Syarah Matan Aqidah Ath-Thohawiyah 79-84

Syarah Matan Aqidah Ath-Thohawiyah 79-84 Oleh : Nanang Imam Safi’i 79 وَنُؤْمِنُ بِمَلَكِ الْمَوْتِ   الْمُوَكَّلِ بِقَبْضِ أَرْوَاحِ الْعَ...



Syarah Matan Aqidah Ath-Thohawiyah 79-84
Oleh : Nanang Imam Safi’i

79
وَنُؤْمِنُ بِمَلَكِ الْمَوْتِ  الْمُوَكَّلِ بِقَبْضِ أَرْوَاحِ الْعَالَمِينَ
DAN KITA BERIMAN KEPADA MALAIKAT MAUT, YANG DISERAHI TUGAS UNTUK MENCABUT RUH SELURUH ALAM

Syaikh Al Albani mengatakan bahwa nama “malaikat maut” merupakan penamaan dari Al-Quran, adapun mengenai nama “Izroil” yang populer dikalangan masyarakat dengan arti malaikat pencabut nyawa, maka itu adalah isroilyat.[1]
Allah SWT berfirman,
قُلْ يَتَوَفَّاكُمْ مَلَكُ الْمَوْتِ الَّذِي وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ إِلَى رَبِّكُمْ تُرْجَعُونَ
Artinya : “Katakanlah: "Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikanmu, kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan."[As-Sajadah:11]
حَتَّى إِذَا جَاءَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ تَوَفَّتْهُ رُسُلُنَا وَهُمْ لَا يُفَرِّطُونَ
Artinya : “Sehingga apabila datang kematian kepada salah seorang di antara kamu, ia diwafatkan oleh malaikat-malaikat Kami, dan malaikat- Malaikat Kami itu tidak melalaikan kewajibannya.”[Al-An’am:61]
اللَّهُ يَتَوَفَّى الْأَنْفُسَ حِينَ مَوْتِهَا وَالَّتِي لَمْ تَمُتْ فِي مَنَامِهَا فَيُمْسِكُ الَّتِي قَضَى عَلَيْهَا الْمَوْتَ وَيُرْسِلُ الْأُخْرَى إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى
Artinya : “Allah SWT memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; Maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan[2].” [Az-zumar:42]
Dalam sebagian ayat, Allah SWT menisbatkan kematian kepada malaikat secara umum, dan dalam sebagian ayat yang lain Allah SWT menisbatkan hanya kepada seorng malaikat. Ini menunjukan bahwa para malaikat tersebut memiliki pemimpin (yang dalam hal itu) adalah malaikat maut.
Masalah kematian tak seorangpun yang menolak, sedangkan mengenai malaikat maut dan para pembantunya, sebagian manusia mengingkarinya.[3]
Barangsiapa yang mengingkari adanya para malaikat secara umum, atau mengingkari salah satu malaikat saja, maka dia adalah kafir karena berarti dia telah mengingkari salah satu daru rukun iman.

80
وَبِعَذَابِ الْقَبْرِ لِمَنْ كَانَ لَهُ أَهْلًا  وَسُؤَالِ منكر ونكير فِي قَبْرِهِ عَنْ رَبِّهِ وَدِينِهِ وَنَبِيِّهِ عَلَى مَا جَاءَتْ بِهِ الْأَخْبَارُ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ  وعن الصحابة رضوان الله عليهم
DAN KAMI (JUGA BERIMAN) KEPADA ADZAB KUBUR BAGI ORANG YANG BERHAK MENDAPATKANNYA, DAN PERTANYAAN MALAIKAT MUNKAR DAN NANGKIR DIDALAM KUBURNYA ADALAH TENTANG RABBNYA, AGAMANYA AN NABINYA, SEBAGAIMANA KABAR-KABAR YANG DATANG DARI RASULULLAH DAN JUGA DARI DARA SAHABAT YANG MULIA

Allah SWT berfirman :
وَحَاقَ بِآلِ فِرْعَوْنَ سُوءُ الْعَذَابِ، النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ أَدْخِلُوا آلَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِ
Artinya : “Maka Allah SWT memeliharanya dari kejahatan tipu daya mereka, dan Fir'aun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang Amat buruk. kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang[1324], [4]dan pada hari terjadinya kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): "Masukkanlah Fir'aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras". [Ghafir:45-46]
فَذَرْهُمْ حَتَّى يُلاقُوا يَوْمَهُمُ الَّذِي فِيهِ يُصْعَقُونَ، يَوْمَ لا يُغْنِي عَنْهُمْ كَيْدُهُمْ شَيْئًا وَلا هُمْ يُنْصَرُونَ، وَإِنَّ لِلَّذِينَ ظَلَمُوا عَذَابًا دُونَ ذَلِكَ وَلَكِنَّ أَكْثَرَهُمْ لا يَعْلَمُونَ
Artinya : Maka biarkanlah mereka hingga mereka menemui hari (yang dijanjikan kepada) mereka yang pada hari itu mereka dibinasakan,46. (yaitu) hari ketika tidak berguna bagi mereka sedikitpun tipu daya mereka dan mereka tidak ditolong.47. dan Sesungguhnya untuk orang-orang yang zalim ada azab selain daripada itu. tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui
Ini menunjukan bahwa seorang yang melakukan pelanggaran itu akan mendapatkan balasan baik didunia maupun diakhirat.
Diriwayatkan oleh Al Barro’ Bin ‘Azib, Rasulullah bersbda :
Yang Artinya : Kami berangkat bersama Nabi shalallahu ‘alaihiwasallam mengiringi seorang jenazah Anshar. Lantas kami sampai pekuburan. Ketika tanah digali, Rasulullah ShallAllah SWTu'alaihiwasallam duduk dan kami duduk di sekitarnya, seolah-olah kepala kami ada burung-burung sedang tangan beliau membawa dahan yang beliau pukulkan ke tanah. Beliau tengadahkan kepala beliau ke langit dan berujar "Mintalah kalian perlindungan kepada Allah SWT dari siksa kubur (beliau mengucapkannya dua atau tiga kali). Kemudian beliau sabdakan "Seorang hamba mukmin jika berpisah dari dunia dan menghadapi akhirat, malaikat dari langit turun menemuinya dengan wajah putih seolah-olah wajah mereka matahari. Mereka membawa sebuah kafan dari kafan surga dan minyak wangi dari minyak wangi surga hingga duduk disisinya (yang besarnya malaikat tersebut) sejauh mata memandang. Kemudian malaikat maut alaihissalam datang hingga duduk di sisi kepalanya dan berucap "Wahai jiwa yang tenang, sambutlah olehmu ampunan Allah SWT dan keridhaan. Kata nabi, lantas jenazah tersebut mengalir sebagaimana tetesan air mengalir dari mulut kendi dan malaikat mencabutnya. Jika malaikat mencabutnya, ia tidak membiarkannya di tangannya sekejap mata pun hingga ia cabut rohnya dan ia masukkan dalam kafan dan minyak wangi tersebut. Maka si mayit meninggal dunia sebagaimana halnya aroma minyak wangi paling harum yang ada dimuka bumi. Kata Nabi, malaikat tersebut lantas membawa naik jenazah itu, hingga tidaklah mereka melewati sekawanan malaikat selain mereka bertanya-tanya: "Oh, oh, oh, roh siapa sewangi ini? Para malaikat menjawab "Amboi, ini roh si "A" anak si "B", dan mereka sebut dengan nama terbaiknya yang manusia pergunakan untuk menyebutnya ketika di dunia, begitulah terus hingga mereka sampai ke langit dunia dan mereka meminta dibukakan, lantas dibukakan. Para malaikat ahli taqarrub mengabarkan berita kematiannya kepada penghuni langit berikutnya hingga sampai ke langit ke tujuh, lantas Alllah 'azza wajalla bertitah "Tulislah catatan hamba-Ku di 'iliyyin dan kembalikanlah ia ke bumi, sebab daripadanyalah Aku emncipta mereka dan kedalamnya Aku mengembalikan, serta daripadanya Aku membangkitkan sekali lagi. Kata Nabi, lantas rohnya di kembalikan ke jasadnya, kemudian dua malaikat mendatanginya dan mendudukkannya dan bertanya 'Siapa Tuhanmu'. Ia menjawab 'tuhanku Allah SWT'. Tanya keduanya "Apa agamamu?"agamu Islam." Jawabnya. Keduanya bertanya "Bagaimana komentarmu tentang laki-laki yang diutus kepada kamu ini? Si mayit menjawab "Oh, dia Rasulullah ShallAllah SWTu'alaihiwasallam. Keduanya bertanya "darimana kamu tahu? Ia menjawab "Aku membaca kitabullah sehingga aku mengimaninya dan membenarkannya. Lantas ada Penyeru di langit memanggil-manggil "HambaKu benar, hamparkanlah surga baginya dan berilah pakain surga, dan bukakanlah pintu baginya menuju surga, Kata Nabi, maka hamba itu memperoleh bau harum dan wangi surga dan kuburannya diperluas sejauh mata memandang. Lantas ia didatangi oleh laki-laki berwajah tampan, pakainnya indah, wanginya semerbak, dan malaikat itu berucap "Bergembiralah dengan kabar yang menggembirakanmu. Inilah hari yang dijanjikan unukmu. Si mayit bertanya 'Lho, siapa kamu ini sebenarnya, rupanya wajahmu adalah wajah yang emndatangkan kebaikan! si laki-laki tampan emnjawab ' Ow, aku adalah amalan salihmu. Lantas hamba tadi meminta " Ya rabbiku, tolong jadikan kiamat sekarang juga sehingga aku bisa kembali menemui keluargaku dan hartaku. Sebaliknya si hamba kafir jika berpisah dari dunia (meninggal) dan menjemput akherat, ia ditemui malaikat langit yang wajahnya kusam yang membawa kafan yang berwarna hitam legam terbuat dari rambut, mereka duduk di sisinya yang malaikat tersebut besarnya sejauh mata memandang. Lantas malaikat maut datang hingga duduk di kepalanya seraya membentak " Wahai roh yang busuk, jemputlah kemurkaan Allah SWT dan kemarahan-Nya. Kata Nabi, lantas jasadnya tercabik-cabik, dan malikat tersebut mencabut rohnya bagikan garu (atau gancu) bermata banyak yang mencabik-cabik kain basah lantas mencabutnya. Jika malaikat telah mencabutnya, ia tidak membiarkannya sekejap mata pun hingga ia bungkus dalam kain hitam kelam dari rambut dan roh tersebut pergi dengan bau busuk paling menyengat di muka bumi. Para malikat kemudian menaikkannya, dan tidaklah mereka membawanya ke sekwanan malaikat di langit selain malaikat langit berkomentar "Siapa roh busuk ini? Para malaikat yang membawanya memnjawab ' Ini adalah si "C" anak si "D', dan mereka sebut nama terbukunya yang sering manusia pergunakan untuk memanggil di dunia hingga mayit tersebut sampai ke langit dunia dan langit dunia diminta dibukakkan. Dan, langit dunia dibuka. Kemudian Rasulullah SallAllah SWTu'alaihiwasallam membaca ayat " Tidak dibuka bagi mereka pintu langit dan tak bakalan mereka masuk surga hingga unta masuk lubang jarum" (QS. Al-A'raf; 40 lantas Allah SWT 'azza wajalla berfirman 'tolong catatlah catatannya dalam sijjin di bumi paling rendah. Kontan rohnya dibuang sejauh-jauhnya, kemudian beliau membaca ayat "Siapa yang menyekutukan Alalh, maka seolah-olah dia tersungkur dari langit lantas burung menyambarnya atau sebagaimana diterbangkan angin di tempat jauh(QS.Alhaj; 31). Maka rohnya dikembalikan dalam jasadnya. Kedua malaikat lantas mendatanginya dan mendudukkannya dan menginterogasi "Siapa tuhanmu? ia menajwab "Bbbp,, saya tidak tahu? Kedua malaikat itu bertanya lagi "Apa agamamu? Ia menjawab "Bbbppp,, saya tidak tahu?? kedua malaikat bertanya lagi "bagaimana tanggapanmu mengenai laki-laki ini yang diutus untuk kalian? Si mayit menjawab; ",, saya tidak tahu? Lantas ada Penyeru langit memanggil-manggil "ia betul-betul telah dusta! hamparkan baginya neraka! Maka malaikat membuka pintu neraka baginya dan ia mendatanginya dengan segala panasnya dan letupannya. Sedang kuburannya menjepitnya hingga tulang-tulangnya remuk. Kemudian ia didatangi oleh laki-laki yang wajahnya menyeramkan, pakainnya lusuh, baunya busuk dan berujar; "Bergembiralah engkau dengan segala hal yang menyusahkanmu. Inilah harimu yang dijanjikan bagimu. Lantas si malaikat bertanya " Siapa kamu dengan wajahmu yang sedemikian menyeramkan dan membawa keburukan ini? Lantyas si laki-laki menjawab '; "aku adalah amalan jahatmu, dan ia berdoa " ya rabb,. Jangan kiamat kau jadikan sekarang!. Telah menceritakan kepada kami Ibnu Numair Telah menceritakan kepada kami Al-A'masy Telah menceritakan kepada kami Al Minhal bin Amru dari Ibn Umar Zadzan mengatakan; saya mendengar Al Barra' bin 'Azib mengatakan, kami berangkat bersama Rasulullah ShallAllah SWTu'alaihi wasallam menghadiri seorang jenazah anshar, lantas kami sampai di kuburan. Ketika kuburan digali, kata Albarra', Rasulullah ShallAllah SWTu'alaihi wasallam lantas duduk dan kami duduk bersamanya, lantas ia ceritakan semisalnya. Dan beliau sabdakan, lantas malaikat mencabut rohnya sehingga otot-ototnya dan kelenjar-kelenjarnya putus. Sedang ayahku mengatakan, dan demikianlah Zaidah mengatakan. Telah menceritakan kepada kami Mu'awiyah bin 'Amru dan Telah menceritakan kepada kami Za'idah telah menceritakan kepada kami Sulaiman Al-A'masy Telah menceritakan kepada kami Minhal bin Amru Telah menceritakan kepada kami Zadzan mengatakan, Al Barra' mengatakan, kami berangkat bersama Rasulullah ShallAllah SWTu'alaihiwasallam mengunjungi jenazah Anshar, lantas ia ceritakan maknanya, hanya ia dalam redaksinya Rasulullah ShallAllah SWTu'alaihiwasallam bersabda ' seorang laki-laki yang pakaiannya indah, wajahnya tampan. Sedang beliau sabdakan tentang orang kafir, maka ada seorang laki-laki menjelma baginya dengan wajah menyeramkan dan bajunya lusuh.[5]
Diriwayatkan dari ibnu abbas;
مَرَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى قَبْرَيْنِ فَقَالَ أَمَا إِنَّهُمَا لَيُعَذَّبَانِ وَمَا يُعَذَّبَانِ فِي كَبِيرٍ أَمَّا أَحَدُهُمَا فَكَانَ يَمْشِي بِالنَّمِيمَةِ وَأَمَّا الْآخَرُ فَكَانَ لَا يَسْتَتِرُ مِنْ بَوْلِهِ قَالَ فَدَعَا بِعَسِيبٍ رَطْبٍ فَشَقَّهُ بِاثْنَيْنِ ثُمَّ غَرَسَ عَلَى هَذَا وَاحِدًا وَعَلَى هَذَا وَاحِدًا ثُمَّ قَالَ لَعَلَّهُ أَنْ يُخَفَّفُ عَنْهُمَا مَا لَمْ يَيْبَسَا
Artinya : "Rasulullah shalallahu ‘alaihiwasallam melewati dua kuburan, beliau lalu bersabda: "Ketahuilah, sesungguhnya dua mayat ini sedang disiksa. Dan mereka berdua disiksa bukan karena melakukan dosa besar. Salah seorang di antara mereka disiksa karena suka mengadu-domba sedangkan yang lainnya disiksa karena tidak memasang satir saat kencing."[6]
Juga sabdanya lagi;
إذا قبر أحدكم، أو الإنسان أتاه ملكان أسودان أزرقان، يقال لأحدهما: المنكر، وللآخر: النكير
Artinya : Jika seseorang diantara kamu telah dikuburkan, maka ia didatangi dua malaikat yang gelap juga ada yang terang, diaktakan bahwa dia itu adalah al munkar, dan yan lainnya bernaman annakir.[7]
Begitulah beberapa dalil shorih yang menunjukan akan adanya adzab dan nikmat dialam barzakh, menunjukan juga bahwa alam ini nyata, tidak sebagaimana sebagian orang yang mengingkarinya. Dengan kata lain, alam itu ada tiga macam;
a.       Alam dunia, yaitu negeri tempat beramal, mengumpulkan bekal, yang baik atau mulia
b.      Negeribarzakh, yaitu negeri tempat singgah sementara. Inilah sebabnya orang yang mengatakan (untuk orang yang dikuburkan) “tempatknya yang terakhir” sangat keliru
c.       Negeri keabadian, yakni syurga dan neraka.
Yang menjadi kewajiban kita adalah menetepkan dan mengimaninya. Dan kita tidak boleh membicarakan bagaimana keadaan didalamnya karena ia telah masuk dalam alam lain (alam ghaib).
Adapun permasalahan tentang bagaimana ruh itu dikembnalikan, maka ruh itu dikembalikan kebadan tidak sebagaimana biasanya orang memahaminya. dan ruh itu mempunyai ikatan (keterkaitan) dengan badan sebanyak 5 macam, dan kelimanya itu berbeda hukumnya,
·         Keterkaitan ruh keitka didalam perut ibu sewaktu menjadi janin
·         Keterkaitan ruh ketika sudah keluar dan memasuki alam dunia
·         Keterkaitan ruh ketika tidur
·         Keterkaitan ruh ketika dialam barzakh
·         Keterkaitan ruh dengan jazad ketika hari dibangkitkannya manusia, dan yang ini adalah sesempurnanya ketekaitan antara keduanya.
Maka pada intinya, jika kita memikirkan dan mengandai-andari tentang permasalan ini, kita akan mendapatkan masalah yang banyak. Dan pada intinya permasalah mengenai seluk beluk ruh ini tidak ada seorangpun yang mampu untuk mencapainya, sebagaimana Allah SWT berfirman :
Adapun soal yang diberikan di kuburanitu bukan hanya kepada ruh saja, namun ruh dan jasad. Hal ini sebagaimana perkataan ibn jazm dan selainnya. Dan pendapat yang paling parah mengenai ini adalah pendapat yang mengatakan cuman jasadnya saja tanpa ruh, dan ini pendapat ini ditentang dengan adanya dalil-dalil.
Dan di alam ini pula setiap manusia akan menempuh pertanyaan dari para malaikat yang ditutus Allah SWT. Dua orang malaikat mendatanginya lalu bertanya kepadanya tentang tiga perkata: “siapa rabb kamu?, “apa agamamu?” dan siapa nabimu?”[8]
Jika dia menjawab benar, maka dia telah menang dan beruntung, lubang kuburnya pun menjadi kebun dia antara kebun-kebun surga, kemudian di akhirat dia menjadi penguni surga. Sebaliknya, jika dia tidak bisa menjawab, dan tidak menjawab, maka kuburannya mnejadi salah satu lubang neraka. Kuburnya disempitkan untuknya sampai tulang-tulang rusuknya remuk bersilangan. Orang pertama tadi, diluaskan kuburnya sejauh mata memandang, dan pintu surga dibukakan untuknya sehingga wangi dan semilir bau surga menghampirinya. Sedangkan yang ini kuburannya disempitkan untuknya sampai tulang-tulang rusuknya remuk bersilangan, lalu pintu neraka dibukkan untuknya sehingga panas dan hembusan racunnya menghampirinya. Semoga Allah SWT melindungi kita semua.
Jawaban yang benar yang Allah SWT teguhkan pada orang yang mengucapkan ialah, “rabbku adalah Allah SWT, agamku islam dan nabiku muhammad.
àMÎm6sVムª!$# šúïÏ%©!$# (#qãZtB#uä ÉAöqs)ø9$$Î/ ÏMÎ/$¨V9$# Îû Ío4quŠptø:$# $u÷R9$# Îûur ÍotÅzFy$# ( @ÅÒãƒur ª!$# šúüÏJÎ=»©à9$# 4 ã@yèøÿtƒur ª!$# $tB âä!$t±tƒ ÇËÐÈ  
Artinya : “Allah SWT meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan Ucapan yang teguh itu[788] dalam kehidupan di dunia dan di akhirat; dan Allah SWT menyesatkan orang-orang yang zalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki.ini disebabkan iman kepada Allah SWT dan rasulnya, bukan karena belajar atau berwawasan luas. Barangsiapa yang tidak memiliki iman, dia tidak akan bisa menjawab, yaitu orang munafik yang menampakkan iman didunia dan menyimpan kekufuran di dalam batinnya. Dan tidak akan bisa menjawab, dan hanya akan mengatakan, ah ..... ah .... saya tidak tahu, aku mendengar orang mengatakan suseatu maka aku mengatakannya. Orang tersebut kemudian dipukuli dengan pentungan dari besi yang dapt didengar oleh semua makhluk kecuali manusia. Dan seandainya manusia mendengarnya niscahya akan pingsan.[9]
81
وَالْقَبْرُ رَوْضَةٌ مِنْ رِيَاضِ الْجَنَّةِ أَوْ حُفْرَةٌ من حفر النيران
Kubur adalah kebun indah di antara kebun-kebun surga, atau (sebaliknya) dia adalah salah satu lubang neraka.

Orang mukmin berkata, “orang yang telah menjadi tanah, bagaimana ia akan diazab sedangkan dia telah menjadi tanah ?” kami katakan, “Allah SWT mahakuasa untuk menadzabnya sekalipun dia telah menjadi tanah, dan mahakuasa untuk mengadzabnya (degnan cara) membakar tanah tersebut.”
Yang lain mungkin mengatakan, tidak semua orang mati dikuburkan. Sebagian mereka ada yang ditenggelamkan di lautan, dan sebaigian ada yang dimakan binatang buas, lalu bagaimana adzab akan mendatanginya? Kami menjawab, “ya, dia pasti didatangi azab, dimanapun dia beada. Dia juga akan didatangi oleh dua orang malaikat. Mengimaninya itu adlah wajib, dan termasuk beriman kepada perkara-perkara yang ghaib, dan termasuk ke dalam beriman kepada apa yang dikabarkan Allah SWT dan rasulnya.
Adzab kubur dan kenikmatannya ditopang oleh dalil, dari Al-Quran dan assunnah yang periwayatannya mutawatir.
Adapun mu’tazilah, mereka tidak beriman kepada apa yang terjadi di kubur; karena mereka hanya berpatokan pad akal. Merekalah yang membangun permasalaah agama berdasarkan akal mreka. Mereka menamakan dalil-dalil syar’i sebagai dzanniyah (sangkaan), sedangkan dalil­dalil akal (nalar) bagi mreka adalah yakin. Begiutlah yang mereka katakan, sehingga mereka adalah para pengikut akal. Mereka adalah mu’razilah dan orang-orang yang mengikuti metodologi mereka di masa ini.
Dan ahlussunnah merketapkan sebagaimana apa yang dibawa oleh dalil, dan sebaliknya tidak boleh mengingkari apa yang dibawa oleh dalil tersebut.[10]
Dan terkadang Allah SWT melihatkan kepada kita akan alam ini (tentang poeristiwa di adzabnya manusia di alam kubur). dan jika ia menghendaki untuk menampakannya kepada sebagian hambanya tentang adzab kubur,namun seandainya Allah SWT melhatkan kepada manusia seluruhnya akan adzab kubur, niscahya akanlupa juga akan tanggungngay dan keimanannya kepada yang ghaib, kecuali ketika dia itu sudah dikuburkan. hal ini sebagaimana hadits yang dikeluarkan oleh muslim,
Andai kalian tidak berlarian, niscaya aku berdoa kepada Allah SWT agar memperdengarkan adzab kubur pada kalian seperti aku dengar. adapun hikmah ini memiiki manfaat terhadap binatang-binatang aku mendengarnya dan aku mengetahuinya pula.[11]

82
وَنُؤْمِنُ بِالْبَعْثِ وَجَزَاءِ الْأَعْمَالِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَالْعَرْضِ وَالْحِسَابِ وَقِرَاءَةِ الْكِتَابِ وَالثَّوَابِ وَالْعِقَابِ وَالصِّرَاطِ وَالْمِيزَانِ
DAN KAMI JUGA BERIMAK KEPADA HARI KEBANGKITAN (AL-BA’TS), PEMBALASAN AMAL PERBUATAN PADA HARI KIAMAT, BERDIRI MENGHADAP ALLAH SWT DI PADANG MAHSYAR, PERHITUNGAN AMAL, PEMBACAAN KITAB CATATAN AMAL, PAHALA DAN AZAN, JEMBATANNG (ASHIROTH) DAN JUGA TIMBANGAN AMAL (AL-MIZAN)

Setelah memaluli alam barzakh, manusia akan dibangkitkan kembali dari kubur mereka. Kubur-kubur tersebut mengumpulkan jasad-jasadn dan menjagannya, dan saat hari kebangkitan telah tiba, maka Allah SWT akan menghidupkan kembali jasad-jasad tersebut bagaimana dia menciptakan pertama kali, tidka akan berkurang seseuatupun darinya. Allah SWT berfirman :
Artinya : “(yaitu) pada hari Kami gulung langit sebagai menggulung lembaran - lembaran kertas. sebagaimana Kami telah memulai panciptaan pertama Begitulah Kami akan mengulanginya. Itulah suatu janji yang pasti Kami tepati; Sesungguhnya kamilah yang akan melaksanakannya.
Seandanya seseorang yang pernah mengenalnya melewatinya, maka dia akan mengenalinya dan megnatakan, “ini adalah si fulan”. Kemudian Allah SWT memerintahkan malaikat israfil untuk menupukan sangkakala yang kedua, maka ruh-ruh akan berterbangan kepada jasad-jasadnya.
Padang masyar
Adalah tempat berkumpulnya semua ummat, dimana Allah SWT mengumpukan orang-orang dari yang paling pertama sampai yang paling akhir setelah dibangkitkan kembali. Allah SWT mahakuasa atas segala sesuatu.
Dalil-dalil akan adanya padang masyar, tempat dibangkitkannya manusia seluruhnya.
a.       Dalil naql
 Dan mereka selalu mengatakan: "Apakah bila Kami mati dan menjadi tanah dan tulang belulang, Apakah Sesungguhnya Kami akan benar-benar dibangkitkan kembali?. Apakah bapak-bapak Kami yang terdahulu (juga)?"

b.      Dalil ‘aql
1.     
Artinya : “Dan Dialah yang menciptakan (manusia) dari permulaan, kemudian mengembalikan (menghidupkan)nya kembali, dan menghidupkan kembali itu adalah lebih mudah bagi-Nya. dan bagi-Nyalah sifat yang Maha Tinggi di langit dan di bumi; dan Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana (Ar-Rum:27)
Ayat ini merupakan perumpamaan. Artinya, dzat yang telah menciptakan mereka dari air yang hina, apakah tidak kuasa untuk menciptakan mereka dari tanah dan mengembalikan mereka seperti sedia kala?
2.  Artinya : “Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggung jawaban)? Bukankah Dia dahulu setetes mani yang ditumpahkan (ke dalam rahim),kemudian mani itu menjadi segumpal darah, lalu Allah SWT menciptakannya, dan menyempurnakannya,. lalu Allah SWT menjadikan daripadanya sepasang: laki-laki dan perempuan. Bukankah (Allah SWT yang berbuat) demikian berkuasa (pula) menghidupkan orang mati? (Al-Qiyamah:36-40)
Pembalasan amal perbuatan
hal ini sebagaimana yang telah berlalu; yaitu bahwasanya orang-oprang yng berbuat baik akan mendapat keburukan tidak akan mendapatkan balasan didunia, akan tetapi itu adalah diakhirat.
Allah SWT berfirman :
Atinya : “pada hari itu kamu dihadapkan (kepada Tuhanmu), tiada sesuatupun dari keadaanmu yang tersembunyi (bagi Allah SWT). [Al-Haqqah:18]
Mereka akan dihadapkan kepada Allah SWT dengan telanjang kaki dan telanjang pakaian bahkan belum disunat (seperti pertama kali dilahirkan didunia)
Prhitungan Amal
Yaitu : penetapan segala amal baik dan segala amal buruk. Dan ini berkaitan dengan orang-orang mikmin. Sedangkan orang kafir, mereka tidak akan ditimbang antara amal baik dan amal buruknya, akan tetapi akan ditetapkan dengan segala dosa-dosa dan kekufurannya; karena dia sama sekali tidak memiliki kebaikan.
Orang beriman, ada yang masuk syurga tanpa hisab (perhitungan amal), ada pula yang hanya melalui perhitungan amal yang sedikit dan kemudian kembali kepda keluarganya dengan penuh bagia. Inilah derajat orang-orang beriman
Rasulullah bersabda:
من نوقش الحساب عذب
Artinya “barangsiapa yang dipertanyakan hisabnya akan diazdab.[12]
Catatan amal
Yaitu : lembaran-lembaran catatan amal perbuatan yang mereka lakukan di dunia.
Allah SWT berfirman :
Artinya : “Dan diletakkanlah Kitab, lalu kamu akan melihat orang-orang bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan mereka berkata: "Aduhai celaka Kami, kitab Apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan ia mencatat semuanya; dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). dan Tuhanmu tidak Menganiaya seorang juapun".
Pahala dan siksa
Yakni : pahala untuk amal kebajikan, dan siksa untuk amal keburukan.
Ashirath
Yakni : jembatan yang terbentang diatas neraka jahannam, yang lebih tajam dari pedang lebih tipis kecil dari helai rambut, lebih panas dari bara api; dimana manusia akan berjalan di atasnya, sesuai dengan amal perbuatannya.
Diantara mereka, ada yang melewatinya bagaikan kilat yang menyambar, ada yang melewatinya bagaikan angin, ada yang berlalu bagikan kuda jantan lilihan, ada yang berlalu bagaikan penunggang unta, ada yang berlalu sambil berlari kecil dan ada pula yang dengan berjalan, juga ada yang merangkak, ada yang tersnangkup pada besi bengkok dipinggir jembatan tersebut dan kemudian dilemarkan ke dalam neraka. Semua ini adalah perkara ghaib, maka orang tidak boleh mengikut sertakan akalnya didalamnya.
Allah SWT berfirman :
Artinya : “Dan tidak ada seorangpun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan. kemudian Kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertakwa dan membiarkan orang-orang yang zalim di dalam neraka dalam Keadaan berlutut. [Maryam:71-72]
Tentang ditimbangnya amal dan timbagnan itu diulang berkali-kali dalam banyak ayat, dan inilah adalah di antara keadilan Allah SWT, dan bahwasanya Allah SWT tidak akan mendzalimi hambanya sedikitpun. Timbangan amal tersebut adalah hakiki adanya, yang memiliki dua piringan: dimana kebaikan akan diletakan pada suatu piringan dan keburukan juga akan diletakan pada suatu piringan dan keburukan juga akan diletakan pada piringan yang lainnya, maka siapapun yang kebaikannya lebih berat berabrti dia beruntung, dan sebaliknya orang yang keburukannya lebih berat, maka dia merugi.
Allah SWT berfirman :
Artinya : “Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, Maka Tiadalah dirugikan seseorang barang sedikitpun. dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawipun pasti Kami mendatangkan (pahala)nya. dan cukuplah Kami sebagai Pembuat perhitungan.” [Al-Anbiya:47]


83
وَالْجَنَّةُ وَالنَّارُ مَخْلُوقَتَانِ لَا تَفْنَيَانِ أَبَدًا وَلَا تبيدان
SURGA DAN NERAKA ADALAH MAKHLUK, YANG KEDUANYA TIDAK AKAN FANA DAN TIDAK AKANMUSNAH.

Surga adalah negeri orang-orang yang bretakwa dan neraka adalah negerinya orang-orang durjana.
Keduanya adalah negeri abadi, dan keduanya adalah tetqap dan penghabisan. “dan bahwasanya Allah SWT menciptakan surga dan neraka sebelum makhluk, dan menciptakan penghuni bagi keduanya”. Surga dan neraka sudah diciptakan sekarang, dan inilah pandangan ahlusunnah wal jama;ah. Allah SWT berfirman:
Artinya : “ Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.” [Al-Imran:133]
Kata “اعدت” (telah disediakan) dalam kedua ayat di atas bebentuk kata kerja lampau (fi’il madhi). Dan nabi pernah suatu ketika bersama para sahabat beliau, dan tiba-tiba mereka mendengar ada sesuatu yang terjatuh keras, maka beliau bersabda, “tahukah kalian apa itu?” mereka menjawab, “Allah SWT dan rasulnya-lah yang lebih mengetahui”. Beliau bersabda,
الَ هَذَا حَجَرٌ رُمِيَ بِهِ فِي النَّارِ مُنْذُ سَبْعِينَ خَرِيفًا فَهُوَ يَهْوِي فِي النَّارِ الْآنَ حَتَّى انْتَهَى إِلَى قَعْرِهَا
Artinya : “Itu adalah batu yang dilemparkan ke dalam neraka jahannam sejak tujuh puluh tahun, dan sekrang telah mencapai keraknya.”[13]
Ini menunjukan bahwa neraka telah diciptakan. Dan nabi jua bersabda mengenai panas dan dingin,
Artinya  : “sesungguhnya keduanya adalah tiupan dari neraka jahannam: satu tiup[an pada musim dingin dan itu adalah puncak paling dingin yang lkalian rasakan, dan satu tiupan pada musim panas dan itu adalah cuaca paling panas yang kalian rasakan”[14]
Demikian pula orang yang mati di dalam kuburnya, dibukakan untuknya pintu syurga, dan orang kafir dibukakan pintu nereka. Ini menunjukan telah adanya syurga dan neraka. Para pengikut kesesatan mengingkari hal ini, dan mereka mengatakan, surga dan neraka akan diciptakan pada hari kiamat.[15]
Ketahuilah, bahwa neraka itu ada dua macam; neraka yang tidak kekal (fana) dan neraka yang kekal selamanya tidak pernah hilang. Dan yang pertama itu adalah neraka untuk para ahli maksiat dan pelaku dosa dari kalangan orang muslim. Dan yang kedua itu adalah nerakanya orang-orang kafir dan musyrikin. Dan ini adalah ringkasan dari kitab al wabil ashoib yang dikarang oleh ibnul qoyyim. Dan yang demikian itu benar, tidak diragukan lagi.[16]

84
والخير والشر مقدران على العباد
KEBAIKAN DAN KEBURUKAN DITAKDIRKAN ATAS HAMBA-HAMBA

Syarh dari matan ini sudah dijelaskan dalam masalah qadar.
Kebaikan dan kebuirukan adalah karena takdir Allah SWT; karena tidak ada sesuatupun yang terjadi di alam semesta in kecual i karena qadha dan qadar Allah SWT. Ini harus diimani.
Allah SWT menciptakan kebaikan dan keburukan untuk suatu hikmah.
Allah SWT berifrman :
Artinya : “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). dan hanya kepada kamilah kamu dikembalikan”. [Al-Anbiya:35]
Dengan itulah bedanya orang-orang yang bertauhid dan berserah diri kepada Allah SWT dengan orang-orang kafir, syirik dan ateis, yang seandainya tidak ada kebaikan niscahya tidak akan ada perbedaan.
Kebaikan dicintai Allah SWT, diciptakannya dan ditakdirkaknnya. Sebaliknya keburukan dibenci Allah SWT dan dimurkainya, akan tetapi Allah SWT menciptakan dan menakdirkannya untuk suatu hikmah, yaitu sebagai cobaan dan ujian. Seandainya tidak ada keburukan, niscahya tidak akan tampak kekufuran dan permusuhan kpada para nabi dan rasul, dan sebaliknya jika tidak ada kebaikan, niscahya tidak akan tampak adanya jihad, amar makruf nahi munkar, loyalitas dan untuk suatu hikmah; agar manusia dapat dibedakan.
Allah SWT berfirman;
Artinya : “Janganlah kamu disedihkan oleh orang-orang yang segera menjadi kafir[252]; Sesungguhnya mereka tidak sekali-kali dapat memberi mudharat kepada Allah SWT sedikitpun. Allah SWT berkehendak tidak akan memberi sesuatu bahagian (dari pahala) kepada mereka di hari akhirat, dan bagi mereka azab yang besar.”  [Al-Imran:176]

Wallohu A’lam
Referensi :
1.       Muhammad Nashirudin Al Albani, Matan 'Aqidah Athohawiyah Bita'liqil Al Albani
2.       Syarah Matan ‘Aqidah Ath-Thohawiyah Oleh Syaikh Ibn Abi Al ‘Izz, software maktabah syamilah
3.       Syarah Matan Aqidah Ath-Thohawiyah Oleh Syaikh Fauzan


[1] Muhammad Nashirudin Al Albani, Matan 'Aqidah Athohawiyah Bita'liqil Al Albani, Maktabah Al Islami, Beaureut, tahun 1414 H, software maktabah syamilah
[2] Maksudnya: orang-orang yang mati itu rohnya ditahan Allah SWT sehingga tidak dapat kembali kepada tubuhnya; dan orang-orang yang tidak mati hanya tidur saja, rohnya dilepaskan sehingga dapat kembali kepadanya lagi.
[3] Syarh Aqidah Athohawiyah Oleh Syaikh Fauzan Bin Fauzan Al Fauzan, hal 273
[4] Maksudnya: dinampakkan kepada mereka neraka pagi dan petang sebelum hari berbangkit.
[5] Kitab Ahmad Hadist No – 17803, .
[6] Kitab Muslim Hadist No – 439
[7]  Hadits Ini Hasan, Dan Diriwayatkan Oleh Tirmidzi
[8] Hadits riwayat ahmad (4/287,295)
[9] Syarh Mutun ‘Aqidah Athohawiyah, Syikh Sholah Bin Fauzan Al Fauzan.
[10] Syaikh Fauzan
[11] Syarah Mutun ‘Aqidah Ath-Thohawiyah Oleh  Ibn Abi Al Izzi 401, program maktabah syamilah
[12] Hr Bukhori No 6536
[13] Hr. Muslim no 2844
[14] Hr. Bukhari no 537
[15] Syakih Fauzan, Syarah Matan ‘Aqidah Ath-Thohawiyah
[16] Syaikh Al Albani, Mutun ‘Aidah Ath-Thohawiyah Bita’liqil Albani, hal 73, software maktaban syamilah

COMMENTS

Iklan Konten$show=post

loading...

Artikel Terbaru$type=three$author=hide$comment=hide$rm=hide$show=post$cate=2$count=9$pagination=5

Nama

'Umdatul Ahkam 25 november 4 nove 4 november aa gym aadc2 Abdul Chair Ramadhan abu bakar ashidiq aceh Adab ade armando ade komaruddin adik ahok administrasi adsense advertorial afrika aher ahmad baidhowi ahmad dhani ahmad zainuddin ahok ahok djarot ahok illuminati ahokers akhlak akmal sjafril aksi bela islam iii Al Hikmah al quran palsu al umm al washiliyah al-quran Alex Naddour alfian tanjung ali bin abi thalib ali jaber aliansi pemuda makassar aliran sesat allepo alwi shihab am fatwa amerika amien rais amir faishol fath amir hamzah an najah anis baswedan anis dan sandiaga anton medan anton tabah antv april Aqidah aqidah syiah arab saudi archandra ariana grande arief rahman arifin ilham arik banyadhu artikel ilmiah Artikel Ramadhan atmiwiloto australlia bab thoharoh bachtiar nasir backmasking badai pasir arab saudi balaraja band bandung bangka belitung bangkalan bangladesh banjar banjarmasjin bank banten banyuwangi barcelona bareskrim bashar asad bawaslu bbc beasiswa beasiswa iain antasari beasiswa kuwait beasiswa tahfidz beasiswa turki bedah buku syiah bekal dakwah bekam bekasi berita bid'ah bima arya bin bina qalam biografi bireun Bisnis Online bitung blog tutorial bmh bmh jatim bmh lumajang bnn bnpt bogor bom saudi bpi bpjs brebes britney spears brunei buddha budha bukit duri buku buku gratis Buletin bungkul buni yani burhan shodiq bus pendemo buya hamka buya yahya cadar cakung cangkul car free day cba Ceramah charlie hebdo china cholil nafis cholil ridwan cilacap cina colil ridhwan cut nyak din dahnil anzar darul hijrah dasrul Data Kesesatan Syi'ah dauroh ddi debat bahasa arab internasional mesir dede demo tolak ahok demonstrasi densus 88 depok detik didin hafidhuddin dimas kanjeng din syamsuddin dina y sulaeman djarot do'a donald frans donald trump Download dprd dr miftah el banjari dr tiar dr zakir naik Dr. Adian Husaini Dr. Ahmad Zain An-Najah dr. aidh al qarni dr. warsito dream dzan farid dzulhijjah emilia renita erdogan Esra Panese event facebook fadel muhammad fadl zon fahira idris fahri hamzah fakta fans celtic farid okbah fatih seferagic Featured felix siauw ferdinand hutahean ferihana filipina film Fiqih fiqih dakwah fiqih haji fiqih ihram fiqih jenazah fiqih jihad fiqih jual beli fiqih madzhab imam syaf'i fiqih nikah fiqih puasa fiqih qurban firanda andirja florida foto Foto-Foto kesesatan Syi'ah fpi freddy budiman gafatar gajah gallery gambar game online game pes garut gatot nurmantyo gaza gerhana matahari gerindra Gilbert Lumoindong globaltv golkar gontor google gp anshor gresik gubernur ntb guru gus manan gus sholah habib rizieq hacker Hadits hadyu hafidz quran haiti halal.ad ham hamdan zoelva hari pancasila Harits Abu Ulya hartoyo harvard hary tanoesoedibjo headline hidayat nur wahid hidayatullah hikmah hmi hollywood hukum seputar ta'ziyah husain syahid husni thamrin hut ri 71 ibadah ibnu khaldun ibu saeni ical idc ihw ikhsan modjo iklan ilc 8 november illuminati Ilmu Faroidh ilyas karim imam masjid al aqsa imamah imunisasi india indonesia indramayu inews info kajian inggris insan mokoginta inspiratif intermezo internasional ipb ipw irak iran irena handono irlandia Islamophobia islandia israel istanbul istiqlal istri ahok istri gus dur jabar jack ma jakarta jakut jamaah tabligh janet jackson jas jatim jawa barat jawa timur Jayawijaya Jeffry Winters jember jepang jerman jihad jihad internasional jil jilbab jk jokowi jokowi dan ahok jonru jpnn Kabar Muslim Burma 2012 kalbar kalimantan kammi kampung rambutan kanada Kapolda kapolri kapry nanda karawang kashmir kasih keluarga Kemendag kenan nabil kereta cepat kesehatan KH Ali Mustafa Ya'qub KH Hasyim Muzadi kh. abdur rasyid khairul anwar Khutbah jum'at Kiamat king abdul aziz king saudi university kiriman pembaca kisah kisah hikmah kisah para nabi kivlan zen kiwil knrp koko kolombia komnas ham komnas perempuan kompas kompastv komunis koneksi kopi jessica korea utara kotamabagu kpai kpk kpu kristen kristenisasi kristologi ktp kuba kuburan kuliner kurma iran kutab al fatih kyai nur labuhbatu Lain-lain lalu heru rojak lampung Laurence Rossignol lbh paham lenteng agung lgbt liberal Liberalisme Lieus sungkharisma lipia lira lomba lomba tahfidz lombok london luar batang lucky hakim Lucu luhut lukman hakim luthfi bashori ma'ruf amin mabuk madina madrasah madura magelang mahfud md Makalah Menarik Makalah Thoharoh makassar make money blog malang malaysia maluku manado mark zuckberg maroko marwah daud marzukie alie masjid nabawi mataram medan media mainstream megawati menag menakjubkan mendagri mengerikan menhan merdeka mesir metrotv minahasa miras mizanul muslim mnctv mpr ms kaban muallaf muda mudi mudik 2016 muhammad ali muhammad taufik muhammadiyah muharram muhasabah mui mukidi mukjizat mulyono munarman musa musik muslim uyghur muslimah Musthalahaat al-fuqaha’ wal ushuliyin Mustholahul Hadits Mustolahat Fil fiqh myanmar nabil narkoba nasi uduk babi nasyiatul aisyiyah natal new york nigeria niken taradina ntb nu nur tajib nusairiyah nusantara nushairiyah nushron wahid oemar mita oezil olahraga omran opini ozil padang Paham Sesat pajak pakistan palestina palu pamekasan pan Panduan Ibadah Qurban pangeran harry pangi syarwi chaniago papua paris pasar ikan patani pbnu pdip pekerja asing Pemerintah Indonesia pendeta cabul pendeta vatikan pendidikan penemu muslim pengungsi suriah penjaringan penyerangan polisi tangerang perda islam pers persis pesantren petisi pilkada dki jakarta pki pks Pluralisme pokemon polisi politik ponorogo pontianak poso pp muhammadiyah ppp prabowo prancis probolinggo Prof DR Abdul Hadi profil proxy war psq puisi punk purbalingga purworejo pushami pwnu qishash quraish shihab rachmawati rawajati rcti reklamasi retorika dakwah revenuehits Rezim Penguasa riau ridwan kamil rifkoh abriani rio haryanto risma Riyadh Badr Bajrey rizal ramli robithoh alam islami rohingya rokok ronaldo rudal jokowi ruhut rumah tangga rusia Sahabat sahabat nabi said aqil sains salafy indonesia salib mampang salibis salim a. fillah samarinda sambudi sampang sandiago uno santoso santri sayidiman suryohadiprojo sby sd cilegon Sejarah sekjen pbb sekte dan aliran Sekularisme selandia sepak bola Shahnaz Laghari shalawat badar shalawat nabi shared2earn sidoarjo simposium anti pki siroh siyono skotlandia Slank sma soekarno solo spanyol spbu sragen stand up comedy stevanus stiba makassar subang sudan sukabumi sukmawati sulawesi sulteng sumbar sumedang sumsel sumut surabaya suriah surya prabowo susanto swedia syafii maarif syaikh sudais Syarh 'Umdatul Ahkam Syarh Matan Thawiyah syariat islam syarifah salsabila Syiah syiah mencela nabi muhammad syiah mencela sahabat syiah menghina muawiyah syiah mengkafirkan aisyah syiah mengkafirkan asyariyah syiah mengkafirkan sahabat syiah suriah syiah takfiri syirik syubhat pengagung kubur Syubhat Sejarah Rosululloh SAW Tabi'in Tabi'ut Tabi'in Tafsir tafsir al maidah tahukah? takbir keliling tangerang tanjungbalai tawasul Tax Amnesty Tazkiyyatunnafs tebet tebingtinggi teknologi tema ceramah tema dakwah teman ahok tempelate blog tempo tengger Tengku Erry Nuradi terbaru tere liye Terjemahan kitab Musthalahaat al-fuqaha’ wal ushuliyin terompet dari sampul al quran teroris teroris separatis terorisme terorisme medan teuku nasrullah teungku zulkarnain thailand thibun nabawi timor leste tionghoa tiongkok Tips tki tni tni au keroyok jamaah masjid trans7 Tsaqofah tuban tulisan turki tutorial tvone tvri uea ui uighur uika bogor uim uin ulil ullcok Ulumul Quran umroh gratis unas unesco Unik universitas islam madinah universitas paramadina unj Ushulul Fiqh ust. budi ashari ust. zaitun rasmin ust. zulkifli vaksin palsu valentine day van dame video vietnam wacana wahdah islamiyah walisongo wasilah wawasan wtc yahudi yaman yogya yogyakarta yordania yusril yusuf al qardawi yusuf mansur yuyuk andriati zaid royani zakat zulkifli hasan
false
ltr
item
Jurnalmuslim.com: Syarah Matan Aqidah Ath-Thohawiyah 79-84
Syarah Matan Aqidah Ath-Thohawiyah 79-84
Jurnalmuslim.com
http://www.jurnalmuslim.com/2013/01/syarah-matan-aqidah-ath-thohawiyah-79-84.html
http://www.jurnalmuslim.com/
http://www.jurnalmuslim.com/
http://www.jurnalmuslim.com/2013/01/syarah-matan-aqidah-ath-thohawiyah-79-84.html
true
3812561232547159440
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy