Dianggap Bahayakan Etnis Tionghoa, Ahok Mau Digebukin Pedagang di Glodok?

Jurnalmuslim.com - “Asyik dong koh, temen-temen sudah pada konsolidasi Februari 2017 buat menangin Ahok ...

Jurnalmuslim.com - Wahai Big Boss, Sampai Kapan Anda Melindunginya?

Ahok Bahayakan Persatuan NKRI

Oleh Edward Marthens

“Asyik dong koh, temen-temen sudah pada konsolidasi Februari 2017 buat menangin Ahok,” kata saya, kepada seorang pedagang elektronik di Glodok, Jakarta Barat.

“Asyik apaan. Kalo dia dateng ke sini, kita bakal gebukin rame-rame,” ujarnya dengan nada gusar.

“Kok?” tanya saya lagi.

“Kelakuan dan mulutnya itu, bikin suasana ga aman. Banyak orang marah sama dia. Eh, lama-lama orang marahnya merembet ke etnis Cina. Kalau sampai kejadian kayak 1998, gimana? Dia sih enak, orang kaya gampang kabur ke luar negeri. Nah kita yang di sini? Bisa jadi korban bakar-bakaran lagi,” paparnya dengan nada kian tinggi.

Yang di atas itu cuplikan dialog singkat saat saya menemani teman membeli barang elektronik di Glodog, Jakbar, pekan silam. Dalam dialog tersebut, memang nyata sekali kekesalan, bahkan kemarahan, para pedagang Glodok yang sebagian besar beretnis Cina. Seperti kata pedagang tadi, mereka benar-benar khawatir perilaku Basuki bakal memicu kerusuhan etnis seperti yang pernah pecah pada 1998 silam.

Gubernur Petahana yang satu ini memang sudah teramat banyak menyakiti hati penduduk Jakarta. penggusuran brutal terhadap ratusan titik permukiman penduduk, sepertinya menjadi catatan paling hitam dalam hal kebengisan penguasa dalam sejarah negeri ini.

Selain itu, sihir media mainstreamtentang sok bersih dan sok lurusnya Basuki juga menjadi dagelan paling menyedihkan. Skandal RS Sumber Waras, pembelian lahan milik sendiri di Cengkareng, skandal bus Trans Jakarta, taman BMW, penunjukan langsung pengadaan ratusan bus Scania untuk armada Trans Jakarta, dan reklamasi pantai utara Jakarta adalah serenceng jejak kelam Basuki dalam hal korupsi.

Namun sampai sejauh ini, mantan Bupati Belitung Timur itu masih saja melenggang, tak tersentuh hukum. Dapat dipastikan ada tangan-tangan sakti mandraguna yang terus saja melindunginya. Entah siapa? Entah untuk kepentingan apa (dan siapa) ?

Aroma tangan penguasa nan sakti itu juga kembali begitu menyengat pada kasus penistaan al Quran yang lagi-lagi dilakukan Basuki.  Ucapannya di Kepulauan Seribu yang mensitakan surat al Maidah ayat 51 dan menghina ulama benar-benar sudah keterlaluan. Laporan sudah bertubi-tubi disampaikan kepada Polisi. Aksi turun ke jalan ummat Islam juga sudah pecah, bukan hanya di Jakarta, tapi bisa dikatakan merata di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan berita yang sampai kepada kita pun menyebutkan, dunia internsional pun ikut tersulut. Kendati begitu, toh polisi seperti gorogi. Seperti ada tembok besar yang menghadang langkah mereka untuk memproses secara hukum.

Padahal,  kalau saja polisi, dan khususnya penguasa pelindung Basuki, mau sedikit saja bersikap negarawan, mungkin kejadiannya bakal berbeda. Cobas saja perhatikan cara umat Islam yang mayoritas di Indonesia memperlakukan Ahok yang telah menghina al-Quran dan Ulama. Jutaan orang yang turun ke jalan hanya menuntut hukum ditegakkan. Kini coba bayangkan, jika yang terjadi adalah seorang muslim menghina kristen secara terbuka (seperti yang Ahok lakukan) di Amerika, misalnya. Hampir pasti pelakunya sudah dibunuh oleh kelompok-kelompok radikal dantransnationalizm di sana. Fakta inilah yang sudah sering terjadi di negeri-negeri yang konon disebut maestro demokrasi.

Unjuk rasa massif yang menyebar di seantero negeri menunjukkan betapa moral dan sikap toleransi umat Islam Indonesia sanga sangat tinggi. Jadi, jangan lagi kalian, orang-orang nonmuslim dan  kaum munafik, meminta dan mengajari ummat Islam tentang toleransi.

Di sisi lain, coba perhatikan perilaku Ahoker terhadap tuntutan yang manusiawi yang penuh dengan nilai moral dan toleransi ini. Bukannya berinstropeksi diri, mereka malah menyerang umat Islam dan lembaga keagamaan. Para Ahokers itu meminta MUI mencabut pendapat keagamaan terkait pelecehan dan penghinaan yang dilakukan Basuki terhadap al Quran dan ulama.  Mereka juga membuat petisi pembubaran MUI di media sosial. Bahkan mereka melancarkan fitnah pada para ulama dan meluncurkan kata-kata hinaan pada Islam sebagai agama.

Sadar atau tidak, para Ahoker sedang menyusun perpecahan negeri ini. Demi seorang Ahok, mereka berani berjudi dengan risiko yang amat besar, tercabik-cabiknya NKRI, terbakarnya kesatuan bangsa oleh amuk dan amarah.

Siapa sesungguhnya Ahok? Siapa sesungguhnya para Ahokers yang sepertinya punya loyalitas tinggi? Apakah mereka hanya para relawan yang mengais nasi bungkus semata? Atau mereka adalah pasukan yang memang sudah dipersiapkan? Berapa banyak sumber dana yang digelontorkan untuk keperluan ini? Siapa saja donaturnya? Kepentingan dan skenario apa yang tengah mereka mainkan?

Kepada para Ahokers, saya sarankan, kalian berhentilah sekarang! Berpikirlah rasional, bahwa ‘dewa’ yang kalian puja-puja itu memang sudah teramat banyak melakukan kesalahan besar. Dia memang sudah pantas dan harus dihukum! Terlalu besar risiko yang harus ditanggung negeri ini jika kalian terus saja bermain-main seperti itu.

Dan kepada anda, big boss yang selalu melindungi Basuki, cobalah bersikap sebagai negarawan. Tanyakan ke hati nurani anda (maksud saya, itu pun kalau anda masih punya), apakah anda rela mengorbankan keharmonisan NKRI hanya untuk membela seorang Basuki yang amat nista? Nista mulutnya, nista kelakuannya.

Relakah anda Indonesi akan tercabik-cabik oleh koflik horisontal hanya karena seorang Basuki? Dosa dan utang apakah anda kepada Basuki, sehingga anda harus mempertaruhkan seluruh negeri ini untuk membelanya? Ingat, pembelaan membabibuta yang anda berikan kepada Basuki itu, bisa membahayakan singgasana yang kini anda duduki.

Jika anda masih punya nurani, segera perintahkan polisi untuk memproses segala pelanggaran yang dilakukan Basuki, baik dari sisi korupsi maupun penistaan terhadap agama. Jika anda masih sayang pada negeri ini, segera lepaskan belenggu anda kepada KPK, agar lembaga antirasuah itu bisa bertindak secara profesional dan proporsional terhadap Basuki.

Kami tunggu sikap negarawan anda. Jang biarkan kemarahan rakyat membakar Indonesia yang kita sangat kita cintai ini… (*mc)
*Edward Marthens, pekerja sosial, tinggal di Jakarta

(nusantarakini)

COMMENTS

Iklan Konten$show=post

loading...

Artikel Terbaru$type=three$author=hide$comment=hide$rm=hide$show=post$cate=2$count=9$pagination=5

Nama

'Umdatul Ahkam 25 november 4 nove 4 november aa gym aadc2 Abdul Chair Ramadhan abu bakar ashidiq aceh Adab ade armando ade komaruddin adik ahok administrasi adsense advertorial afrika aher ahmad baidhowi ahmad dhani ahmad zainuddin ahok ahok djarot ahok illuminati ahokers akhlak akmal sjafril aksi bela islam iii Al Hikmah al quran palsu al umm al washiliyah al-quran Alex Naddour alfian tanjung ali bin abi thalib ali jaber aliansi pemuda makassar aliran sesat allepo alwi shihab am fatwa amerika amien rais amir faishol fath amir hamzah an najah anis baswedan anis dan sandiaga anton medan anton tabah antv april Aqidah aqidah syiah arab saudi archandra ariana grande arief rahman arifin ilham arik banyadhu artikel ilmiah Artikel Ramadhan atmiwiloto australlia bab thoharoh bachtiar nasir backmasking badai pasir arab saudi balaraja band bandung bangka belitung bangkalan bangladesh banjar banjarmasjin bank banten banyuwangi barcelona bareskrim bashar asad bawaslu bbc beasiswa beasiswa iain antasari beasiswa kuwait beasiswa tahfidz beasiswa turki bedah buku syiah bekal dakwah bekam bekasi berita bid'ah bima arya bin bina qalam biografi bireun Bisnis Online bitung blog tutorial bmh bmh jatim bmh lumajang bnn bnpt bogor bom saudi bpi bpjs brebes britney spears brunei buddha budha bukit duri buku buku gratis Buletin bungkul buni yani burhan shodiq bus pendemo buya hamka buya yahya cadar cakung cangkul car free day cba Ceramah charlie hebdo china cholil nafis cholil ridwan cilacap cina colil ridhwan cut nyak din dahnil anzar darul hijrah dasrul Data Kesesatan Syi'ah dauroh ddi debat bahasa arab internasional mesir dede demo tolak ahok demonstrasi densus 88 depok detik didin hafidhuddin dimas kanjeng din syamsuddin dina y sulaeman djarot do'a donald frans donald trump Download dprd dr miftah el banjari dr tiar dr zakir naik Dr. Adian Husaini Dr. Ahmad Zain An-Najah dr. aidh al qarni dr. warsito dream dzan farid dzulhijjah emilia renita erdogan Esra Panese event facebook fadel muhammad fadl zon fahira idris fahri hamzah fakta fans celtic farid okbah fatih seferagic Featured felix siauw ferdinand hutahean ferihana filipina film Fiqih fiqih dakwah fiqih haji fiqih ihram fiqih jenazah fiqih jihad fiqih jual beli fiqih madzhab imam syaf'i fiqih nikah fiqih puasa fiqih qurban firanda andirja florida foto Foto-Foto kesesatan Syi'ah fpi freddy budiman gafatar gajah gallery gambar game online game pes garut gatot nurmantyo gaza gerhana matahari gerindra Gilbert Lumoindong globaltv golkar gontor google gp anshor gresik gubernur ntb guru gus manan gus sholah habib rizieq hacker Hadits hadyu hafidz quran haiti halal.ad ham hamdan zoelva hari pancasila Harits Abu Ulya hartoyo harvard hary tanoesoedibjo headline hidayat nur wahid hidayatullah hikmah hmi hollywood hukum seputar ta'ziyah husain syahid husni thamrin hut ri 71 ibadah ibnu khaldun ibu saeni ical idc ihw ikhsan modjo iklan ilc 8 november illuminati Ilmu Faroidh ilyas karim imam masjid al aqsa imamah imunisasi india indonesia indramayu inews info kajian inggris insan mokoginta inspiratif intermezo internasional ipb ipw irak iran irena handono irlandia Islamophobia islandia israel istanbul istiqlal istri ahok istri gus dur jabar jack ma jakarta jakut jamaah tabligh janet jackson jas jatim jawa barat jawa timur Jayawijaya Jeffry Winters jember jepang jerman jihad jihad internasional jil jilbab jk jokowi jokowi dan ahok jonru jpnn Kabar Muslim Burma 2012 kalbar kalimantan kammi kampung rambutan kanada Kapolda kapolri kapry nanda karawang kashmir kasih keluarga Kemendag kenan nabil kereta cepat kesehatan KH Ali Mustafa Ya'qub KH Hasyim Muzadi kh. abdur rasyid khairul anwar Khutbah jum'at Kiamat king abdul aziz king saudi university kiriman pembaca kisah kisah hikmah kisah para nabi kivlan zen kiwil knrp koko kolombia komnas ham komnas perempuan kompas kompastv komunis koneksi kopi jessica korea utara kotamabagu kpai kpk kpu kristen kristenisasi kristologi ktp kuba kuburan kuliner kurma iran kutab al fatih kyai nur labuhbatu Lain-lain lalu heru rojak lampung Laurence Rossignol lbh paham lenteng agung lgbt liberal Liberalisme Lieus sungkharisma lipia lira lomba lomba tahfidz lombok london luar batang lucky hakim Lucu luhut lukman hakim luthfi bashori ma'ruf amin mabuk madina madrasah madura magelang mahfud md Makalah Menarik Makalah Thoharoh makassar make money blog malang malaysia maluku manado mark zuckberg maroko marwah daud marzukie alie masjid nabawi mataram medan media mainstream megawati menag menakjubkan mendagri mengerikan menhan merdeka mesir metrotv minahasa miras mizanul muslim mnctv mpr ms kaban muallaf muda mudi mudik 2016 muhammad ali muhammad taufik muhammadiyah muharram muhasabah mui mukidi mukjizat mulyono munarman musa musik muslim uyghur muslimah Musthalahaat al-fuqaha’ wal ushuliyin Mustholahul Hadits Mustolahat Fil fiqh myanmar nabil narkoba nasi uduk babi nasyiatul aisyiyah natal new york nigeria niken taradina ntb nu nur tajib nusairiyah nusantara nushairiyah nushron wahid oemar mita oezil olahraga omran opini ozil padang Paham Sesat pajak pakistan palestina palu pamekasan pan Panduan Ibadah Qurban pangeran harry pangi syarwi chaniago papua paris pasar ikan patani pbnu pdip pekerja asing Pemerintah Indonesia pendeta cabul pendeta vatikan pendidikan penemu muslim pengungsi suriah penjaringan penyerangan polisi tangerang perda islam pers persis pesantren petisi pilkada dki jakarta pki pks Pluralisme pokemon polisi politik ponorogo pontianak poso pp muhammadiyah ppp prabowo prancis probolinggo Prof DR Abdul Hadi profil proxy war psq puisi punk purbalingga purworejo pushami pwnu qishash quraish shihab rachmawati rawajati rcti reklamasi retorika dakwah revenuehits Rezim Penguasa riau ridwan kamil rifkoh abriani rio haryanto risma Riyadh Badr Bajrey rizal ramli robithoh alam islami rohingya rokok ronaldo rudal jokowi ruhut rumah tangga rusia Sahabat sahabat nabi said aqil sains salafy indonesia salib mampang salibis salim a. fillah samarinda sambudi sampang sandiago uno santoso santri sayidiman suryohadiprojo sby sd cilegon Sejarah sekjen pbb sekte dan aliran Sekularisme selandia sepak bola Shahnaz Laghari shalawat badar shalawat nabi shared2earn sidoarjo simposium anti pki siroh siyono skotlandia Slank sma soekarno solo spanyol spbu sragen stand up comedy stevanus stiba makassar subang sudan sukabumi sukmawati sulawesi sulteng sumbar sumedang sumsel sumut surabaya suriah surya prabowo susanto swedia syafii maarif syaikh sudais Syarh 'Umdatul Ahkam Syarh Matan Thawiyah syariat islam syarifah salsabila Syiah syiah mencela nabi muhammad syiah mencela sahabat syiah menghina muawiyah syiah mengkafirkan aisyah syiah mengkafirkan asyariyah syiah mengkafirkan sahabat syiah suriah syiah takfiri syirik syubhat pengagung kubur Syubhat Sejarah Rosululloh SAW Tabi'in Tabi'ut Tabi'in Tafsir tafsir al maidah tahukah? takbir keliling tangerang tanjungbalai tawasul Tax Amnesty Tazkiyyatunnafs tebet tebingtinggi teknologi tema ceramah tema dakwah teman ahok tempelate blog tempo tengger Tengku Erry Nuradi terbaru tere liye Terjemahan kitab Musthalahaat al-fuqaha’ wal ushuliyin terompet dari sampul al quran teroris teroris separatis terorisme terorisme medan teuku nasrullah teungku zulkarnain thailand thibun nabawi timor leste tionghoa tiongkok Tips tki tni tni au keroyok jamaah masjid trans7 Tsaqofah tuban tulisan turki tutorial tvone tvri uea ui uighur uika bogor uim uin ulil ullcok Ulumul Quran umroh gratis unas unesco Unik universitas islam madinah universitas paramadina unj Ushulul Fiqh ust. budi ashari ust. zaitun rasmin ust. zulkifli vaksin palsu valentine day van dame video vietnam wacana wahdah islamiyah walisongo wasilah wawasan wtc yahudi yaman yogya yogyakarta yordania yusril yusuf al qardawi yusuf mansur yuyuk andriati zaid royani zakat zulkifli hasan
false
ltr
item
Jurnalmuslim.com: Dianggap Bahayakan Etnis Tionghoa, Ahok Mau Digebukin Pedagang di Glodok?
Dianggap Bahayakan Etnis Tionghoa, Ahok Mau Digebukin Pedagang di Glodok?
Jurnalmuslim.com - “Asyik dong koh, temen-temen sudah pada konsolidasi Februari 2017 buat menangin Ahok ...
https://2.bp.blogspot.com/-iTuTZ_0l-Po/WA3UhhDeRmI/AAAAAAAALEE/lZFhQ5tKSu09fgyqBX0i-UI4n41_3OL-ACLcB/s640/ahok-ngumpet.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-iTuTZ_0l-Po/WA3UhhDeRmI/AAAAAAAALEE/lZFhQ5tKSu09fgyqBX0i-UI4n41_3OL-ACLcB/s72-c/ahok-ngumpet.jpg
Jurnalmuslim.com
http://www.jurnalmuslim.com/2016/10/dianggap-bahayakan-etnis-tionghoa-ahok-mau-digebuki-pedagang-glodok.html
http://www.jurnalmuslim.com/
http://www.jurnalmuslim.com/
http://www.jurnalmuslim.com/2016/10/dianggap-bahayakan-etnis-tionghoa-ahok-mau-digebuki-pedagang-glodok.html
true
3812561232547159440
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy