23. RIWAYAT YANG BERBEDA DARI IMAM AHMAD DALAM SATU MASALAH DIKARENAKAN BEBERAPA SEBAB

RIWAYAT YANG BERBEDA DARI IMAM AHMAD DALAM SATU MASALAH   DIKARENAKAN BEBERAPA SEBAB 1.       Dalam sebuah permasalahan terkadang Imam Ahma...


RIWAYAT YANG BERBEDA DARI IMAM AHMAD DALAM SATU MASALAH  DIKARENAKAN BEBERAPA SEBAB
1.      Dalam sebuah permasalahan terkadang Imam Ahmad mendapati dua pendapat sahabat dan beliau tidak mendapatkan yang paling rajah sehingga Imam Ahmad menyebutkan dua pendapt tersebut
2.      Banyaknya permintaan fatwa sehingga Imam Ahmad berfatwa dalam sebuah permasalahan, kemudian ada pendapat yang lebih benar, lalu rujuk kepada pendapat tersebut dan penukil pertama tidak tahu rujuknya Imam Ahmad
3.      Pengikiut Imam Ahmad mengambil fikih dari dari perkataan, perbuatan, jawaban-jawaban, dan riwayat-riwayat beliau. Lalu mereka berusaha memahami maksud imam Ahmad dengan pemahaman yan g berbeda-beda sehingga hasilnya berbeda-beda pula. Kemudian banyak riwayat dan perkataan yang dinisbatkan kepada Imam Ahmad
4.      Terkadang dalam berfatwa Imam Ahmad terpaksa menggunkan ra’yu dan terkadang ada dua sisi yang saling bertentangan dalam pandangannya atau beliau menyebutkan dua kemungkinan dalam permasalahan tersebut. Kemudian para pengikutnya menisbatkan dua pendapat tersebut kepada imam Ahmad
5.      Kadang-kadang Imam Ahmad berfatwa dalam beberapa kejadian berlandaskan atsar, kemudian ada masalah lain yang mirip berdasarkan indikasi keadaannya  namun  ada beberapa kerancuan yang menyebabkan fatwa bertentangan dengan yang pertama. Kemudian para perowi meriwayatkan dari beliau dengan asumsi ada ta’arud diantara keduanya dengan tanpa melihat kerancuan pada kejadian tersebut padahal sebenarnya tidka terjadi pertentangan diantar dua riwayat tersebut
Istilah-Istilah Yang digunakan Imam Amad
Istilah-istilah yang digunakan Imam Ahmad terkadang sharih ,tidak mengandung  kemungkinan lain, atau dhahir dengan ada kemungkinan yang lain atau memang mengandung dua kemungkinan atau lebih
1.      Wajib :
a)      Jika Imam Ahmad berkata : penanya melakukan perbuatan ini sebagai kehati-hatian maka itu adalah wajib. Tapi ada yang mengatakan mandub
b)      Atau Imam Ahmad mengatakan (يعجبني )
2.      Mandub
a)      Perkataan Imam Ahmad (أحب كذا ) , (يعجبني ) ,(أعجب إلي ),(هذا حسن ) ,(أحسن ), (أستحسن ), (أستحب كذا ), (أختار كذا ) adalah istilah mustahab menurut mayoritas penganut madhab Imam Ahmad dan ini pendapat yang benar.
b)      Ada yang mengatakan itu adalah istlah untuk wajib
3.      Haram
a)      Perkataan Imam Ahmad ( هذا حرام )kemudian mengatakan : (أكرهه  ) atau ( لايعحبني ) maka itu menunjukkan keharaman. Tapi ada yang mengatakan Makruh.
b)      Kata ( أكره كذا ), ( لايعجبني ), ( لاأحبه ), ( لا أستحسنه ), ( يفعل السائل كذا احتياطا )  menunjukkan Keharaman, tapi ada yang mengatakan adalah ungkapan untuk tanzih. Akan tetapi yang benar menurut Hammad adalah melihat pada indikasi-indikasinya, jika itu menunjukkan haram maka haram dsb.
c)      Kata ( أخشى), ( أخاف أن يكون ) atau ( لايكون ) secara dharhir menunjukkan larangan sebagaimana dikatkana oleh Mardawi. Namun adapula yang mengatkan waqf
4.      Mubah
a)      Kata ( لا بأس بكذا  ) dan ( أرجو أن لابأس به ) dan ( لانرى به بأسا  ) menunnjukkan ibahah.
5.      Istilah yang menunjukkan kesamaan hukum pada sebagian dan menunjukkan perbedaan pada sebagian yang lain
Jika Imam Ahmad ditanya tentang suatu masalah kemudian menjawabnya, lalu ditanya masalah yang lain kemudian menjawab dengan : ( أهون )  atau ( أشد ) atau ( أشبع ) maka jawaban tersebut menunjukkan kesamaan menurut sebagian ahli fikih
Ibnu Hamid berkata : Kata ( أهون ) boleh diartikan peniadaan haram, dan jatuhnya adalah makruh, datau peniadaan wajib maksudnya mandub. Namun yang benar adalah dilihat indikasi-indikasi pada setiap masalah tersebut, kebiasaan Imam Ahmad  dalam ungkapan tersebut , berhusnudhan kepada beliau, dan meletakkannya pada sesuatu yang lebih benar.
6.      Istilah yang menunjukkan persetujuan  bahwa hal tersebut adalah madzhabnya
Jika Imam Ahmad ditanya tentang sebuah masalah kemudian beliau menjawab : ( أجبن عنه ) maka ini menunjukkan bahwa beliau setuju dengan madzhab tersebut atau perkataan beliau ( إني لأبفزعه ), ( لأتهيبه ), ( لا أجترئ عليه ), ( لأتوقاه ) , ( من الناس من يتوقاه) atau ( إني لأستوحش منه )

Faidah
1.      Apabila Imam Ahmad ditanya tentang sebuah masalah kemudian ada ulama’ lain berfatwa yang tidak beliau ridhoi, maka belia mengatakan (زعم  ) atau (زعموا  ) yang menunjukkan bahwa madhabnya tidak sesuai dengan pendapat tersebut
2.      Apabila beliau berfatwa dalam sebuah hokum kemudian disanggah lalu beliau diam,itu tidak  menunjukkan persetujuan terhadap pendapat tersebut , namun adalah sebuah tadabbur atau tidak suka membicarakan karena subhat ,fitnah atau  sebagai bentuk  kehati-hatian. Dan terkadang itu adalah tarajjuk beliau
3.      Jika belaiu menashkan sebuah hokum atau mengungjkapkan sebuah illat, lalu illat tersebut didapati dalam masalah lain maka madhabnya dalam masalah tersebut sama dengan sebelumnya
4.      Apabila beliau dintanya sekali, kemudian menjawab dengan ikhtilah para ulama’, kemudian beliau ditanya lagi dan beliau tawaqquf, lalu beliau ditanya yang ketiga beliau mejawabnya, maka fatwa tersebut adalah madhab beliau
5.      Jika Imam Ahmad menjawab dengan Jawaban : ( قال فلان كذا  ) sebagian berpendapat bahwa itu menunjukkan madzhab beliau namun sebagian yang lain mengatakan bukan
6.      Jika Imam Ahmad menentukan hukum dalam sebuah masalah, kemudia beliau mengatakan (ولو قال قائل، أو ذهب ذاهب إلى كذا  ) maka itu bukanlah madzhabnya
7.      Jika ada ada dua riwayat dari Imam Ahmad dan tidak ada penjelasan mana yang paling rajah, maka jika memungkinkan untuk dijama’ maka di jama’ dan jika tidak perkataan beliau yang terakhir adalah madhabnya atau jika tidak bias maka pendapat yang pling dekat dengan alqu’an dan sunnah adalah madhzhab nya
8.      Jika salah satu dari dua pendapat beliau sama dengan madzhab yang lain, maka yang sama tersebut adalah madzhanya
9.      Apabila ada hadits atau atsar atau beliau mensahihkan, menghasanka, ridah dengan sanad tersebut dan memasukkkan dalam kitabnya, kemudian beliau tidak membantahnya maka itu adalh madzhab beliau
10.  Jika dalam satu masalah ada dua pendapat kemudian beliau menkritiksalah satu dan menganggap bagus yang satunya maka apa yang beliau anggap bagus itu adalah madzhabnya
11.  Jika Imam Ahmad mengulangi pendapat tersebut atau mencabang-cabangkannya, maka itu adalah madzhab beliau. Akan tetapi Mardawaih mengatakan bahwa pendapat tersebut adalah madzhab Imam Ahmad jika beliau mentarjihnya dan menfatwakan pendapat tersebut
12.  Jika dalam sebuah masalah ada dua riwayat.Riwayat yang pertama adalah sabda Nabi Muhammad yang bersifat umum dan yang kedua adalah perkataan sahabat yang  bersifat khusus. Maka menurut mardawi, madzhab Imam Ahmad adalah sabda Nabi Muhammad saw. Sedangkan yang lain mengatakan Bahwa madzhab beliau adalah perkataan sahabat yang menghususkan sabda Nabi Muhammad
Istilah para fuqaha’
1.      Al Mutaqaddimin
Adalah para fuqaha’ yang semasa Imam Ahmad sampai Abu Ya’la Muhammad bin Husain bin Farra’ (458H)
2.      Al Muatawassitun
Dari Abu Ya’la sam Ibnu Muflih al Hafid Burhanuddin Ibrahim bin Muhammad (884H) pengarang kitab “Al Mabda’ Syarhul Muqni’”
3.      Al Muta’akhirun
Dari Ala’uddin Ali bin Sulaiman Al Mardawi (885H) sampai Syaikh Muhammad bin Abdillah Al Amiri (1295H)
4.      Kata “Aljama’ah” dalam madzhab Hambali adalah
1.      Ahmad bin Humaid Abu Talib Al Misykani (244H)
2.      Salih bin Imam Ahmad ( 266H)
3.      Hambal bin Ishaq bin Hambal bin Hilal as Syaibani Abu Ali sepupu Imam Ahmad (273H)
4.      Abdul Malik bin Abdul Humaid al Maimuni (274H)
5.      Harb bin Ismail bin Khalaf al Karmani(280H)
6.      Ibrahim bin Ishaq bin Basyir al Bagdadi al Huryi (285H)
7.      Abdullah bin Imam Ahmad (290H)
5.      Kata (عنه ) maksudnya dari Imam Ahmad
6.      Kata ( نصا ) dinisbatkan kepada Imam Ahmad
7.      Kata ( المذهب كذا ) terkadang dari Imam Ahmad, atau isyaratnya, atau takhrij dari para pengikutnya dan istimbat mereka terhadap perkataan Imam Ahmad atau ta’lilnya
8.      Kata ( على الأصح ) , ( الصحيح ) , ( الظاهر ), ( الأظهر ), ( المشهور ), ( الأشهر ), ( الأقوى ), dan ( الأفيس ) terkadang dari Imam Ahmad atau dari sebagain sahabatnya.
9.      Kata ( قيل ) terkadang adalah periwayatan dengan sebuah isyarat, atau wajh ( pendapat teman-teman Imam ahmad) atau merupakan tahrij atau ihtimal
10.  Kata ( الرواية ) terkadang adalah nash, atau isyarat, atau takhrij dari penganut Madzhab Hambali
11.  Kalimat ( هذه المسألة رواية واحدة ) maksudnya adalah nashnya Imam Ahmad
12.  Kalimat ( فيها روايتان ) salah satunya dengan nash, dan salah satunya dengan isyarat takhrij nash yang lain atau nash yang tidak diketahui penentangnya
13.  Kalima ( فيها وجهان ) maksudnya adalah tidak ada nash pada dua pendapat tersebut
14.  Kata ( القولان ) terkadang keduanya adalah nash dari Imam Ahmad.

Mereka membagi Fatwa dan Pendapat dalam madzhab Imam Ahmad menjadi tiga
Ar Riwayat
Yaitu perkataan yang dinisbatkan kepada Imam Ahmad perkataan tersebut disepakati atau diperselisihkan selagi masih dinisbatkan kepada Imam Ahmad
At Tanbihat
Adalah perkataan yang disandarkan kepada Imam Ahmad dengan ungkapan yang jelas atau implisitnya adalah perkataan beliau
Al Aujah
Perkataan pengikut Imam Ahmad yang merupakan hasil istimbat dari kaidah-kaidah yang diletakkan oleh beliau. Maka jika pendapat tersebut dinukil dari Imam Ahmad dan takhrij beliau, maka itu adalah riwayat yang ditakhrij oleh beliau.
Istilah Ibnu Muflih dalam kitab “ al Furu’”
1.      ( على الأصح ) maksudnya adalah paling kuat dari dua riwayat
2.      ( فى الأصح ) paling kuatnya dua sisi
3.      ( وعنه كذا ، أو : قيل كذا ) maka yang dipilih adalah pendapat yang menyelisihinya
4.      Jika berkata ( ويتوجه أو يقوى، أو عن قول، أو عن رواية، وهو أو هي أظهر، أو أشهر ، أو متنجه، أو غريب، أو بعد حكم مسألة :  فدل ، أو هذا يدل، أو ظاهره، أو يؤيده، أو المراد كذا  ) maka itu adalah perkataannya
5.      Jika dia berkata : ( المنصوص، أو الأصح، أو الاشهر، أو المذب كذا )
6.      Huruf ( ع ) tanda kata ijma’
7.      Huruf ( فى) pendapat tiga madzhab yang sesuai dengan madzhab hambali
8.      Huruf ( خ ) pendapat yang menyelishi pendapa t tiga madzhab
9.      Huruf ( هـ) pendapat yang menyelisihi Imam Abu Hanifah
10.  Huruf ( م ) pendapat yang menyelisihi Imam Malik
11.  Huruf ( ش ) pendapat yang menyelisishi Imam Syafi’i
12.  Huruf ( ق ) adanya dua pendapat Imam syafi’i.

COMMENTS

Iklan Konten$show=post

loading...

Artikel Terbaru$type=three$author=hide$comment=hide$rm=hide$show=post$cate=2$count=9$pagination=5

Nama

'Umdatul Ahkam 25 november 4 nove 4 november aa gym aadc2 Abdul Chair Ramadhan abu bakar ashidiq aceh Adab ade armando ade komaruddin adik ahok administrasi adsense advertorial afrika aher ahmad baidhowi ahmad dhani ahmad zainuddin ahok ahok djarot ahok illuminati ahokers akhlak akmal sjafril aksi bela islam iii Al Hikmah al quran palsu al umm al washiliyah al-quran Alex Naddour alfian tanjung ali bin abi thalib ali jaber aliansi pemuda makassar aliran sesat allepo alwi shihab am fatwa amerika amien rais amir faishol fath amir hamzah an najah anis baswedan anis dan sandiaga anton medan anton tabah antv april Aqidah aqidah syiah arab saudi archandra ariana grande arief rahman arifin ilham arik banyadhu artikel ilmiah Artikel Ramadhan atmiwiloto australlia bab thoharoh bachtiar nasir backmasking badai pasir arab saudi balaraja band bandung bangka belitung bangkalan bangladesh banjar banjarmasjin bank banten banyuwangi barcelona bareskrim bashar asad bawaslu bbc beasiswa beasiswa iain antasari beasiswa kuwait beasiswa tahfidz beasiswa turki bedah buku syiah bekal dakwah bekam bekasi berita bid'ah bima arya bin bina qalam biografi bireun Bisnis Online bitung blog tutorial bmh bmh jatim bmh lumajang bnn bnpt bogor bom saudi bpi bpjs brebes britney spears brunei buddha budha bukit duri buku buku gratis Buletin bungkul buni yani burhan shodiq bus pendemo buya hamka buya yahya cadar cakung cangkul car free day cba Ceramah charlie hebdo china cholil nafis cholil ridwan cilacap cina colil ridhwan cut nyak din dahnil anzar darul hijrah dasrul Data Kesesatan Syi'ah dauroh ddi debat bahasa arab internasional mesir dede demo tolak ahok demonstrasi densus 88 depok detik didin hafidhuddin dimas kanjeng din syamsuddin dina y sulaeman djarot do'a donald frans donald trump Download dprd dr miftah el banjari dr tiar dr zakir naik Dr. Adian Husaini Dr. Ahmad Zain An-Najah dr. aidh al qarni dr. warsito dream dzan farid dzulhijjah emilia renita erdogan Esra Panese event facebook fadel muhammad fadl zon fahira idris fahri hamzah fakta fans celtic farid okbah fatih seferagic Featured felix siauw ferdinand hutahean ferihana filipina film Fiqih fiqih dakwah fiqih haji fiqih ihram fiqih jenazah fiqih jihad fiqih jual beli fiqih madzhab imam syaf'i fiqih nikah fiqih puasa fiqih qurban firanda andirja florida foto Foto-Foto kesesatan Syi'ah fpi freddy budiman gafatar gajah gallery gambar game online game pes garut gatot nurmantyo gaza gerhana matahari gerindra Gilbert Lumoindong globaltv golkar gontor google gp anshor gresik gubernur ntb guru gus manan gus sholah habib rizieq hacker Hadits hadyu hafidz quran haiti halal.ad ham hamdan zoelva hari pancasila Harits Abu Ulya hartoyo harvard hary tanoesoedibjo headline hidayat nur wahid hidayatullah hikmah hmi hollywood hukum seputar ta'ziyah husain syahid husni thamrin hut ri 71 ibadah ibnu khaldun ibu saeni ical idc ihw ikhsan modjo iklan ilc 8 november illuminati Ilmu Faroidh ilyas karim imam masjid al aqsa imamah imunisasi india indonesia indramayu inews info kajian inggris insan mokoginta inspiratif intermezo internasional ipb ipw irak iran irena handono irlandia Islamophobia islandia israel istanbul istiqlal istri ahok istri gus dur jabar jack ma jakarta jakut jamaah tabligh janet jackson jas jatim jawa barat jawa timur Jayawijaya Jeffry Winters jember jepang jerman jihad jihad internasional jil jilbab jk jokowi jokowi dan ahok jonru jpnn Kabar Muslim Burma 2012 kalbar kalimantan kammi kampung rambutan kanada Kapolda kapolri kapry nanda karawang kashmir kasih keluarga Kemendag kenan nabil kereta cepat kesehatan KH Ali Mustafa Ya'qub KH Hasyim Muzadi kh. abdur rasyid khairul anwar Khutbah jum'at Kiamat king abdul aziz king saudi university kiriman pembaca kisah kisah hikmah kisah para nabi kivlan zen kiwil knrp koko kolombia komnas ham komnas perempuan kompas kompastv komunis koneksi kopi jessica korea utara kotamabagu kpai kpk kpu kristen kristenisasi kristologi ktp kuba kuburan kuliner kurma iran kutab al fatih kyai nur labuhbatu Lain-lain lalu heru rojak lampung Laurence Rossignol lbh paham lenteng agung lgbt liberal Liberalisme Lieus sungkharisma lipia lira lomba lomba tahfidz lombok london luar batang lucky hakim Lucu luhut lukman hakim luthfi bashori ma'ruf amin mabuk madina madrasah madura magelang mahfud md Makalah Menarik Makalah Thoharoh makassar make money blog malang malaysia maluku manado mark zuckberg maroko marwah daud marzukie alie masjid nabawi mataram medan media mainstream megawati menag menakjubkan mendagri mengerikan menhan merdeka mesir metrotv minahasa miras mizanul muslim mnctv mpr ms kaban muallaf muda mudi mudik 2016 muhammad ali muhammad taufik muhammadiyah muharram muhasabah mui mukidi mukjizat mulyono munarman musa musik muslim uyghur muslimah Musthalahaat al-fuqaha’ wal ushuliyin Mustholahul Hadits Mustolahat Fil fiqh myanmar nabil narkoba nasi uduk babi nasyiatul aisyiyah natal new york nigeria niken taradina ntb nu nur tajib nusairiyah nusantara nushairiyah nushron wahid oemar mita oezil olahraga omran opini ozil padang Paham Sesat pajak pakistan palestina palu pamekasan pan Panduan Ibadah Qurban pangeran harry pangi syarwi chaniago papua paris pasar ikan patani pbnu pdip pekerja asing Pemerintah Indonesia pendeta cabul pendeta vatikan pendidikan penemu muslim pengungsi suriah penjaringan penyerangan polisi tangerang perda islam pers persis pesantren petisi pilkada dki jakarta pki pks Pluralisme pokemon polisi politik ponorogo pontianak poso pp muhammadiyah ppp prabowo prancis probolinggo Prof DR Abdul Hadi profil proxy war psq puisi punk purbalingga purworejo pushami pwnu qishash quraish shihab rachmawati rawajati rcti reklamasi retorika dakwah revenuehits Rezim Penguasa riau ridwan kamil rifkoh abriani rio haryanto risma Riyadh Badr Bajrey rizal ramli robithoh alam islami rohingya rokok ronaldo rudal jokowi ruhut rumah tangga rusia Sahabat sahabat nabi said aqil sains salafy indonesia salib mampang salibis salim a. fillah samarinda sambudi sampang sandiago uno santoso santri sayidiman suryohadiprojo sby sd cilegon Sejarah sekjen pbb sekte dan aliran Sekularisme selandia sepak bola Shahnaz Laghari shalawat badar shalawat nabi shared2earn sidoarjo simposium anti pki siroh siyono skotlandia Slank sma soekarno solo spanyol spbu sragen stand up comedy stevanus stiba makassar subang sudan sukabumi sukmawati sulawesi sulteng sumbar sumedang sumsel sumut surabaya suriah surya prabowo susanto swedia syafii maarif syaikh sudais Syarh 'Umdatul Ahkam Syarh Matan Thawiyah syariat islam syarifah salsabila Syiah syiah mencela nabi muhammad syiah mencela sahabat syiah menghina muawiyah syiah mengkafirkan aisyah syiah mengkafirkan asyariyah syiah mengkafirkan sahabat syiah suriah syiah takfiri syirik syubhat pengagung kubur Syubhat Sejarah Rosululloh SAW Tabi'in Tabi'ut Tabi'in Tafsir tafsir al maidah tahukah? takbir keliling tangerang tanjungbalai tawasul Tax Amnesty Tazkiyyatunnafs tebet tebingtinggi teknologi tema ceramah tema dakwah teman ahok tempelate blog tempo tengger Tengku Erry Nuradi terbaru tere liye Terjemahan kitab Musthalahaat al-fuqaha’ wal ushuliyin terompet dari sampul al quran teroris teroris separatis terorisme terorisme medan teuku nasrullah teungku zulkarnain thailand thibun nabawi timor leste tionghoa tiongkok Tips tki tni tni au keroyok jamaah masjid trans7 Tsaqofah tuban tulisan turki tutorial tvone tvri uea ui uighur uika bogor uim uin ulil ullcok Ulumul Quran umroh gratis unas unesco Unik universitas islam madinah universitas paramadina unj Ushulul Fiqh ust. budi ashari ust. zaitun rasmin ust. zulkifli vaksin palsu valentine day van dame video vietnam wacana wahdah islamiyah walisongo wasilah wawasan wtc yahudi yaman yogya yogyakarta yordania yusril yusuf al qardawi yusuf mansur yuyuk andriati zaid royani zakat zulkifli hasan
false
ltr
item
Jurnalmuslim.com: 23. RIWAYAT YANG BERBEDA DARI IMAM AHMAD DALAM SATU MASALAH DIKARENAKAN BEBERAPA SEBAB
23. RIWAYAT YANG BERBEDA DARI IMAM AHMAD DALAM SATU MASALAH DIKARENAKAN BEBERAPA SEBAB
Jurnalmuslim.com
http://www.jurnalmuslim.com/2012/11/23-riwayat-yang-berbeda-dari-imam-ahmad.html
http://www.jurnalmuslim.com/
http://www.jurnalmuslim.com/
http://www.jurnalmuslim.com/2012/11/23-riwayat-yang-berbeda-dari-imam-ahmad.html
true
3812561232547159440
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy