26. MAZHAB DZAHIRI

MAZHAB DZAHIRI Pendiri mazhab ini bernama Abu Dawud ibn ‘Ali ibn Khalaf Al-Ashbahaniy, biasa dipanggil Abu Sulayman Adz-Dzahiri, beliau rah...


MAZHAB DZAHIRI
Pendiri mazhab ini bernama Abu Dawud ibn ‘Ali ibn Khalaf Al-Ashbahaniy, biasa dipanggil Abu Sulayman Adz-Dzahiri, beliau rahimahullah meninggal pada tahun 270 Hijriyah. Beliau ini termasuk salah satu imam mujtahid dalam dunia Islam. Mazhabnya disebut Dzahiriyyah karena beliau mempunyai pendirian untuk hanya mengambil makna dzahir dari dalil-dalil nash, menolak ta’wil dan segala hasil rasio pemikiran serta analogi.
Karena pendirian yang seperti itu, beliau memiliki beberapa pendapat yang menyelisihi jumhur fuqaha’ dari empat mazhab; yang diantaranya adalah:
  1. Pernyataan beliau bahwa pemanfaatan bejana berbahan emas yang diharamkan itu hanya sebatas penggunaannya sebagai gelas minuman. Adapun jika digunakan untuk keperluan lainnya, misalnya sebagai wadah makanan atau tempat air wudlu maka tidak mengapa. Dengan berpegang pada dzahir sabda nabi yang artinya, “Orang yang minum dengan bejana berbahan emas dan perak itu sebenarnya hanyalah menggelontorkan api neraka dalam perutnya.”
  2. Beliau  juga berpendapat bahwa seseorang boleh buang air kecil dalam sebuah wadah lalu membuang air seninya itu ke dalam genangan air yang idak mengalir, lalu dia bersuci dengan air itu, dengan berpegang pada dzahir sabda Nabi yang artinya, “Janganlah salah seorang dari kalian buang air kecil pada air yang menggenang lalu dia mandi dengan air tersebut.”
Pendukung Mazhab Beliau
            Imam dawud memiliki banyak pengikut dan simpatisan yang berpandangan sama dalam hal fiqh dan turut serta dalam usaha menyebarkan pemahaman ini, diantara yang paling masyhur adalah:
  1. Abu Bakr Muhammad ibn Abi Dawud, putra beliau sendiri, yang menggantikan posisi beliau di majlisnya setelah beliau wafat. Ia turut aktif dalam usaha menyebarkn mazhab ini dan telah berhasil menyusun beberapa kitab untuk menguatkannya. Dia wafat pada tahun 297 H
  2. Abul Hasan Abdulloh bin Ahmad bin Muhammad Al-Mughollas yang meninggal pada tahun 324.
Perjalanan Mazhab Dzahiriyyyah
            Mazhab Dzahiri masih tetap eksis dan tersebar dengan pesat hingga sekitar abad kelima hijriyah, pada saat itu juga telah ada beberapa kitab yang mendukungnya. Namun kemudian pengikutnya makin berkurang dan menyedikit hingga madzhab ini mulai ditinggalkan, bahkan hampir hilang sama sekali. Karena mazhab ini tidak ditpang oleh kekuatan perkumpulan politik seperti yang dimiliki oleh mazhab-mazhab lainnya.
            Lalu pada masa ketenarannya, Ibnu Hazm pun melakukan usaha-usaha untuk mempertahankan eksistensi mazhab ini di Andalusia, bahkan beliau juga menyusun empat kitab besar dengan tema fiqh dalam usaha tersebut, yaitu;
  1. Kitab ‘Al-Iishal’ yang paling besar diantaranya, berupa sebuah ensiklopedia fiqh yang belum pernah tertandingi kepenulisannya.
  2. Kitab ‘Al-Khishal’ yang ukurannya sedang tapi cukup besar.
  3. Kitab ‘Al-Muhalla’, tidak sebesar kitab sebelumnya, namun sangat berbobot dan sarat manfaat. Karena dinilai termasuk salah satu sumber rujukan fikih islam pembanding. Beliau telah meninggal sebelum menuntaskan penulisan kitab ini. Maka putra beliau, Al Fadhl Abu Rafi’ melengkapinya dengan menyertakan ringkasan dari karya terbesar ayahnya yaitu kitab ‘Al-Ishal’ dengan merangkum beberapa pembahasan di dalamnya. Dengan ini kitab Al-Muhalla yang telah ditulis oleh Ibnu Hazm hingga mencapai 2023 poin pembahasan telah disempurnakan oleh Abu Rafi dengan menambahkan inti-inti pembahasan yang telah dirangkumnya sejumlah 285 poin. Lalu kitab ini pun diikhtisarkan oleh Al-Hafidz Abu ‘Abdillah Adz Dzahabiy (wafat tahun 748 H) dan juga diringkas oleh Abu Hibban ibn Yusuf Al Andalusiy (wafat tahun 745 H)
  4. Kitab ‘Al-Majalliy’ yang merupakan kitap terkecil di antara keempat kitabnya.
Perlu diketaui di sini, bahwa Ibnu Hazm muda tumbuh dalam lingkup mazhab syafi’i, lalu beliau berubah haluan mengikuti mazhab ahli dzahir. Dan beliau adalah seorang ulama’ besar, hanya saja beliau dikritik karena suka bersikap sangat keras terhadap mereka yang menyelisihi pendapatnya, terlebih lagi jika beliau sedang mengoreksi para penganut mazhab Hanafi ataupun Maliki. Sampai-sampai ada ungkapan, “Sungguh lidah Ibnu Hazm dan pedang Al-Hajjaj itu masih saudara kandung.”
Sikap beliau yang seperti ini bukan tanpa penentangan, Abu Bakr Ibnu ‘Arabi seakan tak kenal lelah mengajukan bantahan terhadap Ibnu Hazm, bahkan beliau sempat menuliskan dua kitab dalam hal ini; yaitu, kitab ‘An-Nawahi ‘an ad Dawahiy’ dan ‘Al-Ghurrah fi ar Radd ‘ala ad Durrah’
Kemudian juga Abul Husain Muhammad ibn Muhammad Al-Asybiliy Al Maliki (wafat tahun 621 H) beliau menuliskan sebuah kitab sebagai bantahan untuknya dengan judul ‘Al Mu’alla fi ar Radd ‘ala al Muhalla’
Syaikh Habib Al Kairanawiy setelah menyebutkan judul kitab-kitab diatas, memberikan catatan, “Sungguh sangat disayangkan, bahwa hingga kini buku-buku tulisan para tokoh semisal Ibnu Hazm ini banyak dicetak tanpa disertai dengan usaha menerbitkan karya-karya lain yang membantah permasalahan-permasalahan bathil yang dikandungnya….”
Penulis berkomentar, “Bagaimanapun juga semoga Alloh menganugrahi Ibnu Hazm dengan rahmat yang agung, sebesar usaha yang telah dia berikan bagi agamanya.” 
Catatan Penting Mengenai Satuan-Satuan Dan Istilah-Istilah Yang Sering Digunakan Dalam

Kitab-Kitab Fiqh
1.      Jumlah diyat yang harus dibayarkan sesuai konsensus para pakar peneliti keislaman adalah sebesar seribu dinar emas murni. Dengan satuan timbangan hari ini jumlahnya mencapai 4250 gr (4,25 Kg emas 21 karat). Jumla ini lalu dikalikan dengan nilai emas pada masa terjadinya tindak pidana sesuai dengan nilai mata uang yang digunakan didaerah tersebut.
2.      "القلتين" yaitu istilah yang digunakan oleh nabi untuk menyebutkan jumlah air yang tidak akan terpengaruh oleh najis yang jatuh ke dalamnya itu jika disesuaikan dengan satuan timbangan sekarang adalah sebesar 200,6 kg air bersih, sedang dalam nilai takaran sekitar 200,60 Lt.
3.      "المد" Mud adalah satuan timbangan yang besarnya sekitar 544 gr.
4.      "الصاع" Sho’ = 2176 gr (sekitar 1 kilogram lebih sedikit)
5.      "الوسق" Wasaq = 60 sho’ (2,176 kg x 60 =  sekitar 130,5 kg)
6.      "القفيز" Qafiz = 26,112 kg
7.      "الفرسخ" Farsakh sama dengan 3 mil
8.      "الميل" Mil adalah satuan jarak sejauh 1848 m (sekitar 2 km kurang sedikit)
9.      "الدينار الذهب" atau diistilahkan juga dengan mitsqal, yaitu satuan berat yang bobotnya sekitar 4,25 gr menurut satuan sekarang. Had potong tangan diberlakukan dalam pencurian emas yang beratnya seperempat dari jumlah tersebut ke atas atau benda lain yang senilai dengan itu.
10.  Nishab zakat emas sesuai satuan timbangan sekarang adalah sebesar 85 gr emas 21 karat. Karena nishab di zaman Nabi dihitung sebesar 20 mitsqal( 20 x 4,25 gr = 85 gr)
11.  "العثكال" ‘Itskal adalah istilah untuk menyebutkan tandan kurma
12.  "الشمروج" Syamruj adalah nama lain untuk setandan penuh kurma muda
13.  "القن" Qin, istilah lain untuk budak belian
14.  "النبهرج / البهرج" Nabahraj / bahraj saja adalah istilah untuk keping dirham berkualitas rendah.
15.  "الستوق" Satuq : Koin dirham sepuhan.
16.  "الدانق" Daniq sekeping koin perak yang bobotnya sekitar 0,496 gr
17.   "الأرش" Arsy adalah nama lain untuk diyat yang harus dibayarkan dari sebuah pelanggaran selain tindak pidana pembunuhan.
18.  "الشقس" Syiqsh sepotong lahan tanah, atau sepotong bagian dari suatu benda.
19.  "الرضخ" Radhkhu: Pemberian yang diambil dari harta ghanimah, di luar bagian saham yang telah ditentukan, Imam boleh memberikannya sesuai kadar yang dianggap layak menurut hak seorang prajurit, dilihat dari fungsionalitasnya dalam pertempuran.
20.  "العاشر"  Asyir adalah sebutan untuk pegawai pemerintahan yang khusus ditugaskan untuk menarik pajak 10 persen
21.  "الحكومة" Hukum hukumah dalam bab pidana melukai maksudnya adalah bila seorang terpidana berlagak seperti seorang sahaya yang tidak terkena hokum jinayat. Kemudian dia berlaku seakan hukum jinayat yang ditanggungnya telah terlepas, maka tanggungan jinayat itu dinilai sebagai kekurangan sesuai diyat yang harus dibayarkan; misalnya jika seorang budak tanpa cela dihargai 10, maka harganya ketika dia memikul tanggungan jinayat adalah 9, karena ada pengurangan da sepersepuluh diyatnya.
22.  "المثلث" Mutsallats aalah istilah untuk jus / sari buah anggur yang telah direbus hingga menguap 2/3 bagiannya, maka tersisalah 1/3 dan itulah yang disebut mutsallats.
23.   "الكر" Kurr adalah satuan takaran yang digunakan oleh penduduk Iraq, kuantitasnya sebanyak 40 Irdab (1 Irdab = 1,980 hl)
24.  "المهايأة" Muhaya’ah, persetujuan untuk saling berbagi keuntungan dengan cara bergilir
25.  "الويبة" Waibah, satuan takar yang setara dengan 18,93 lt menurut mazhab Hanafi, sedang menurut mazhab lain setara 15,125 lt
26.  "الوقص" Waqsh adalah jumlah harta yang berada diantara dua ketentuan nishab zakat; misalnya, Setiap kepemilikan 5 ekor unta, zakatnya adalah seekor kambing. Sedang untuk kepemilikan 10 ekor unta, zakatnya adalah dua ekor kambing. Maka jika unta yang dimiliki lebih dari lima tapi masih dibawah sepuluh itulah yang disebut waqsh.
27.  "المكوك" Makkuk jama’nya aalah Makakik, ukuran takar yang jumlahnya 1,5 sho’. Menurut mazhab hanafi takaran itu setara dengan 4,89 lt, dan menurut mazhab lainnya setara 4,125 lt.
28.  "شعرة البغل" (sejung bulu keledai) ukurannya 0,054 cm
29.  "القدم" Kaki, satuan jarak yang panjangnya 30,8 cm
30.  "البريد" Barid = 4 farsakh (12mil) sekitar 22,176 km
31.  "المرحلة" Marhalah = 2 Barid sekitar 44,325km
32.  "القفيز" Qafiz, kumpualan Aqfizah, bentuk plural dari Qafzan. Satuan takar kuno yang digunakan pada jaman dahulu, ukurannya berbeda-beda menurut daerah penggunanya.
33.  "القطمير" satuan ukuran mini, setara dengan 1/20736 dari sebuah bulir biji-bijian, bobotnya adalah 0,000029 gr
34.  "الفلس" Falas, bentuk plural dari kataa Fulus/aflas, sebentuk koin logam berbahan selain emas atau perak, nilainya sekitar seperenam dirham
35.  "الفلز" Filizz sebutan untuk setiap logam hasil tambang, emas, perak dan lain-lain
36.  "الغطارفة" Ghitharafah salah satu bentuk koin paling berharga di daerah Bukhara, namanya diambil dari kata Ghithrif, nama seorang bangsawan Khurasan di masa pemerintahan raja Harun Al-Rashid 
37.  "الغرة" Ghurroh (lingkaran warna putih di wajah) istilah ini digunakan oleh ahli fiqh untuk menyebut diyat janin yang digugurkan; diyatnya senilai harga seorang budak laki-laki atau perempuan atau sebesar seperdua puluh (5%) dari diyat pembunuhan orang dewasa yang senilai 4,25 kg emas (=212,5 gr)
38.  "الزق" Ziqq, gerabah atau kantung berbahan kulit binatang yang digunakan sebagai wadah benda-benda cair
39.  "الفرق" Faraq takaran yang setara 3 sho’ = 10,086 lt / 9784,5 gr menurut mazhab hanafi. Menurut mazhab lain, sebesar 8,244 lt / 6516 gr
40.  "الوقر" Wiqr muatan yang bisa diangkut seekor baghl / keledai, sedang Waqr adalah sumbatan dalam telinga
41.  "العذق" ‘Adzq, sebatang pohon korma sekaligus hasil buah sepenuh tandannya.
42.  "الحفنة" caukan sepenuh telapak tangan
43.  "المساتق" Masatiq, bentuk plural dari mustaq dan mustaqah, selembar jubah berlengan panjang, bahasa serapan yang dalam bahasa persia disebut yustin
44.  "الكِف" Kiff : piring dalam alat timbangan
45.  "الركب" Rokb, Istilah khusus untuk kelompok penunggang onta (bukan hewan lainnya) dalam sebuah perjalanan panjang. Jumlah mereka tidak kurang dari 10 orang. Sedang ‘Rukban’ adalah istilah untuk kumpulan beberapa kelompok itu. Kata ‘Rikab’ adalah sebutan untuk onta yang layak ditunggangi, bentuk singularnya adalah ‘Rahilah’ yang tidak mempunyai bentuk mufrad mudzakkar. Kata ‘Rukkab’ adalah bentuk plural dari kata ‘Rakib’ yang artinya seorang penunggang onta. Sedang ‘Rakub’ dan ‘Rakubah’ adalah istilah untuk segala macam hewan tunggangan.
Ibnu Sikkit berkata, “ jika ada untkapan “Seorang Rakibmelintas” itu artinya yang lewat adalah seorang penunggang onta. Adapun jika dia menunggang kuda atau keledai, maka kalimat untuk mengungkapkannya adalah “seorang Faris meintas menunggang keledai” ‘Ammarah berkata, “penunggang keledai tidak disebut dengan Faris, tapi Hammar.”
46.  "الرهط" Rahth sekelompok lelaki yang jumlahnya kurang dari 10 orang, tanpa ditemani seorang wanita pun. Bentuk pluralnya ada beberapa yaitu, Urhuth, Arhath dan Arahith.
47.  "القصعة" Qash’ah senampan makanan yang cukup mengenyangkan 10 orang
48.  "الصحفة" Senampan besar makanan yang cukup mengenyangkan sejumlah orang
49.  "الربعة" Rab’ah  = rumah tinggal
50.  "المحفلة" Muhaffalah adalah sebutan untuk ternak baik kambing, lembu ataupun onta yang sengaja tidak diperah susunya oleh si empunya selama beberapa hari, sehingga putingnya menjadi penuh dan padat. Sehingga jika dilihat oleh calon pembeli, hewan itu akan dikira  menghasilkan susu yang melimpah, sehingga harganya bisa dinaikkan sedikit.setelah dibeli barulah diketahui bahwa hasil susunya kurang memuaskan. Disebut muhaffalah (tertahan) karena air susunya sengaja ditahan/dikumpulkan dalam teteknya. Itulah yang dimaksud dengan melakukan ‘tashriyah’ yang dilarang dalam hadits shahih.
51.  "البضع" Bidh’ atau Badh’ istilah untuk bilangan atau jumlah antara 3 sampai 9. Anda boleh mengatakan bidh’u sinin (sekian tahun), bidh’u  ‘asyara rajulan(belasan pria) atau bidh’u asyrata imra’atan (belasan wanita). Namun bilangan ini tidak digunakan dalam jumlah di atas belasan, tidak ada ungkapan bidh’un wa ‘isyruna nafsan (dua puluh sekian orang)
52.  "العصبة" ‘Ushbah, istilah untuk sekelompok lelaki yang jumlahnya antara 10 sampai 40 orang. Kata “’Ishabah”artinya sekumpulan orang, segerombolan kuda atau sekawanan burung. Sedang kata “Yaumun ‘Ashib” atau ‘Ashabshab artinya hari yang keras atau dahsyat. Bisa diungkapkan dengan kata “I’shaushabal yaumu
53.  "النيف" Nayyif artinya tambahan. Digunakan juga dalam ungkapan “Nayyafa fulan ‘ala sab’iin” artinya Orang itu usianya sudah lebih dari 70 tahun. Juga dalam ungkapan “Anafat ad drahim ‘ala al mi’ah” maksudnya uang itu jumlahnya lebih dari seratus. Nayyif adalah sebutan untuk bilangan antara 1 sampai 3 sebagai lebihan dari jumlah yang dibicarakan.
54.  "الدسكرة" Daskarah adalah sebutan untuk bangunan mirip istana milik raja-raja, bangunan itu dikelilingi oleh rumah-rumah lain.
55.  "الجري" Jariyy : Wakil, utusan, pesuruh, orang jaminan atau orang upahan, bentuk pluralnya adalah Ajriya’
56.  "الدورق" Dauraq, satuan takar untuk minuman.
57.  "الجريدة" Jaridah : Pelepah / dahan pohon kurma
58.  "الجزور" Jazur adalah sebutan untuk sembelihan khusus dari jenis onta, asal katanya adalah Jazr, artinya memotong, merupakan akar kata dari sebutan jazirah (pulau), karena permukaannya yang terputus dari dataran lain. Ibnul Atsir berkata, “Jazur adalah nama lain untuk onta, baik jantan atau betina. Hanya saja lafal ini masuk dalam kategori mu’annats, maka anda katakan “Hadzihi al Jazur” meskipun yang anda maksud adalah onta jantan.” Bentuk pluralnya adalah juzur dan jaza’ir
59.  "الجزرة" Kambing pedaging yang sengaja dipelihara untuk disembelih. Jika dikatakan ‘Ajzarahu syatan’ maksudnya kambing itu diberikan memang untuk disembelih, lalu dikonsumsi. Sebutan ini khusus untuk kambing (bukan hewan lain), Dalam kitab Mujmal al Lughah disebutkan, “Para ulama’ mengatakan, hal itu dikarenakan bahwa kambing memang dipelihara hanya sebagai hewan sembelihan saja, berbeda dengan Onta, kuda, atau sapi yang mungkin digunakan untuk keperluan lain.” Dalam sebuah hadits disebutkan, “Seseorang mengirim sebuah pasukan, lalu mereka melewati seorang arab badui yang memiliki segerombolan kambing. Maka mereka berkata kepadanya, “Ajzirna” maksudnya berilah kami kambing yang layak untuk dipotong.
60.  "الناضح" Nadlih adalah sebutan untuk lembu yang digunakan dalam pengairan ladang
61.  "بنت لبون" Bintu Labun istilah untuk onta yang usianya 2 tahun, dan pada tahun ketiga  induknya mulai dikawinkan, sehingga dia bisa bunting lagi dan biasa disebut Labunmaka anaknya disebut anaknya Labun
62.  "بنت مخاض" Bintu Makhadh
63.  "الحقة"
64.  "جذعة"
65.  "التبيع"
66.  "المسنة"
67.  "الثانية"
68.   
69.  "الحفنة"
70.  "الخَلِفات"
71.  "القطار"
72.  "النفل"




RUMUS-RUMUS DARI SEBAGIAN KITAB USHUL POPULAR
1.      Kitab ( غاية الوصول شرح لب الأصول ), karangan Syaikhul Islam Abi Yahya Zakaria Al-Anshori As-Syafi’i wafat pada tahun 926 H.

2.      Kitab ( الضياء اللامع شرح جمع الجوامع ) Karangan Syeikh  Hululu Ahmad bin ‘Abdurrahman Al-Qarwi, wafat pada tahun 898 H.

·         Dalam kitab ini apabila dikatakan, ( قال الشارح ) maka yang dimaksud disini adalah Badruddin  Az-Zarkasy yang wafat pada tahun 794 H. Beliau adalah pengarang kitab yang berjudul (  تشنيف المسامع بجمع الجوامع )
·         Apabila disebutkan nama ( ابن راشد  ), maka yang dimaksud disini adalah Ibnu Rasyid Al-Jad Pengarang kitab “ Al-Muqaddimat”.

3.      Kitab ( مناهج العقول ), karya Syaikh Muhammad bin al- Hasan  al-Badkhosy, wafat pada tahun 922 H.

·         Apabila disebut Lafadhz ( القاضي ) maka yang dimaksud disini adalah Abu Bakr Al-Baqilani, wafat pada tahun 402 H.
·         Apabila di dapati lafadhz ( الأستاذ ) maka yang dimaksud adalah إسحاق الإسفراني , beliau wafat pada tahun 418 H.
·         Apabila di dapati Lafadhz )  البصري ) maka yang dimaksud adalah Abul Hasan Al-Bashri, wafat pada tahun 473 H.
·         Apabila ada Lafadhz )  الجبائي ), maka yang dimaksud adalah Abu ‘Ali Al-Jaba’I, wafat pada tahun 303 H.
·         Apabila disebutkan ( الجبائيان ) maka yang dimaksud disini adalah ابا علي الجبا ئي, dan anaknya yang bernama Aba Hisyam, wafat pada tahun 321 H.
·         Maksud dari ) المدقق ) adalah Ibnu Al-Hajib Al-Maliki, wafat pada tahun 646 H.
·         Yang dimaksud dari ( المحقق ) adalah عضد الدين
·         Adapun ) العلامة ) maksudnya adalah قطب الملة والدين الشيرازي
·         Yang dimaksud ( الفاضل ) adalah سعد الملة والدين التفتازاني.


4.      Kitab ( الأيات البينات ), karya Ibnu Qasim Al-‘Ibadi, wafat pada tahun 994 H.

·         Apabila penulis menyebutkan lafadhz ( المحشي )maka yang ia maksud disini adalah Syaikhul Islam Al-Kamal bin Abi Syarif
·         Apabila disebutkan lafadhz ( با لمحشيين ) maka yang dimaksud adalah Syaikhul Islam Al-Kamal bin Abi Syarif dan Syaikhul Islam Zakaria Al-Anshori.
·         Apabila penulis mengatakan ( شيخ الإسلام ) maksudnya adalah Syaikhul Islam Abu Zakaria Al-Anshori.
·         Apabila penulis mengatakan ( شيخنا العلامة ) maka yang ia maksud adalah ناصر الملة والدين إبراهيم اللقاني المصري ( pengarang kitab “ البدور اللوامع مع خدور جمع الجوامع(
·         Adapun maksud dari ( شيخنا الشريف  ) adalah قطب الملة والدين عيسي الصفوي الأيجي


5.      Kitab ( نشر البنود علي مراقي السعود ), karya Syaikh‘Abdullah al-‘Ulwi As-Syinqithi.
·         Apabila disebutkan lafadhz ( المحشي ) maka yang dimaksud disini adalah Al-Kamal bin Abi Syarif As-Syafi’i.
·         Apabila Penulis mengatakan ( زكريا ) maka yang dimaksud disini adalah Syaikhul Islam Abu Zakaria Al-Anshori.
·         Apabila diungkapkan ( المحشيين ) maka yang dimaksud adalah Kamaluddin bin Abi Syarif dan Syaikh Zakaria Al-Anshori.
·         Apabila terdapat lafadhz ( اللقاني ) maka yang dimaksud adalah ناصر الملة والدين إبراهيم اللقاني المالكي
·         Apabila disebutkan ( حلولو ) maka yang dimaksud dengannya adalah Abu Al-‘Abbas Ahmad bin ‘Abdurrahman Al-Qarwi Al-Maliki.
·         Yang dimaksud dari kata ) القاضي ) adalah Aba Bakr Al-Baqilani.
·         Adapun jika ( الرازي ) maka yang dimaksud adalah Fakhruddin Ar-razi.


6.      Kitab ( غاية السول إلي علم الأصول ), karya Yusuf bin Hasan ‘Abdul Hadi al-Hanbali ad-Dimasyqi as-Syuhair bi Ibni al-Mubrad, wafat pada tahun 909 H.
·         Apabila disebutkan ( اصبحنا  ) maksudnya adalah Al-Hanabilah
·         Apabila disebutkan ( عامة أصبحنا أو أكثر أصحابنا ) maksudnya adalah Jumhur.
·         Apabila disebutkan ) عامة العلماء ) yaitu mayoritas Ahlul ‘Ilmi dari Hanabilah dan selainnya.


7.      Kitab ( السراج الواهب في شرح المنهج ) Karya Al-‘Allamah Fakhruddin Ahmad bin Hasan Al-Jaribradi, wafat pada tahun 736 H.

·         ) المط ) adalah singkatan dari المطلوب
·         ) المق ) adalah singkatan dari المقصود
·         ) ح ) yakni حينئذ
·         ) رض ) adalah singkatan dari رضي الله عنه
·         ) صلعم ) yakni singkatan dari صل الله عليه و سلم
·         ) تع ) singkatan dari تعلي

8.      Kitab ( منع الموانع عن جمع الجوامع ), karya Syaikh Tajuddin ‘Abdul Wahhab bin ‘Ali bin ‘Abdil Kaafi as-Sabaki, wafat pada tahun 771 H.

·         Apabila ia berkata ) قال الشيخ الإمام كذا ) maka yang dimaksud dengannya adalah Bapaknya رحمه الله Taqiyuddin ‘Ali bin ‘Abdul Kafi As-Sabaki, wafat pada tahun 756 H.
·         Apabila Ia berkata ( شيخنا ) maka maksudnya adalah Abul Hasan Al-Asy’ari rahimahullah.
·         Apabila Ia berkata ( قال علماؤنا- او الصبحنا ) maka yang dimaksud dengan mereka disini adalah Asy-Syafi’iah.
·         Apabila Ia berkata ( قال أئمتنا- أو مشايخنا ) maka mereka ini adalah Al-Asy’ariah.
·         Apabila Ia berkata ( الحكماء ) maka yang dimaksud adalah ahli filsafat.
·         Apabila Ia berkata ( الفقهاء ) maka yang dimaksud disini adalah para ahli fiqh dari kalangan Syafi’iah.
·         Apabila Ia berkata ( شرح المختصر ) maka yang dimaksud disini adalah kitabnya yang berjudul ( رفع الحاجب).
·         Apabila Ia berkata ( المختصر ) maka yang dimaksud disini adalah kitabnya yang berjudul (( جمع المجوامع)).
·         Apabila Ia berkata ( شرح المناهج ) maka yang dimaksud adalah kitabnya yang berjudul (( الإبهاج )).
·         Apabila disebutkan ( شرح المنهاج للوالد ) maka yang dimaksud dengannya adalah kitab (( الإبتهاج شرح المنهاج في الفقه )) karya Imam An-Nawawi rahimahullah.[1]

9.      Kitab ( جامع الأسرار في شرح المنار للنسفي ), karya Syaikh Muhammad bin Muhammad bin Ahmad al-Kaaki, wafat pada tahun 749 H.
·         Apabila disebutkan lafadz (  القاضي) maka yang dimaksud adalah Abu Zaid Ad-Dabusi.
·         Apabila disebutkan ) الشيخ ) maka yang dimaksud adalah Ustadznya yakni ابو البركات حافظ الدين النسفي , beliau adalah pemilik kitab المنار.
·         Apabila disebutkan ( المبسوط ) maka maksudnya adalah مبسوط السرخسي.
·         Jika menggunakan kalimat )العامة  (maka maksudnya adalah Al-Jumhur.
·         Kalaulah disebut ( المذهب ) maka yang dimaksud disini adalah Al-Madzhab Al-Hanafi.
·         Apabila terdapat kalimat ( راح ) maka ini adalah sebagai pengganti kata رحمه الله .


10.  Kitab ( الكافي شرح البردي ), Karya Imam Hisamuddin Husain bin ‘Ali as-Sughnaqi, wafat pada tahun 714 H.

·         Apabila disebutkan ) المبسوط ) maka yang ia maksud disini adalah مبسوط السرخسي.
·         Apabila Ia berkata ) مبسوط شيخ الإسلام ) maka yang dimaksud adalah مبسوط شيخ الإسلام علي بن محمد الإسبيجاني , beliau wafat pada tahun 454 H.
·         Apabila terdapat kalimat ( عندنا ) maksud yang ia inginkan adalah ‘Ulama Al-Hanafiah.
·         Apabila digunkan kalimat ) عامة العلماء ) maksudnya adalah Al-Jumhur.
·         Apabila penulis mengatakan dalam kitabnya ( قال محمد في الكتاب ) maka yang dimaksud kitab disini adalah الجامع الصغير.



[1] . )  القسم الفارسي لكتاب- منع الموانع- للدكتور- سعيد الحميري )

COMMENTS

Iklan Konten$show=post

loading...

Artikel Terbaru$type=three$author=hide$comment=hide$rm=hide$show=post$cate=2$count=9$pagination=5

Nama

'Umdatul Ahkam 25 november 4 nove 4 november aa gym aadc2 Abdul Chair Ramadhan abu bakar ashidiq aceh Adab ade armando ade komaruddin adik ahok administrasi adsense advertorial afrika aher ahmad baidhowi ahmad dhani ahmad zainuddin ahok ahok djarot ahok illuminati ahokers akhlak akmal sjafril aksi bela islam iii Al Hikmah al quran palsu al umm al washiliyah al-quran Alex Naddour alfian tanjung ali bin abi thalib ali jaber aliansi pemuda makassar aliran sesat allepo alwi shihab am fatwa amerika amien rais amir faishol fath amir hamzah an najah anis baswedan anis dan sandiaga anton medan anton tabah antv april Aqidah aqidah syiah arab saudi archandra ariana grande arief rahman arifin ilham arik banyadhu artikel ilmiah Artikel Ramadhan atmiwiloto australlia bab thoharoh bachtiar nasir backmasking badai pasir arab saudi balaraja band bandung bangka belitung bangkalan bangladesh banjar banjarmasjin bank banten banyuwangi barcelona bareskrim bashar asad bawaslu bbc beasiswa beasiswa iain antasari beasiswa kuwait beasiswa tahfidz beasiswa turki bedah buku syiah bekal dakwah bekam bekasi berita bid'ah bima arya bin bina qalam biografi bireun Bisnis Online bitung blog tutorial bmh bmh jatim bmh lumajang bnn bnpt bogor bom saudi bpi bpjs brebes britney spears brunei buddha budha bukit duri buku buku gratis Buletin bungkul buni yani burhan shodiq bus pendemo buya hamka buya yahya cadar cakung cangkul car free day cba Ceramah charlie hebdo china cholil nafis cholil ridwan cilacap cina colil ridhwan cut nyak din dahnil anzar darul hijrah dasrul Data Kesesatan Syi'ah dauroh ddi debat bahasa arab internasional mesir dede demo tolak ahok demonstrasi densus 88 depok detik didin hafidhuddin dimas kanjeng din syamsuddin dina y sulaeman djarot do'a donald frans donald trump Download dprd dr miftah el banjari dr tiar dr zakir naik Dr. Adian Husaini Dr. Ahmad Zain An-Najah dr. aidh al qarni dr. warsito dream dzan farid dzulhijjah emilia renita erdogan Esra Panese event facebook fadel muhammad fadl zon fahira idris fahri hamzah fakta fans celtic farid okbah fatih seferagic Featured felix siauw ferdinand hutahean ferihana filipina film Fiqih fiqih dakwah fiqih haji fiqih ihram fiqih jenazah fiqih jihad fiqih jual beli fiqih madzhab imam syaf'i fiqih nikah fiqih puasa fiqih qurban firanda andirja florida foto Foto-Foto kesesatan Syi'ah fpi freddy budiman gafatar gajah gallery gambar game online game pes garut gatot nurmantyo gaza gerhana matahari gerindra Gilbert Lumoindong globaltv golkar gontor google gp anshor gresik gubernur ntb guru gus manan gus sholah habib rizieq hacker Hadits hadyu hafidz quran haiti halal.ad ham hamdan zoelva hari pancasila Harits Abu Ulya hartoyo harvard hary tanoesoedibjo headline hidayat nur wahid hidayatullah hikmah hmi hollywood hukum seputar ta'ziyah husain syahid husni thamrin hut ri 71 ibadah ibnu khaldun ibu saeni ical idc ihw ikhsan modjo iklan ilc 8 november illuminati Ilmu Faroidh ilyas karim imam masjid al aqsa imamah imunisasi india indonesia indramayu inews info kajian inggris insan mokoginta inspiratif intermezo internasional ipb ipw irak iran irena handono irlandia Islamophobia islandia israel istanbul istiqlal istri ahok istri gus dur jabar jack ma jakarta jakut jamaah tabligh janet jackson jas jatim jawa barat jawa timur Jayawijaya Jeffry Winters jember jepang jerman jihad jihad internasional jil jilbab jk jokowi jokowi dan ahok jonru jpnn Kabar Muslim Burma 2012 kalbar kalimantan kammi kampung rambutan kanada Kapolda kapolri kapry nanda karawang kashmir kasih keluarga Kemendag kenan nabil kereta cepat kesehatan KH Ali Mustafa Ya'qub KH Hasyim Muzadi kh. abdur rasyid khairul anwar Khutbah jum'at Kiamat king abdul aziz king saudi university kiriman pembaca kisah kisah hikmah kisah para nabi kivlan zen kiwil knrp koko kolombia komnas ham komnas perempuan kompas kompastv komunis koneksi kopi jessica korea utara kotamabagu kpai kpk kpu kristen kristenisasi kristologi ktp kuba kuburan kuliner kurma iran kutab al fatih kyai nur labuhbatu Lain-lain lalu heru rojak lampung Laurence Rossignol lbh paham lenteng agung lgbt liberal Liberalisme Lieus sungkharisma lipia lira lomba lomba tahfidz lombok london luar batang lucky hakim Lucu luhut lukman hakim luthfi bashori ma'ruf amin mabuk madina madrasah madura magelang mahfud md Makalah Menarik Makalah Thoharoh makassar make money blog malang malaysia maluku manado mark zuckberg maroko marwah daud marzukie alie masjid nabawi mataram medan media mainstream megawati menag menakjubkan mendagri mengerikan menhan merdeka mesir metrotv minahasa miras mizanul muslim mnctv mpr ms kaban muallaf muda mudi mudik 2016 muhammad ali muhammad taufik muhammadiyah muharram muhasabah mui mukidi mukjizat mulyono munarman musa musik muslim uyghur muslimah Musthalahaat al-fuqaha’ wal ushuliyin Mustholahul Hadits Mustolahat Fil fiqh myanmar nabil narkoba nasi uduk babi nasyiatul aisyiyah natal new york nigeria niken taradina ntb nu nur tajib nusairiyah nusantara nushairiyah nushron wahid oemar mita oezil olahraga omran opini ozil padang Paham Sesat pajak pakistan palestina palu pamekasan pan Panduan Ibadah Qurban pangeran harry pangi syarwi chaniago papua paris pasar ikan patani pbnu pdip pekerja asing Pemerintah Indonesia pendeta cabul pendeta vatikan pendidikan penemu muslim pengungsi suriah penjaringan penyerangan polisi tangerang perda islam pers persis pesantren petisi pilkada dki jakarta pki pks Pluralisme pokemon polisi politik ponorogo pontianak poso pp muhammadiyah ppp prabowo prancis probolinggo Prof DR Abdul Hadi profil proxy war psq puisi punk purbalingga purworejo pushami pwnu qishash quraish shihab rachmawati rawajati rcti reklamasi retorika dakwah revenuehits Rezim Penguasa riau ridwan kamil rifkoh abriani rio haryanto risma Riyadh Badr Bajrey rizal ramli robithoh alam islami rohingya rokok ronaldo rudal jokowi ruhut rumah tangga rusia Sahabat sahabat nabi said aqil sains salafy indonesia salib mampang salibis salim a. fillah samarinda sambudi sampang sandiago uno santoso santri sayidiman suryohadiprojo sby sd cilegon Sejarah sekjen pbb sekte dan aliran Sekularisme selandia sepak bola Shahnaz Laghari shalawat badar shalawat nabi shared2earn sidoarjo simposium anti pki siroh siyono skotlandia Slank sma soekarno solo spanyol spbu sragen stand up comedy stevanus stiba makassar subang sudan sukabumi sukmawati sulawesi sulteng sumbar sumedang sumsel sumut surabaya suriah surya prabowo susanto swedia syafii maarif syaikh sudais Syarh 'Umdatul Ahkam Syarh Matan Thawiyah syariat islam syarifah salsabila Syiah syiah mencela nabi muhammad syiah mencela sahabat syiah menghina muawiyah syiah mengkafirkan aisyah syiah mengkafirkan asyariyah syiah mengkafirkan sahabat syiah suriah syiah takfiri syirik syubhat pengagung kubur Syubhat Sejarah Rosululloh SAW Tabi'in Tabi'ut Tabi'in Tafsir tafsir al maidah tahukah? takbir keliling tangerang tanjungbalai tawasul Tax Amnesty Tazkiyyatunnafs tebet tebingtinggi teknologi tema ceramah tema dakwah teman ahok tempelate blog tempo tengger Tengku Erry Nuradi terbaru tere liye Terjemahan kitab Musthalahaat al-fuqaha’ wal ushuliyin terompet dari sampul al quran teroris teroris separatis terorisme terorisme medan teuku nasrullah teungku zulkarnain thailand thibun nabawi timor leste tionghoa tiongkok Tips tki tni tni au keroyok jamaah masjid trans7 Tsaqofah tuban tulisan turki tutorial tvone tvri uea ui uighur uika bogor uim uin ulil ullcok Ulumul Quran umroh gratis unas unesco Unik universitas islam madinah universitas paramadina unj Ushulul Fiqh ust. budi ashari ust. zaitun rasmin ust. zulkifli vaksin palsu valentine day van dame video vietnam wacana wahdah islamiyah walisongo wasilah wawasan wtc yahudi yaman yogya yogyakarta yordania yusril yusuf al qardawi yusuf mansur yuyuk andriati zaid royani zakat zulkifli hasan
false
ltr
item
Jurnalmuslim.com: 26. MAZHAB DZAHIRI
26. MAZHAB DZAHIRI
Jurnalmuslim.com
http://www.jurnalmuslim.com/2012/11/26-mazhab-dzahiri.html
http://www.jurnalmuslim.com/
http://www.jurnalmuslim.com/
http://www.jurnalmuslim.com/2012/11/26-mazhab-dzahiri.html
true
3812561232547159440
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy