sikap negarawan anda. Jang biarkan kemarahan rakyat membakar Indonesia yang kita sangat kita cintai ini… (*mc)
*Edward Marthens, pekerja sosial, tinggal di Jakarta

(nusantarakini)

COMMENTS

Iklan Konten$show=post

loading...

[Artikel Menarik Lainnya]$hide=home

Nama

'Umdatul Ahkam,52,25 november,2,4 nove,1,4 november,52,aa gym,19,aadc2,1,Abdul Chair Ramadhan,1,abu bakar ashidiq,1,aceh,15,Adab,8,ade armando,22,ade komaruddin,2,adik ahok,2,administrasi,5,adsense,3,advertorial,2,afrika,2,aher,2,ahmad baidhowi,1,ahmad dhani,1,ahmad zainuddin,1,ahok,459,ahok djarot,3,ahok illuminati,1,ahokers,5,akhlak,8,akmal sjafril,1,aksi bela islam iii,2,Al Hikmah,1,al quran palsu,1,al umm,1,al washiliyah,1,al-quran,14,Alex Naddour,3,alfian tanjung,2,ali bin abi thalib,1,ali jaber,6,aliansi pemuda makassar,1,aliran sesat,3,allepo,1,alwi shihab,1,am fatwa,2,amerika,12,amien rais,12,amir faishol fath,1,amir hamzah,1,an najah,12,anis baswedan,2,anis dan sandiaga,1,anton medan,3,anton tabah,1,antv,3,april,1,Aqidah,97,aqidah syiah,14,arab saudi,6,archandra,3,ariana grande,1,arief rahman,1,arifin ilham,4,arik banyadhu,3,artikel ilmiah,5,Artikel Ramadhan,7,atmiwiloto,1,australlia,3,bab thoharoh,1,bachtiar nasir,13,backmasking,1,badai pasir arab saudi,1,balaraja,1,band,1,bandung,3,bangka belitung,2,bangkalan,1,bangladesh,1,banjar,1,banjarmasjin,1,bank,1,banten,2,banyuwangi,1,barcelona,1,bareskrim,3,bashar asad,5,bawaslu,1,bbc,1,beasiswa,27,beasiswa iain antasari,1,beasiswa kuwait,2,beasiswa tahfidz,1,beasiswa turki,1,bedah buku syiah,1,bekal dakwah,25,bekam,4,bekasi,3,berita,14,bid'ah,13,bima arya,1,bina qalam,1,biografi,2,bireun,1,Bisnis Online,3,bitung,1,blog tutorial,49,bmh,7,bmh jatim,2,bmh lumajang,3,bnn,1,bnpt,2,bogor,7,bom saudi,2,bpi,1,bpjs,8,brebes,1,britney spears,1,brunei,1,buddha,1,budha,4,bukit duri,4,buku,1,buku gratis,1,Buletin,35,bungkul,1,buni yani,7,burhan shodiq,1,bus pendemo,1,buya hamka,3,buya yahya,4,cadar,1,cakung,2,cangkul,9,car free day,1,cba,2,Ceramah,5,charlie hebdo,1,china,39,cholil nafis,1,cholil ridwan,2,cilacap,1,cina,12,colil ridhwan,1,cut nyak din,3,dahnil anzar,2,darul hijrah,1,dasrul,12,Data Kesesatan Syi'ah,15,dauroh,1,ddi,2,debat bahasa arab internasional mesir,1,dede,1,demo tolak ahok,74,demonstrasi,5,densus 88,4,depok,1,detik,3,didin hafidhuddin,2,dimas kanjeng,2,din syamsuddin,3,dina y sulaeman,2,djarot,2,do'a,1,donald frans,1,donald trump,11,Download,5,dprd,3,dr miftah el banjari,1,dr tiar,1,dr zakir naik,3,Dr. Adian Husaini,1,Dr. Ahmad Zain An-Najah,4,dr. aidh al qarni,3,dr. warsito,2,dream,1,dzan farid,1,dzulhijjah,1,emilia renita,3,erdogan,7,Esra Panese,1,event,1,facebook,1,fadel muhammad,1,fadl zon,8,fahira idris,2,fahri hamzah,6,fakta,3,fans celtic,1,farid okbah,1,fatih seferagic,1,Featured,4,felix siauw,16,ferdinand hutahean,1,ferihana,1,filipina,1,film,2,Fiqih,144,fiqih dakwah,20,fiqih haji,8,fiqih ihram,2,fiqih jenazah,11,fiqih jihad,5,fiqih jual beli,3,fiqih madzhab imam syaf'i,1,fiqih nikah,8,fiqih puasa,2,fiqih qurban,2,firanda andirja,1,florida,1,foto,7,Foto-Foto kesesatan Syi'ah,4,fpi,18,freddy budiman,2,gafatar,1,gajah,1,gallery,1,gambar,3,game online,1,game pes,1,garut,8,gatot nurmantyo,3,gaza,7,gerhana matahari,1,gerindra,4,Gilbert Lumoindong,1,globaltv,1,golkar,3,gontor,1,google,1,gp anshor,4,gresik,1,gubernur ntb,1,guru,13,gus manan,1,gus sholah,2,habib rizieq,23,hacker,1,Hadits,17,hadyu,2,hafidz quran,2,haiti,1,halal.ad,3,ham,3,hamdan zoelva,1,hari pancasila,1,Harits Abu Ulya,1,hartoyo,6,harvard,1,hary tanoesoedibjo,9,headline,90,hidayat nur wahid,3,hidayatullah,1,hikmah,8,hmi,14,hollywood,1,hukum seputar ta'ziyah,2,husain syahid,1,husni thamrin,1,hut ri 71,4,ibadah,5,ibnu khaldun,1,ibu saeni,15,ical,1,idc,1,ihw,1,ikhsan modjo,1,iklan,1,ilc 8 november,1,illuminati,3,Ilmu Faroidh,20,ilyas karim,2,imam masjid al aqsa,2,imamah,5,imunisasi,1,india,6,indonesia,721,indramayu,1,inews,1,info kajian,1,inggris,2,insan mokoginta,1,inspiratif,1,intermezo,1,internasional,205,ipb,1,ipw,1,irak,2,iran,6,irena handono,3,irlandia,2,Islamophobia,2,islandia,1,israel,15,istanbul,1,istiqlal,1,istri ahok,1,istri gus dur,1,jabar,2,jack ma,1,jakarta,25,jakut,1,jamaah tabligh,1,janet jackson,1,jas,1,jatim,5,jawa barat,2,jawa timur,3,Jayawijaya,2,Jeffry Winters,1,jember,1,jepang,4,jerman,4,jihad,1,jihad internasional,5,jil,10,jilbab,5,jk,14,jokowi,149,jokowi dan ahok,9,jonru,4,jpnn,1,Kabar Muslim Burma 2012,3,kalbar,1,kalimantan,6,kammi,3,kampung rambutan,1,kanada,1,Kapolda,1,kapolri,3,kapry nanda,1,karawang,1,kashmir,2,kasih,1,keluarga,4,Kemendag,1,kenan nabil,1,kereta cepat,1,kesehatan,3,KH Ali Mustafa Ya'qub,1,KH Hasyim Muzadi,4,kh. abdur rasyid,1,khairul anwar,1,Khutbah jum'at,6,Kiamat,3,king abdul aziz,1,king saudi university,2,kiriman pembaca,7,kisah,11,kisah hikmah,5,kisah para nabi,6,kivlan zen,6,kiwil,1,knrp,1,koko,1,kolombia,1,komnas ham,1,komnas perempuan,2,kompas,11,kompastv,3,komunis,19,koneksi,1,kopi jessica,3,korea utara,1,kotamabagu,1,kpai,1,kpk,5,kpu,1,kristen,14,kristenisasi,12,kristologi,25,ktp,1,kuba,1,kuburan,1,kuliner,1,kurma iran,2,kutab al fatih,1,kyai nur,2,labuhbatu,1,Lain-lain,8,lalu heru rojak,1,lampung,3,Laurence Rossignol,1,lbh paham,1,lenteng agung,1,lgbt,20,liberal,1,Liberalisme,6,Lieus sungkharisma,1,lipia,2,lira,1,lomba,1,lomba tahfidz,1,lombok,1,london,1,luar batang,1,lucky hakim,1,Lucu,6,luhut,1,lukman hakim,1,luthfi bashori,1,ma'ruf amin,1,mabuk,1,madina,2,madrasah,1,madura,5,magelang,2,mahfud md,2,Makalah Menarik,96,Makalah Thoharoh,35,makassar,5,make money blog,12,malang,1,malaysia,4,maluku,2,manado,3,mark zuckberg,1,maroko,1,marwah daud,1,marzukie alie,1,masjid nabawi,2,mataram,1,medan,1,media mainstream,23,megawati,13,menag,7,menakjubkan,7,mendagri,8,mengerikan,4,menhan,4,merdeka,5,mesir,4,metrotv,19,minahasa,1,miras,5,mizanul muslim,6,mnctv,2,mpr,1,ms kaban,1,muallaf,27,muda mudi,1,mudik 2016,1,muhammad ali,3,muhammad taufik,1,muhammadiyah,24,muharram,1,muhasabah,71,mui,34,mukidi,1,mukjizat,6,mulyono,1,munarman,5,musa,6,musik,3,muslim uyghur,1,muslimah,12,Musthalahaat al-fuqaha’ wal ushuliyin,35,Mustholahul Hadits,1,Mustolahat Fil fiqh,30,myanmar,17,nabil,1,narkoba,3,nasi uduk babi,2,nasyiatul aisyiyah,1,natal,1,new york,7,nigeria,1,niken taradina,1,ntb,4,nu,16,nur tajib,1,nusairiyah,3,nusantara,2,nushairiyah,1,nushron wahid,56,oemar mita,14,oezil,1,olahraga,1,omran,4,opini,1,ozil,1,padang,2,Paham Sesat,22,pajak,2,pakistan,1,palestina,44,palu,1,pamekasan,1,pan,1,Panduan Ibadah Qurban,3,pangeran harry,1,pangi syarwi chaniago,1,papua,2,paris,1,pasar ikan,2,patani,2,pbnu,3,pdip,2,pekerja asing,1,Pemerintah Indonesia,11,pendeta cabul,3,pendeta vatikan,1,pendidikan,15,penemu muslim,1,pengungsi suriah,6,penjaringan,3,penyerangan polisi tangerang,1,perda islam,2,pers,1,persis,1,pesantren,1,petisi,1,pilkada dki jakarta,5,pki,100,pks,1,Pluralisme,5,pokemon,28,polisi,7,politik,1,ponorogo,1,pontianak,1,poso,1,pp muhammadiyah,2,ppp,3,prabowo,1,prancis,3,probolinggo,1,Prof DR Abdul Hadi,3,profil,4,proxy war,3,psq,1,puisi,1,punk,1,purbalingga,2,purworejo,1,pushami,1,pwnu,3,qishash,2,quraish shihab,1,rachmawati,4,rawajati,1,rcti,1,reklamasi,4,retorika dakwah,26,revenuehits,2,Rezim Penguasa,1,riau,3,ridwan kamil,4,rifkoh abriani,1,rio haryanto,1,risma,4,Riyadh Badr Bajrey,4,rizal ramli,2,robithoh alam islami,1,rohingya,15,rokok,3,ronaldo,1,rudal jokowi,1,ruhut,6,rumah tangga,4,rusia,1,Sahabat,4,sahabat nabi,1,said aqil,17,sains,1,salafy indonesia,4,salib mampang,3,salibis,1,salim a. fillah,1,samarinda,1,sambudi,5,sampang,1,sandiago uno,1,santoso,1,santri,2,sayidiman suryohadiprojo,1,sby,10,sd cilegon,1,Sejarah,18,sekjen pbb,1,sekte dan aliran,5,Sekularisme,6,selandia,1,sepak bola,1,Shahnaz Laghari,1,shalawat badar,8,shalawat nabi,18,shared2earn,1,sidoarjo,1,simposium anti pki,4,siroh,16,siyono,4,skotlandia,2,Slank,1,sma,1,soekarno,1,solo,4,spanyol,1,spbu,1,sragen,2,stand up comedy,1,stevanus,2,stiba makassar,1,subang,1,sudan,1,sukabumi,2,sukmawati,1,sulawesi,2,sulteng,1,sumbar,2,sumedang,1,sumsel,1,sumut,2,surabaya,3,suriah,36,surya prabowo,1,susanto,1,swedia,1,syafii maarif,11,syaikh sudais,1,Syarh 'Umdatul Ahkam,42,Syarh Matan Thawiyah,20,syariat islam,3,syarifah salsabila,1,Syiah,197,syiah mencela nabi muhammad,6,syiah mencela sahabat,22,syiah menghina muawiyah,4,syiah mengkafirkan aisyah,6,syiah mengkafirkan asyariyah,4,syiah mengkafirkan sahabat,1,syiah suriah,1,syiah takfiri,1,syirik,7,syubhat pengagung kubur,2,Syubhat Sejarah Rosululloh SAW,9,Tabi'in,12,Tabi'ut Tabi'in,13,Tafsir,4,tafsir al maidah,1,tahukah?,4,takbir keliling,2,tangerang,1,tanjungbalai,15,tawasul,4,Tax Amnesty,1,Tazkiyyatunnafs,24,tebet,2,tebingtinggi,1,teknologi,19,tema ceramah,20,tema dakwah,3,teman ahok,17,tempelate blog,6,tempo,3,tengger,3,Tengku Erry Nuradi,1,terbaru,1,tere liye,1,Terjemahan kitab Musthalahaat al-fuqaha’ wal ushuliyin,35,terompet dari sampul al quran,4,teroris,8,teroris separatis,1,terorisme,4,terorisme medan,7,teuku nasrullah,2,teungku zulkarnain,14,thailand,3,thibun nabawi,1,timor leste,1,tionghoa,5,tiongkok,2,Tips,4,tki,1,tni,7,tni au keroyok jamaah masjid,10,trans7,1,Tsaqofah,6,tuban,1,tulisan,1,turki,11,tutorial,1,tvone,2,tvri,1,uea,1,ui,1,uighur,2,uika bogor,1,uim,2,uin,1,ulil,7,ullcok,1,Ulumul Quran,3,umroh gratis,1,unas,1,unesco,1,Unik,19,universitas islam madinah,3,universitas paramadina,1,unj,2,Ushulul Fiqh,1,ust. budi ashari,1,ust. zaitun rasmin,4,ust. zulkifli,2,vaksin palsu,1,valentine day,3,van dame,1,video,50,vietnam,1,wacana,15,wahdah islamiyah,2,walisongo,1,wasilah,1,wawasan,38,wtc,3,yahudi,11,yaman,1,yogya,1,yogyakarta,7,yordania,1,yusril,2,yusuf al qardawi,1,yusuf mansur,3,yuyuk andriati,1,zaid royani,4,zakat,4,zulkifli hasan,1,
ltr
item
Jurnalmuslim.com: Dianggap Bahayakan Etnis Tionghoa, Ahok Mau Digebukin Pedagang di Glodok?
Dianggap Bahayakan Etnis Tionghoa, Ahok Mau Digebukin Pedagang di Glodok?
Jurnalmuslim.com - “Asyik dong koh, temen-temen sudah pada konsolidasi Februari 2017 buat menangin Ahok ...
https://2.bp.blogspot.com/-iTuTZ_0l-Po/WA3UhhDeRmI/AAAAAAAALEE/lZFhQ5tKSu09fgyqBX0i-UI4n41_3OL-ACLcB/s640/ahok-ngumpet.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-iTuTZ_0l-Po/WA3UhhDeRmI/AAAAAAAALEE/lZFhQ5tKSu09fgyqBX0i-UI4n41_3OL-ACLcB/s72-c/ahok-ngumpet.jpg
Jurnalmuslim.com
http://www.jurnalmuslim.com/2016/10/dianggap-bahayakan-etnis-tionghoa-ahok-mau-digebuki-pedagang-glodok.html
http://www.jurnalmuslim.com/
http://www.jurnalmuslim.com/
http://www.jurnalmuslim.com/2016/10/dianggap-bahayakan-etnis-tionghoa-ahok-mau-digebuki-pedagang-glodok.html
true
3812561232547159440
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy