Syarh Matan Aqidah Thahawiyah 49-54

Syarh Matan Aqidah Thahawiyah 49-54 Oleh : Nanang Imam Safi’i 49 والعرش والكرسي حق ‘ARSY DAN KURSI ITU ADALAH BENAR ADANYA Allah SWT berfir...

Syarh Matan Aqidah Thahawiyah 49-54
Oleh : Nanang Imam Safi’i

49
والعرش والكرسي حق
‘ARSY DAN KURSI ITU ADALAH BENAR ADANYA

Allah SWT berfirman :
ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ
Artinya : “Kemudian ia bersemayam diatas ‘arsy” (Al-A’raf:54)
الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى
Artinya : “(yaitu) Tuhan yang Maha Pemurah. yang bersemayam di atas 'Arsy” [Thoha:5].
Dan dalam do'a Al Karb Al Marwiy dalam hadits shohih disebutkan : tidak ada tuhan yang berhak disembah melainkan Allah SWT yang maha agung juga maha murah hati. Tidak ada tuhan yang berhak melainkan ia sang pemilik 'arsy yang agung. Pemiliki langit juga bumi, serta pemilik arsy yang mulia.
Dan diriwayatkan pula deri al Imam Ahmad didalam Hadits Al Imam Ahmad pada hadits Al U'al Dari Al 'Abbas Bin 'Abdil Muthollib radhiyallahu ‘anhu, Ia berkata : rasulullah berkata :
هَلْ تَدْرُونَ كَمْ بَيْنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ؟ قَالَ: قُلْنَا: اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ، قَالَ: بَيْنَهُمَا مَسِيرَةُ خَمْسِمِائَةِ سَنَةٍ، وَمِنْ كُلِّ سَمَاءٍ إِلَى سَمَاءٍ مَسِيرَةُ خَمْسِمِائَةِ سَنَةٍ، وَكِثَفُ كُلِّ سَمَاءٍ مَسِيرَةُ خَمْسِمِائَةِ سَنَةٍ، وَفَوْقَ السَّمَاءِ السَّابِعَةِ بَحْرٌ بَيْنَ أَسْفَلِهِ وَأَعْلَاهُ كَمَا بَيْنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ، ثُمَّ فَوْقَ ذَلِكَ الْعَرْشُ بَيْنَ أَسْفَلِهِ وَأَعْلَاهُ كَمَا بَيْنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ، وَاللَّهُ فَوْقَ ذَلِكَ، لَيْسَ يَخْفَى عَلَيْهِ مِنْ أَعْمَالِ بَنِي آدَمَ شَيْءٌ
Artinya : "Apakah kalian tahu berapa jarak antara langit dan bumi?" kami menjawab; "Allah SWT dan rasulnya lebih mengetahui." beliau berkata; "jaraknya adalah sejauh perjalanan lima ratus tahun. Jarak antara langit yang satu dengan langit berikutnya adalah sejauh perjalanan lima ratus tahun juga. Tebal langit adalah sejauh perjalanan lima ratus tahun. Di atas langit ke tujuh ada lautan yang jarak antara dasar dengan permukaannya adalah sebagaimana jarak bumi dan langit. Lalu di atasnya lagi ada delapan penyangga yang jarak antara ujung dengan pangkalnya seperti jarak antara langit dan bumi. Di atasnya lagi ada arsy yang jarak antara dasar dan permukaannya adalah seperti jarak antara langit dan bumi. Allah SWT tabaraka wa ta'ala berada di atasnya. Tidak ada satu amalan pun yang dilakukan oleh keturunan adam yang tersembunyi dari-nya."
Dan Rosul SAW pernah menggambarkan tentang 'arsy itu sendiri sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud,Tirmidzi Juga Ibnu Majjah, dengan sanad yang tersambung kepada rasul, ia bersabda :
إِنَّ عَرْشَهُ عَلَى سَمَاوَاتِهِ كَهَاكَذَا، وَقَالَ بِأَصَابِعِهِ، مِثْلَ الْقُبَّةِإِنَّ عَرْشَهُ عَلَى سَمَاوَاتِهِ كَهَاكَذَا، وَقَالَ بِأَصَابِعِهِ، مِثْلَ الْقُبَّةِ
Artinya : “Sungguh, Arsy-Nya ada di atas semua langit-Nya seperti ini -lalu isyarat tangannya beliau mengatakan, 'Seperti Kubah”
Dan didalam shohih bukhori diriwayatkan pula :
إِذَا سَأَلْتُمُ اللَّهَ الْجَنَّةَ فَاسْأَلُوهُ الْفِرْدَوْسَ، فَإِنَّهُ أَعْلَى الْجَنَّةِ، وَأَوْسَطُ الْجَنَّةِ، وَفَوْقَهُ عَرْشُ الرَّحْمَنِ
Artinya : “Jika kalian meminta (berdo'a) untuk syurga, maka mintalah fiordaus. Maka sesungguhnya ia itu berada di tengah-tengah syurga. Dan diatasnya terdapat 'arsnya yang maha pengasih (Allah SWT swt). Ulama menjelaskan maksud dari diatasnya itu adalah bahwa atap dari firdaus itu 'arsy.”
Adapun Ahli kalam, mereka berpendapat bahwasanya arsy itu  falakun mustadirun (kerajaan yang berbentuk bulat) melingkupi semua arah dari seluruh penjuru alam dari setiap sisi, mungkin mereka mengumpamakan seperti : atlas. Dan yang demikian itu tidak benar. Karena syari'at telah menetapkan bahwasanya arsy itu mempunyai tiang-tiang yang disangga oleh para malaikat. Hal ini sebagaimana sabda Nabi :
فَإِنَّ النَّاسَ يَصْعَقُونَ، فَأَكُونُ أَوَّلَ مَنْ يُفِيقُ، فَإِذَا أَنَا بِمُوسَى آخِذٌ بِقَائِمَةٍ مِنْ قَوَائِمِ الْعَرْشِ، فَلَا أَدْرِي أَفَاقَ قَبْلِي أَمْ جُوزِيَ بِصَعْقَةِ الطُّورِ
 Artinya : “Sesungguhnya pada hari kiamat kelak manusia akan pingsan dan akulah orang yang pertama kali tersadar, tetapi aku dapati musa tengah berdiri di dekat `arsy, hingga aku tidak tahu apakah ia termasuk orang yang pingsan kemudian ia tersadar sebelum aku, atau memang ia termasuk yang Allah SWT azza wa jalla kecualikan untuk tidak pingsan.”
Adapun makna arsy itu sendiri secara bahasa berarti : penjelasan mengenai singgasana yang dimiliki oleh seorang raja. Hal ini sebagaimana Allah SWT menjelaskan tentang singgasana yang dimiliki oleh ratu bilqis : وَلَهَا عَرْشٌ عَظِيمٌ dan ia mempunyai singgasana yang besar
             
Artinya : “Sesungguhnya aku menjumpai seorang wanita[1095] yang memerintah mereka, dan Dia dianugerahi segala sesuatu serta mempunyai singgasana yang besar.” (An-Naml: 23).
Dan singgasana tersebut tidaklah bulat. Dan orang orang arab tidak memahami yang demikian itu, padahal alquran itu diturunakan dengan bahasa arab.
Maka dari sini arsy itu bisa dedevinisikan dengan : “singgasana yang memiliki tiang-tiang yang disangga oleh para malaikat, dan itu seperti halnya kubbah/menara alam semesta, dan arsy itu adalah saqf (atap) bagi para makluk.”
Adapun sifat dari malaikat itu sendiri Nabi menggambarkan sebagaimana yang diriwayatkan oleh abu dawud :
أُذِنَ لِي أَنْ أُحَدِّثَ عَنْ مَلَكٍ مِنْ مَلَائِكَةِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ حَمَلَةِ الْعَرْشِ، إِنَّ مَا بَيْنَ أُذُنَيْهِ إِلَى عَاتِقِهِ مَسِيرَةُ سَبْعِمِائَةِ عَامٍ
Artinya :"Aku telah diberi izin untuk menceritakan tentang sesosok malaikat dari malaikat Allah SWT yang bertugas membawa arsy. Sesungguhnya, jarak antara ujung telinga dengan bahunya adalah perjalanan tujuh ratus tahun."
Adapun yang mengatakan bahwa arsy itu adalah peribaratan sebuah kerajaan maka ia telah mengubah makna dari kalam Allah SWT (alquran). Sebagaimana firmannya :
            
Artinya : “Dan malaikat-malaikat berada di penjuru-penjuru langit. dan pada hari itu delapan orang Malaikat menjunjung 'Arsy Tuhanmu di atas (kepala) mereka.” [Al-Haqqoh:17]
Apakah dengan demikian mereka mengatakan bahwa : "pada hari kiamat kerajaannya Allah SWT akan dibawa oleh delapan malaikat ?!, sedangkan kerajaannya itu diatas air ?, dan musapun juga ikut menjadi penyangga dari tiang kerajaan ? Perkataan ini sungguh tidak masuk akal.
Adapun mengenai kursi. Allah SWT berfirman :
    
Artinya : “luasnya kursi Allah SWT adalah seluas langit dan bumi” (Al-Baqarah:255
Dikatakan pula bahwa maksud dari kkursi itu adalah arsy itu sendiri, namunn pendapat yang benar adalah bukan demikian. Pendapat demikian itu sebagaimana dinukil dari ibnu abbas yang diriwayatkabn dari b\ibnu abi syaibah didalam kitab "sifatul 'arsy", juga hakin dalam mustadroknya, dan ia berkata bahwa hadits ini berdasarkan syarat syuaikhin namun belum dikeluarkan oleh mereka berdua, dari ibnu jubair dari ibju abbas tentang firman Allah SWT
    
Artinya :  “Kursi Allah SWT meliputi langit dan bumi.”  (Al-baqarah:255)
Ia berkata : alkursi itu adalah tempatnya dua kaki.  Dan 'arsy itu tidak ada yang mampu kecuali Allah SWT. Atsar ini diriwayatkan secara marfu', dan yang benar adalah mauquf atas ibnu 'abbas.
Dan dikatakan pula bahwa kursi itu maksudnya adalah : ilmu Allah SWT. Hal ini dinisbatkan dari perkataan ibnu abbas yang diriwayatkan oleh ibnu bi syaibah. Sebagaimana yang telah disebutkan. Namun selainnya berkata bahwa dalil itu tidak lain hanyalah sebuah prasangka. Dan nampaknya perkataan itu hanyalah sebuah perkataan yang tercela sebagaimana perkataan nyleneh tentang 'arsy.

50
وهو مستغن عن العرش وما دونه
DAN IA KAYA (MEMPUNYAI KEPEMILIKAN) TERHADAP ‘ARSY DAN APA SAJA YANG ADA DIBAWAHNYA

Dalam matan ini syaikh abu ja'far memaksudkan bahwa : setelah terpelajari tentang imannya seorang mukim kepada arsy dan kursi, maka ia mengatakan tentang bahwa keberadaan 'arsy dan kursi itu adalah merupakan bentuk kekayaan Allah SWT, namun kekayaannya tidak hanya meliputi keduanya, akan tetapi yang berada dibawahnya pun juga termasuk. Karenyanya keberadaan 'arsy dan kursi bukan berarti Allah SWT butuh pada keduanya, namun Allah SWT maha kuasa atas segala sesuatu. Dan selain tentang kekayaan Allah SWT, maka adanya 'arsy itu menunjukan akan kedudukan Allah SWT yang tinggi, dimana makluk berada dibawahnya, dan sesungguhnya segala sesuatu yang dibawah itu membutuhkan atasannya (yang diatas), seperti halnya keberadaan langit yang terletak diatas bumi, bukankah ia tidak butuh akan bumi ?  (ini adalah yang diumpamakan syaikh). Sebagaimana juga Allah SWT berfirman :
                        
Artinya : “Maka Allah SWTlah yag menahan 'arsy, menahan langit-langit, menahan bumi dan semua makhluk-makhluk, dengan kuasa dan keperkasaannya. Sehingga makhluk-makhluk itulah yang butuh kepadanya, sedangkan ia tidak membutuhkannya.” (Fathir:41)

51
مُحِيطٌ بِكُلِّ شَيْءٍ وَفَوْقَهُ (1) وَقَدْ أَعْجَزَ عَنِ الإحاطة خلقه
ALLAH SWT MELIPUTI SEGALA SESUATU DAN DIA DIATAS SEGALA SESUATU. DAN ALLAH SWT MENANTANG MAKHLUKNYA (YANG MEMNBUKTIKAN KELEMAHAN MAKHLUKNYA) UNTUK MELIPUTI

Adapun makna dari perkataan : Allah SWT meliputi segala sesuatu dan dia diatas segala sesuatu. Adapun pada sebagian matan ini ada yang mengatakan dengan penghapusan huruf waw, jadi maknanya adalah : Allah SWT meliputi sesuatu diatasnya (nya : kembali kepada 'arsy). Adapun makna yang benar adalah yang pertama bahwa Allah SWT meliputi segala sesuatu dan diatas segala sesuatu. Dan matan serta makna yang kedua ini wallohu a’lam, entah karena sebagian yang mnghapuskan itu lupa kemudian meminta untuk dihapus, atau karena sebagian orang-orang sesat yang bermaksud untuk merusak serta mengingkari akan sifat fauqiyyah (sifat tinggi). Namun demikian terdapat dalil yang menunjukan bahwa 'arsy itu ada diatas seluruh makluk dan tidak ada makluk yang berada diatasnya.
Dalil yang menunjukan akan kebenaran makna makna matan yang pertama adalah sebagai berikut :
والله من ورائهم محيط
Artinya : “Padahal Allah SWT mengepung mereka dari belakang mereka”  (Al-Buruj:20)
ولله ما في السماوات وما في الأرض وكان الله بكل شيء محيطا   
Artinya : kepunyaan Allah SWT-lah apa yang di langit dan apa yang di bumi, dan adalah (pengetahuan) Allah SWT Maha meliputi segala sesuatu.  (An-Nisa:126)
Maksud dari meliputi itu bukan berarti berbentuk bundar, akan tetapi meliputi keagungannya, keluasan ilmunya, serta kekuasaannya. (Ibnu Abbi Al’izz)
Sedangkan syaikh fauzan menjelaskan bahwa maksud dari meliputi disini adalah ilmu Allah SWT meliputi segala sesuatu. Karena jika diterjemahkan hanya dengan kat “meliputi” maka ini tidak benar.

52
إن الله اتخذ إبراهيم خليلا، وكلم الله موسى تكليما، إيمانا وتصديقا وتسليما
SESUNGGUHNYA ALLAH SWT MENJADIKAN IBRAHIM SEBAGAI KHOLILULLAH, DAN ALLAH SWT BERKATA KEPADA MUSA PERKATAAN; SEBAGAI SUATU KEIMANAN, PEMBENARAN, DAN PENYERAHAN DIRI (KEPADA ALLAH SWT)

Diantara kaidah ahlusuunah wal jama’ah adalahg : para rasul merupaka manusia yang paling utama, mereka memiliki derajat yang paling tiggi disisi Allah SWT, namun demikian Allah SWTpun memberikan derajat yang berbeda, sehingga sebagian mereka lebih utama dari yang lain. Sebagaimana firmanNya :
                
Artinya : “Rasul-rasul itu Kami lebihkan sebagian (dari) mereka atas sebagian yang lain. di antara mereka ada yang Allah SWT berkata-kata (langsung dengan dia) dan sebagiannya Allah SWT meninggikannya[158] beberapa derajat.”
Diantara derajat yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad dan Nabi Ibrahim adalah mengangkat mereka menjadi seorang kholilullah. (kekasih Allah SWT). Dimana makna dari kholil ini adalah derajat cinta yang paling tinggi. Derajat ini tidak pernah diraih kecuali oleh mereka berdua.
Allah SWT berfirman :
وَاتَّخَذَ اللَّهُ إِبْرَاهِيمَ خَلِيلًا
Artinya :  “Dan Allah SWT mengambil Ibrahim menjadi kesayanganNya.” (An-Nisa:1215)
Demikian juga musa ‘alaihissalam, Allah SWT memberikan derajat kepadanya sebagaui Nabi yang mana dia pernah berbicara langsung kepadany tanpa perantara malaikat, dan ia mendengar langsung perkataanNya.
Allah SWT berfirman :
وَكَلَّمَ اللَّهُ مُوسَى تَكْلِيمًا
Artinya : “Dan Allah SWT telah berbicara kepada Musa dengan langsung” (An-Nisa:164)
Para mufasir menyebutkan maksud dari تَكْلِيمًا itu adalah untuk penegasan agar jangan ada orang yang mengatakan bahwa berbicara dalam ayat itu adalah majaz (kiasan), namun benar hakikatnya berkata secara langsung. Karenanya dari sini juga terdapat itsbat bahwa Allah SWT mempunya sifat kalam.

53
وَنُؤْمِنُ بِالْمَلَائِكَةِ وَالنَّبِيِّينَ وَالْكُتُبِ الْمُنَزَّلَةِ عَلَى الْمُرْسَلِينَ ونشهد أنهم كانوا على الحق المبين
KAMI (AHLUSUNNAH WAL JAMA’AH) BERIMAN KEPADA PARA MALAIKAT, PARA NABI, SERTA KITAB-KITAB SUCI YANG DITURUNKAN ALLAH SWT KEPADA PARA RASULNYA DAN KAMI BERSAKSI BAHWA MEREKA BERADA DIATAS KEBENARAN YANG NYATA.

Beriman kepada malaikat :
Ini adalah rukun iman ke dua, dimana muslim wajib mengimaninya.
Allah SWT menciptakan mereka dari cahaya, dan telah Ia telah menyerahkan tugas-tugas untuk mereka kerjakan.
Mereka beribadah terus menerus kepada Allah SWT, dengan bertasbih, Allah SWT berfirman :
       
Artinya : “Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya.” (Al-Anbiya:20)
Adapun mengenai bentuk penciptaannya, tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah SWT, yang tentu saja berbeda dengan manusia. Wallohu a’lam
Beriman kepada para Nabi:
Sebagaimana firmannya :
                                
Artinya : “Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. semuanya beriman kepada Allah SWT, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan Kami taat." (mereka berdoa): "Ampunilah Kami Ya Tuhan Kami dan kepada Engkaulah tempat kembali."
Beriman kepada kitab-kitab Allah SWT :
Dalam ayat diatas, jelas juga bahwa mukmin harus mengimani kitab-kitab yang telah Allah SWT turunkan kepada para rasulnyam baiukk i\kitab tersebut disebutkan dalam alquran maupun tidak. Dan tidak boleh mengimani hanya sebagian saja dari kitab-kitab yang Allah SWT turunkan.karena jumhur telah bersepakat mengenai orang yang hanya mengimani sebagian kitabNya saja, sebagaimana firman Allah SWT :
                                 
Artinya :  “Apakah kamu beriman kepada sebahagian Al kitab (Taurat) dan ingkar terhadap sebahagian yang lain? Tiadalah Balasan bagi orang yang berbuat demikian daripadamu, melainkan kenistaan dalam kehidupan dunia, dan pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada siksa yang sangat berat. Allah SWT tidak lengah dari apa yang kamu perbuat” (Al-Baqarah:85)

54
وَنُسَمِّي أَهْلَ قِبْلَتِنَا مُسْلِمِينَ مُؤْمِنِينَ مَا دَامُوا بِمَا جَاءَ بِهِ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ مُعْتَرِفِينَ وَلَهُ بِكُلِّ مَا قَالَهُ وَأَخْبَرَ مُصَدِّقِينَ
DAN KAMI MENAMAKAN ORANG-ORANG YANG (SHALAT M,ENGHADAP) KIBLAT KAMI SEBAGAI ORANG MUSLIM, ORANG-ORANG MUKMIN. SELAMA MEREKA MENGAKUI APA YANG DIBAWA OLEH NABI DAN MEMBENARKAN SETIAP YANG BELIAU SABDAKAN DAN BELIAU KABARKAN.

Hal ini sebagaimana sabda Nabi :
من صلى صلاتنا واستقبل قبلتنا وأكل ذبيحتنا فهو المسلم له ما لنا وعليه ما علينا
Artinya : “Barang siapa yang shalat seperti shalatnya kami, dan menghadap kiblat, kemudian makan hewan qurban kami, maka ia muslim, ia mempunya hak dan kewajiban yang sama seperti kami.”.
syaikh ibn abi al 'izz mengatakan menjabarkan bahwa islam dan iman itu mempunyai makna satu. dan seorang muslim itu tidak keluar dari agamanya degnan dosa yang tidak sampai menghalalkan dosa tersebut. Adapun maksud dari ahlu qiblatana adalah : siapa saja yang menyeru islam dan menghadap kiblat. Walaupun termasuk dari para pengikut hawa nafsu, pelaku maksiat selama mereka tidak mendustakan apa-apa yang datang dari Nabi SAW. Adapun pembahasan ini akan dibahas secara detail pada matan berikut-berikutnya yang berbunyi
 ولا نكفر أحدا من أهل القبلة بذنب ما لم يستحله وعند قوله : والإسلام والإيمان واحد وأهله في أصله سواء
Dalam matan ini, terdapat pemahaman irja'. Ini juga sebagaimana syaikh Ibn Abi Al 'Izz Al Hanafi mensyarh dari matan tersebut. Namun disisi lain syaikh Sholeh Bin Fauzan menerangkan sedikit tentang pemahaman irja' yang kemudian dijelaskan bahwa aqidah tentang iman nya itu berbeda dengan ahlu sunnah wal jama'ah.
Wallohu A’lam
Referensi :
Al-Quran-Al Karim
Syarah ‘Aqidah Ath-Thohawiyah Oleh Syaikh Ibnu Abil ‘Izz
Syarah Aqidah Ath-Thohawiyah Oleh Syaikh Fauzan

COMMENTS

Iklan Konten$show=post

loading...

Artikel Terbaru$type=three$author=hide$comment=hide$rm=hide$show=post$cate=2$count=9$pagination=5

Nama

'Umdatul Ahkam 25 november 4 nove 4 november aa gym aadc2 Abdul Chair Ramadhan abu bakar ashidiq aceh Adab ade armando ade komaruddin adik ahok administrasi adsense advertorial afrika aher ahmad baidhowi ahmad dhani ahmad zainuddin ahok ahok djarot ahok illuminati ahokers akhlak akmal sjafril aksi bela islam iii Al Hikmah al quran palsu al umm al washiliyah al-quran Alex Naddour alfian tanjung ali bin abi thalib ali jaber aliansi pemuda makassar aliran sesat allepo alwi shihab am fatwa amerika amien rais amir faishol fath amir hamzah an najah anis baswedan anis dan sandiaga anton medan anton tabah antv april Aqidah aqidah syiah arab saudi archandra ariana grande arief rahman arifin ilham arik banyadhu artikel ilmiah Artikel Ramadhan atmiwiloto australlia bab thoharoh bachtiar nasir backmasking badai pasir arab saudi balaraja band bandung bangka belitung bangkalan bangladesh banjar banjarmasjin bank banten banyuwangi barcelona bareskrim bashar asad bawaslu bbc beasiswa beasiswa iain antasari beasiswa kuwait beasiswa tahfidz beasiswa turki bedah buku syiah bekal dakwah bekam bekasi berita bid'ah bima arya bin bina qalam biografi bireun Bisnis Online bitung blog tutorial bmh bmh jatim bmh lumajang bnn bnpt bogor bom saudi bpi bpjs brebes britney spears brunei buddha budha bukit duri buku buku gratis Buletin bungkul buni yani burhan shodiq bus pendemo buya hamka buya yahya cadar cakung cangkul car free day cba Ceramah charlie hebdo china cholil nafis cholil ridwan cilacap cina colil ridhwan cut nyak din dahnil anzar darul hijrah dasrul Data Kesesatan Syi'ah dauroh ddi debat bahasa arab internasional mesir dede demo tolak ahok demonstrasi densus 88 depok detik didin hafidhuddin dimas kanjeng din syamsuddin dina y sulaeman djarot do'a donald frans donald trump Download dprd dr miftah el banjari dr tiar dr zakir naik Dr. Adian Husaini Dr. Ahmad Zain An-Najah dr. aidh al qarni dr. warsito dream dzan farid dzulhijjah emilia renita erdogan Esra Panese event facebook fadel muhammad fadl zon fahira idris fahri hamzah fakta fans celtic farid okbah fatih seferagic Featured felix siauw ferdinand hutahean ferihana filipina film Fiqih fiqih dakwah fiqih haji fiqih ihram fiqih jenazah fiqih jihad fiqih jual beli fiqih madzhab imam syaf'i fiqih nikah fiqih puasa fiqih qurban firanda andirja florida foto Foto-Foto kesesatan Syi'ah fpi freddy budiman gafatar gajah gallery gambar game online game pes garut gatot nurmantyo gaza gerhana matahari gerindra Gilbert Lumoindong globaltv golkar gontor google gp anshor gresik gubernur ntb guru gus manan gus sholah habib rizieq hacker Hadits hadyu hafidz quran haiti halal.ad ham hamdan zoelva hari pancasila Harits Abu Ulya hartoyo harvard hary tanoesoedibjo headline hidayat nur wahid hidayatullah hikmah hmi hollywood hukum seputar ta'ziyah husain syahid husni thamrin hut ri 71 ibadah ibnu khaldun ibu saeni ical idc ihw ikhsan modjo iklan ilc 8 november illuminati Ilmu Faroidh ilyas karim imam masjid al aqsa imamah imunisasi india indonesia indramayu inews info kajian inggris insan mokoginta inspiratif intermezo internasional ipb ipw irak iran irena handono irlandia Islamophobia islandia israel istanbul istiqlal istri ahok istri gus dur jabar jack ma jakarta jakut jamaah tabligh janet jackson jas jatim jawa barat jawa timur Jayawijaya Jeffry Winters jember jepang jerman jihad jihad internasional jil jilbab jk jokowi jokowi dan ahok jonru jpnn Kabar Muslim Burma 2012 kalbar kalimantan kammi kampung rambutan kanada Kapolda kapolri kapry nanda karawang kashmir kasih keluarga Kemendag kenan nabil kereta cepat kesehatan KH Ali Mustafa Ya'qub KH Hasyim Muzadi kh. abdur rasyid khairul anwar Khutbah jum'at Kiamat king abdul aziz king saudi university kiriman pembaca kisah kisah hikmah kisah para nabi kivlan zen kiwil knrp koko kolombia komnas ham komnas perempuan kompas kompastv komunis koneksi kopi jessica korea utara kotamabagu kpai kpk kpu kristen kristenisasi kristologi ktp kuba kuburan kuliner kurma iran kutab al fatih kyai nur labuhbatu Lain-lain lalu heru rojak lampung Laurence Rossignol lbh paham lenteng agung lgbt liberal Liberalisme Lieus sungkharisma lipia lira lomba lomba tahfidz lombok london luar batang lucky hakim Lucu luhut lukman hakim luthfi bashori ma'ruf amin mabuk madina madrasah madura magelang mahfud md Makalah Menarik Makalah Thoharoh makassar make money blog malang malaysia maluku manado mark zuckberg maroko marwah daud marzukie alie masjid nabawi mataram medan media mainstream megawati menag menakjubkan mendagri mengerikan menhan merdeka mesir metrotv minahasa miras mizanul muslim mnctv mpr ms kaban muallaf muda mudi mudik 2016 muhammad ali muhammad taufik muhammadiyah muharram muhasabah mui mukidi mukjizat mulyono munarman musa musik muslim uyghur muslimah Musthalahaat al-fuqaha’ wal ushuliyin Mustholahul Hadits Mustolahat Fil fiqh myanmar nabil narkoba nasi uduk babi nasyiatul aisyiyah natal new york nigeria niken taradina ntb nu nur tajib nusairiyah nusantara nushairiyah nushron wahid oemar mita oezil olahraga omran opini ozil padang Paham Sesat pajak pakistan palestina palu pamekasan pan Panduan Ibadah Qurban pangeran harry pangi syarwi chaniago papua paris pasar ikan patani pbnu pdip pekerja asing Pemerintah Indonesia pendeta cabul pendeta vatikan pendidikan penemu muslim pengungsi suriah penjaringan penyerangan polisi tangerang perda islam pers persis pesantren petisi pilkada dki jakarta pki pks Pluralisme pokemon polisi politik ponorogo pontianak poso pp muhammadiyah ppp prabowo prancis probolinggo Prof DR Abdul Hadi profil proxy war psq puisi punk purbalingga purworejo pushami pwnu qishash quraish shihab rachmawati rawajati rcti reklamasi retorika dakwah revenuehits Rezim Penguasa riau ridwan kamil rifkoh abriani rio haryanto risma Riyadh Badr Bajrey rizal ramli robithoh alam islami rohingya rokok ronaldo rudal jokowi ruhut rumah tangga rusia Sahabat sahabat nabi said aqil sains salafy indonesia salib mampang salibis salim a. fillah samarinda sambudi sampang sandiago uno santoso santri sayidiman suryohadiprojo sby sd cilegon Sejarah sekjen pbb sekte dan aliran Sekularisme selandia sepak bola Shahnaz Laghari shalawat badar shalawat nabi shared2earn sidoarjo simposium anti pki siroh siyono skotlandia Slank sma soekarno solo spanyol spbu sragen stand up comedy stevanus stiba makassar subang sudan sukabumi sukmawati sulawesi sulteng sumbar sumedang sumsel sumut surabaya suriah surya prabowo susanto swedia syafii maarif syaikh sudais Syarh 'Umdatul Ahkam Syarh Matan Thawiyah syariat islam syarifah salsabila Syiah syiah mencela nabi muhammad syiah mencela sahabat syiah menghina muawiyah syiah mengkafirkan aisyah syiah mengkafirkan asyariyah syiah mengkafirkan sahabat syiah suriah syiah takfiri syirik syubhat pengagung kubur Syubhat Sejarah Rosululloh SAW Tabi'in Tabi'ut Tabi'in Tafsir tafsir al maidah tahukah? takbir keliling tangerang tanjungbalai tawasul Tax Amnesty Tazkiyyatunnafs tebet tebingtinggi teknologi tema ceramah tema dakwah teman ahok tempelate blog tempo tengger Tengku Erry Nuradi terbaru tere liye Terjemahan kitab Musthalahaat al-fuqaha’ wal ushuliyin terompet dari sampul al quran teroris teroris separatis terorisme terorisme medan teuku nasrullah teungku zulkarnain thailand thibun nabawi timor leste tionghoa tiongkok Tips tki tni tni au keroyok jamaah masjid trans7 Tsaqofah tuban tulisan turki tutorial tvone tvri uea ui uighur uika bogor uim uin ulil ullcok Ulumul Quran umroh gratis unas unesco Unik universitas islam madinah universitas paramadina unj Ushulul Fiqh ust. budi ashari ust. zaitun rasmin ust. zulkifli vaksin palsu valentine day van dame video vietnam wacana wahdah islamiyah walisongo wasilah wawasan wtc yahudi yaman yogya yogyakarta yordania yusril yusuf al qardawi yusuf mansur yuyuk andriati zaid royani zakat zulkifli hasan
false
ltr
item
Jurnalmuslim.com: Syarh Matan Aqidah Thahawiyah 49-54
Syarh Matan Aqidah Thahawiyah 49-54
Jurnalmuslim.com
http://www.jurnalmuslim.com/2013/01/syarh-matan-aqidah-thahawiyah-49-54.html
http://www.jurnalmuslim.com/
http://www.jurnalmuslim.com/
http://www.jurnalmuslim.com/2013/01/syarh-matan-aqidah-thahawiyah-49-54.html
true
3812561232547159440
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy