RUMUS-RUMUS ASHAB KUTUB SITTAH KARANGAN AL-QANUJI DALAM KITABNYA “AL-HATHTHAH”

(dalam madzah dhohiri) RUMUS-RUMUS ASHAB KUTUB SITTAH KARANGAN AL-QANUJI DALAM KITABNYA “AL-HATHTHAH” 1.       (( خ )) : Riwayat Bukhar...


(dalam madzah dhohiri)
RUMUS-RUMUS ASHAB KUTUB SITTAH
KARANGAN AL-QANUJI DALAM KITABNYA “AL-HATHTHAH”

1.      (( خ )) : Riwayat Bukhari, karena nisbat kepada kota kelahirannya lebih masyhur dari nama dan kunyahnya
2.      (( م )) : Riwayat Muslim, karena nama Muslim lebih masyhur dari nama dan kunyahnya
3.      (( ط )) : Riwayat Malik, karena lebih terkenal dengan kitabnya Al-Muatha’, dan karena huruf mim (( م )) yang merupakan awal dari namanya, telah dipakai untuk Muslim
4.      (( ت )) : Riwayat Tirmidzi, karena nisbat kepadanya lebih terkenal
5.      (( د )) : Riwayat Abu Daud, karena kunyahnya lebih berkenal daripada nisbat kepada namanya
6.      (( س )) : Riwayat Nasa’i, karena nisbat kepadanya lebih terkenal daripada nisbat kepada nama dan kunyahnya

BEBERAPA METODE DALAM PEMBUKUAN HADITS

Para penyusun (mushonif) hadits menggunakan berbagai metode yang berbeda dalam penulisan hadits, berikut beberapa diantara metode tersebut yang palinh mendasar,

A.    Metode Al-Masanid
Al-Masanid adalah bentuk jamak dari kata musnad, maksudnya adalah kitab-kitab yang terkumpul didalamnya hadits-hadits tiap sahabat secara terpisah, baik itu hadits shahih, hasan, maupun do’if. Susunan nama-nama sahabat yang terdapat dalam Al-Musnad terkadang tersusun sesuai urutan huruf hija’iyah, kabilah, yang yang terlebih dahulu masuk Islam, atau sesuai nama kota. Para penulis Al-Musnad, terkadang hanya membatasi hadits-hadits salah seorang sahabat atau sebuah jama’ah sahabat yang mengikuti suatu peristiwa diantara peristiwa yang ada, seperti sepuluh sahabat yang dikabarkan akan masuk surga.
Diantara beberapa Al-Masanid yang paling masyhur adalah
1.      Musnad Abu Daud Ath-Thayalisi (w. 204 H)
2.      Musnad Abu Bakr Al-Humaidi (w. 219 H)
3.      Musnad Imam Ahmad (w. 241)
4.      Musnad Abu Bakr Al-Bazari (w. 292 H)
5.      Musnad Abu Ya’la Al-Mushalli (w. 307 H)
B.     Metode Al-Ma’ajim
Al-Ma’ajim adalah bentuk jamak dari kata mu’jam, adapun menurut istilah ahli hadits, kitab yang disebutkan didalamnya hadits-hadits dengan urutan sesuai nama-nama sahabat, syaikh (guru) mushanif, atau kota-kota sesuai dengan urutan huruf mu’jam.
Diantara beberapa Al-Ma’ajim yang paling terkenal adalah
1.      Al-Mu’jam Al-Kabir, milik Thabrani (w. 360 H)
2.      Al-Mu’jam Al-Ausath, juga milik beliau
3.      Al-Mu’jam Ash-Shoghir, juga milik beliau
4.      Mu’jam Al-Buldan, milik Abu Ya’la Al-Musholli (w. 307 H)
C.    At-Tashnif (kodifikasi) Sesuai Bab dalam Agama Secara Keseluruhan Sebagaimana Halnya dengan Al-Jawami’
Al-Jawami’  adalah suatu kitab yang penulisnya mengumpulkan berbagai hadits didalamnya dan mengurutkannya sesuai bab yang terdapat dalam masalah agama, maka didalamnya terdapat beberapa bab dalam Iman, thaharah, Ibadah, muamalah, pernikahan, siyar, dsb
Diantara Al-Jawami’ yang paling terkenal adalah
1.      Al-Jami’ Ash-Shahih, milik Syaikh Al-Muhaddits Abu Abdullah Muhammad bin Isma’il Al-Bukhari (w. 256 H)
2.      Al-Jami’ Ash-Shahih, milik Al-Imam Abu Al-Husain Muslim bin Al-Hajjaj (w. 261 H)

D.    At-Tashnif (kodifikasi) Sesuai dengan Bab-Bab Fikih
Ini adalah salah satu bentuk mushanafat (karya tashnif) yang tidak mencakup seluruh bab-bab dalam masalah agama, akan tetapi mencakup sebagian dari beberapa judul, terutama judul-judul dalam masalah fikih. Dan secara umum urutannya sesuai dengan bab-bab dalam masalah fikih, maka dimulai dengan bab thaharah kemudian bab shalat dsb.
Diantara kitab-kitab yang ditulis dengan jenis kodifikasi ini, yang paling terkenal adalah
1.      As-Sunan
As-Sunan, adalah  kitab-kitab yang ditulis sesuai bab-bab dalam masalah fikih dan membatasi hanya hadits-hadits yang marfu’ saja, supaya menjadi sumber berbagai masalah fikih dalam istinbath hukum. Dan berbeda antara Sunan dengan Al-Jawami’, karena didalamnya tidak terdapat pembahasan akidah, siyar, manakib, dsb. Bahkan hanya dibatasi dalam bab-bab fikih dan hadits-hadits hukum.
Diantara Kitab Sunan yang paling terkenal adalah
a.       Sunan Abu Daud As-Sijistani (w. 275 H)
b.      Sunan An-Nasa’i, milik Abu Abdurrahman An-Nasa’i (w. 303 H)
c.       Sunan Ibnu Majah (w. 275 H)
d.      Sunan Ad-Darimi (w. 255 H), para ulama merumuskannya dengan (( دي ))
2.      Al-Mushannafat 
Al-Mushannafat  adalah bentuk jamak dari kata mushannaf, adapun menurut istilah ahli hadits adalah suatu kitab yang disusun menurut bab-bab dalam masalah fikih dan mencakup hadits-hadits yang marfu’, mauquf, dan maqthu’. Ia juga mencakup hadits-hadits Nabi, perkataan sahabat, fatwa tabi’in dan terkadang fatwa tabi’ut tabi’in.
Perbedaan antara Al-Mushannaf dan As-Sunan
 Al-Mushannaf mencakup hadits-hadits yang marfu’, mauquf, dan maqthu’, adapun As-Sunan tidak mencakup selain hadits-hadits yang marfu’, kecuali hanya sedikit dan jarang
Diantara Kitab Al-Mushannaf yang paling terkenal adalah
a.       Mushannaf Abdurrazzak (w. 211 H)
b.      Mushannaf Ibnu Abi Syaibah (w. 235 H)
c.       Mushannaf Baqi Ibnu Mukhalad (w. 276 H)
3.      Al-Mu’aththa’at (bentuk jamak dari mu’athhta’)
Menurut bahasa adalah mudah dan dipersiapkan, adapun menurut isltilah ahli hadits adalah suatu kitab yang disusun menurut bab-bab fikih , dan mencakup hadits-hadits yang marfu’, mauquf, dan maqthu’. Dan ia seperti halnya dengan Al-Mushannaf namun beda dalam pemberian nama.
Diantara Mu’aththa’at yang paling terkenal adalah
a.       Al-Muaththa’, milik Imam Malik (w. 179 H)
b.      Al-Muaththa’, milik Ibnu Abi Dza’bi (w. 158 H)

E.     Kitab-kitab yang Pemiliknya Mengharuskan Akan Keshahihan Suatu Hadits
1.      Shahih Bukhari
2.      Shahih Muslim
3.      Shahih Ibnu Khuzaimah (w. 311 H)
4.      Shahih Ibnu Hibban (w. 354 H)

F.     Al-Mu’allafat Tematik (Menurut Judul)
Terdapat Ahli Hadits yang hanya menyusun hadits dalam judul-judul tertentu  secara khusus, diantaranya adalah
1.      Kitab-kitab tahrib dan targhib (ancaman dan anjuran),seperti,
a.       At-Targhib wa At-Tahrib, milik Al-Mundziri (w. 656 H)
b.      At-Targhib wa At-Tahrib, milik Ibnu Syahin (w. 385 H)
2.      Kitab-kitab Zuhud, Fadha’il, Adab, dan Akhlak, seperti,
a.       Kitab Az-Zuhdu, milik Imam Ahmad bin Hambal (w. 241 H)
b.      Kitab Az-Zuhdu, milik Abdullah bin Al-Mubarak (w. 181 H)
c.       Kitab Akhlak An-Nabi saw, milik Abi Syaikh Abdullah Al-Ashbahani (w. 369 H)
d.      Kitab Riyadh Ash-Shalihin, milik Imam Nawawi (w. 676 H)

G.    Kitab-kitab Ahkam
Ia adalah kitab-kitab yang hanya dibatasi didalamnya hadits-hadits yang berkaitan dengan hukum.
Diantara Buku-buku yang paling terkenal adalah,
1.      Al-Imam fi Ahadits Al-Ahkam, milik Ibnu Daqiq Al-‘Ied (w. 702 H)
2.      Al-Ilmam bi Ahadits Al-Ahkam, milik Ibnu Daqiq Al-‘Ied yang beliau ringkas dari kitab Al-Imam
3.      Al-Muntaqa fi Al-Ahkam, milik Ibnu Taimiyah (w. 602 H), dan disyarah oleh Asy-Syaukani dalam kitabnya “Nail Al-Authar
4.      Bulugh Al-Maram min Adillah Al-Ahkam, milik Ibnu Hajar Al-‘Asqalani (w. 852 H), dan disyarah oleh Ash-Shan’ani dalam kitabnya “Subul As-Salam

H.    Karangan Al-Majami’
Al-Majami’ adalah bentuk jamak dari kata majma’, maksudnya adalah setiap kitab yang pengarangnya mengumpulkan beberapa mushannafat, dan mengurutkannya sesuai urutan mushannafat tersebut yang ia kumpulkan.
Diantara Al-Majami’ yang paling terkenal adalah
1.      Jami’ Al-Ushul min Ahadits Ar-Rasul, milik Abu As-Sa’adat yang dikenal dengan sebutan Ibnu Al-Atsir (w. 606 H), beliau mengumpulkan antara uhul sittah, yaitu Shahih Bukahri, Shahih Muslim, Sunan Abu Daud, Sunan At-Tirmidzi, Sunan An-Nasa’i, dan menjadikan yang ke-enam Mu’aththa Malik sebagai ganti dari Sunan Ibnu Majah, dikarenakan banyak terdapat hadits-hadits yang lemah.
2.      Majma’ Az-Zawa’id wa Manba’ Al-Fawa’id, milik Al-Hafidz Al-Haitsami (w. 807 H), beliau mengumpulkan didalamnya hadits-hadits tambahan pada Musnad Ahmad, Musnad Abu Ya’la Al-Mushalli, Musnad Al-Bazari, Ma’ajim Ath-Thabrani yang tiga (Al-Kabir, Al-Ausath, dan Ash-Shaghir) dari hadits-hadits yang terdapat dalam Kutub Sittah.

I.       Al-Ajza’
Al-Juz’u adalah suatu kitab dalam ukuran kecil yang terkumpul didalamnya periwayatan-periwayatan seorang rawi dari beberapa rawi hadits, atau terkumpul didalamnya apa-apa yang berkenaan dengan suatu judul.
Diantara contohnya adalah
1.      Juz’u ma Rawahu Abu Hanifah ‘an Ash-Shahabah, milik Al-Ustadz Abu Ma’syar Abdurrahman Ath-Thabari
2.      Juz’u Raf’u Al-Yadain fie Ash-Shalah, milik Bukhari

J.      Al-Athraf
Adalah setiap kitab yang didalamnya disebutkan mushannifnya di setiap pangkal (potongan) hadits yang dapat menunjukkan bagian yang lain, kemudian menyebutkan sanad di setiap matan dari matan-matannya, dan kebanyakan penulisnya mengurutkan melalui sanad sahabat yang disusun berdasarkan nama-nama mereka sebagaimana huruf dalam mu’jam, contohnya adalah hadits (( كلكم راع )) dan hadits (( بني الاسلام علي خمس ))
Diantara Kitab Al-Athraf yang paling masyhur adalah
1.      Athraf Ash-Shahihain, milik Abu Muhammad Al-Washithi (w. 401 H)
2.      Tuhfah Al-Asyraf bi Ma’rifati Al-Athraf, atau Athraf Al-Kutub As-Sittah, milik Al-Hafidz Abu Al-Hajjaj Yusuf Al-Mizzi (w. 742 H)
3.      Al-Isyraf ‘ala Ma’rifati Al-Athraf, atau Athraf As-Sunan Al-Arba’ah, milik Ibnu ‘Asakir (w. 571 H)

K.    Al-Mu’allafat (Karangan) Hadits-Hadits Masyhur di antara Banyak Orang atau Hadits Maudhu’ (palsu)
Diantara Kitab yang paling masyhur adalah
1.      Tamyiz Ath-Thayyib min Al-Khabits fima Yaduru ‘ala Alsinati An-Nas min Al-Hadits, milik Abdurrahman Asy-Syaibani (w. 844 H)
2.      Al-Maudhu’at, milik Ibnu Al-Jauzi (w. 597 H)
3.      Al-La’ali Al-Masnu’ah fi Al-Ahadits Al-Maudhu’ah, milik Jalaluddin As-Suyuthi (w. 911 H)
4.      Al-Fawaid Al-Majmu’ah fi Al-Ahadits Al-Maudhu’ah, milik Asy-Syaukani (w. 1250 H)

L.     Az-Zawa’id
Maksudnya adalah Al-Mushannafat yang penulisnya mengumpulkan hadits-hadits tambahan di sebagian kitab-kitab hadits yang ada dalam suatu kitab yang lain
Diantara Kitab yang paling masyhur adalah
1.      Mishbah Az-Zujajah fie Zawa’id Ibnu Majah, milik Abu Al-Abbas Ahmad Al-Yusiri (w. 820 H)
2.      Mathalib Al-‘Aliyah bi Zawa’id Al-Masanid Ats-Tsamaniyah, milik Al-Hafidz Ibnu Hajar (w. 952 H)



BATASAN MENGGUNAKAN LAFADZ SELAIN BAHASA ARAB DAN ARAB

Menggunakan lafadz ‘ajam sesungguhnya dia orang a’jam, karena kalimat pertama digunakan ‘ajam, menggunakan lafadz setelah a’jam lafadz arab tidak mengapa (boleh), maka apabila orang arab menamai anaknya dangan ibrohim atau selain itu dari kata-kata a’jam .lafadz itu tidak dikatakan lafadz arab dengan susunan bukan asli setelah itu.
Memutuskan bahwa lafadz ini tidak dikatan arab kecuali susunan awalnya arab, walaupun susunan setelanya bukan bahasa arab.
Maka muncul batasan agar menjadi lafadz itu arab atau a’jam ketika meletakannya diawal.
Lafadz a’jam adalah yang susunannya awalnya dengan lafadz a’jam.
Lafadz arab adalah yang susunannya awalnya dengan lafadz  arab.
Kalimat tanya dalam istilah bahasa ada 10:
1.2.(ما) dan(ما هو) : kedua kata itu menanyakan tnetang hakikat sesungguhnya.
3.(أي) :menanyakan tentag suatu pilihan.
4.(كيف) :menanyakan tentang keadaan.
5.(من)       :menanyakan tentang seseorang.
6.(هل) :menanyakan tentang wujud sesuatu.
7.(متي) :menanyakan zaman(waktu).
8.(أين) :menanyakan suatu tempat.
9,10.(كم) (كأين) :menanyakan dengan kedua kata itu tentang jumlah.
Dan setiap lafad diatas adalah jawaban atas lafadz yang digunakan dengan sesuai.
Maka apabila dikatakan : sesuatu seperti apa manusia itu? Maka jangan dijawab: (hewan yang berbicara) tapi jawablah : (yang berbicara)karena itu sudah dapat dibedakan.
Dan Apabila  dikatakan : apa itu manusia? Atau siapa manusia? Maka katakan : hewan yang berbicara, karena itu adalah hakikat sesungguhnya.
Dan Apabila  dikatakan : kapan safar? Maka katakan : besok, jangan katakan : di depanmu.
Dan Apabila  dikatakan : dimana zaid? Maka katakan : di depanmu , dan jangan katakan : besok.
Kurang lebih seperti ini.

10 kalimat yang hakikatnya tidak menggantungkan kecuali dengan kalimat sebelumnya
Yaitu kalimat : perintah, larangan, do’a, syarat, balasan-balasannya, janji, ancaman, angan-angan, harapan, hal membolehkan.
Sisi pengkhususannya  dengan kalimat yang akan datang
Perintah, larangan, do’a, angan-angan, harapan:perintaan, permintaan yang lalu yang tidak mumgkin, keadaan yang ada, meminta pencapaian sesuatu hasil kemudian melihat yang akan datang.
Sedangkan syarat. Imbalan ini  berhubungan dengan sesuatu yang masih diragukan tentang hasilnya. Meragukan tentang hasil sesungguhnya terjadi hanya di masa akan datang.
Sedangkan janji dan ancaman hal ini berkaitan dengan mencegah dan menganjurkan sesuatu yang akan datang sesuai yang diharapkan dari janji yang baik atau yang buruk (ancaman), dan harapan tidak terjadi kecuali di masa yang akan datang.
Dan mubah untuk memilih antara melakukan dan meninggalkan, sedangkan memilih hal ini menghilangkan  sesuatu yang akan datang, karena yang lalu dan akan datang sudah jelas. 

Perbedaan Antara Letak, Penggunaan Dan Kandungan
Letak dalam istilah para ulama : yaitu memisahkan dengan menajdikan lafadz dalil terhadap ma’na, seperti penamaan Al-walid kholidan, dan in adalah letak secara bahasa.
            Sebagaiman memisahkan atas pengguasaan penggunaan lafadz dalam ma’na sampai menjadi mashur dalan hal ini disbanding yang lain. Dan ini diletakan pada 3 macam:
 As-syar’I : contoh as-sholat.
Kebiasaan yang umum : contoh ad-dabah.
Kebiasaan yang khusus : contoh mibtada’ dan khobar  pada para ahli nahwu.
Penggunaan : yaitu memisahkan suatu kata, hendak menamainya dengan menetapkan. Yaitu yang  sesungguhnya atau menamainya selain untuk mengkaitkan diantara keduanya yaitu majaz.
Penggunan  : pendapat yang diamaksudkan oeleh sang pembicara dari yang diucapkan.
Seperti perkatan para ulama : Imam As-Syafi’I berpendapat tentang ayat :
وَالْمُطَلَّقَاتُ يَتَرَبَّصْنَ بِأَنْفُسِهِنَّ ثَلَاثَةَ قُرُوءٍ ketika sudah suci, pendapat ini yang dimaksudkan oleh allah tentang ayat ini, sedangkang Abu Hanifah berpandapat saat haidh, ini yang Allah Ta’ala maksudkan tentang ayat ini, dengan mengutamakan kandungan kemudian dalil yang di lafadzkan.
Secara ringkas yang didahulukan yaitu letak kemudian kandungan kemudian penggunan.

Kelipatan : kepedekan : perintah menghitung dua kali.contoh sabda Nabi SAW : tidak ada kelipatan dalam shodaqoh. Maksudnya jangan mengambi shodaqoh setahun 2 kali.
   (أيش) sesuatu apa : singkatan dari (أي شيء) ? dan orang arab biasa mengucapkan dengan itu.
Buku:  nama untuk kumpilan bagian dari ilmu yang meliputi bab, pasal dan masalah lazim(yang ada).
Bab :  :  nama untuk kumpilan bagian dari ilmu yang meliputi bab, pasal.
Pasal : nama untuk kumpilan bagian dari ilmu yang meliputi masalah lazim(yang ada).
Yang Diuraikan : yaitu tenpat untuk bahs, yaitu pokok penelitian sesuatu sampai mendalam, kemudian disertai dasar dalam menjelaskan dan  menerangkan .
Al-Muqodimah : yaitu permulaan yang mengungkapkan maksud dan tujuan.
At-Tahqiq : menetapkan suatu permasalahan disertai dalil.
Ad-Daqiq : menetapkan suatu dalil dengan dalil yang lain.
Al-Qoyd : sesuatu yang dengan tujuan untuk mengumpulkan atau melarangan atau menjelasankan yang terjadi.
At-tanbiyah : yaitu menjaga dari kecerdikan, ma’nanya menjaga, atau kecerdasan ini yang dimaksudkan disini.
Al-Faidah :
secara bahasa :setiap apa yang bermanfaat dari ilmu atau yang lain.
Secara pengetahun : setiap kemaslahatan  ditujukan kepada suatu pekerjaan.
Al-Masalah :
secara bahasa : pertanyaan 
Secara pengetahun : yang diminta dari ketrangan yang punya dasar ilmu.
At-tatimah : sesuatu yang melengkapi kitab atau kitab
A-Khotimah :
Secara bahasa : akhir dari sesuatu.
Secara istilah : ucapan khusus yang diucapkan di akhir kitab atau bab.
‘Abadalah Al-Arba’ah
1.      ‘Abdullah bin Zubair RA
2.      ‘Abdullah bin Amru bin Al-Ash RA
3.      ‘Abdullah bin Umar bin Al-Khotob RA
4.      ‘Abdullah bin ‘Abbas RA
Dan sebagian mereka di didik didalam satu tempat, sebagaiman  dikatakan:
“anak-anak ‘abbas, amru, umar, dan Az-zubair mereka ‘abdullah-‘abdullah yang mulia.”
Dan mereka hidup dalam waktu yang cukup lama sampai manusia cukup dalam membutuhkan ilmu mereka.  
Fuquha Madinah Yang Tujuh
1.      Sa’id bin al-misayyab bin bin abi wahb.  Wafat pada tahun 94 h.
2.      ‘urwah bin az-zubair bin al-‘awam . Wafat di madinah pada tahun 93 h
3.      Abdullah bin abdillah bin ‘utbah bin mas’ud al-hadhali. Wafat di basroh pada tahun 98 h.
4.      Abu bakar bin abdurrohman bin al-harisah bin hisam bin mughirah.wafat di madinah pada tahun 94 h.
5.      Khorijah bin zaid bin tsabit bin adh-h-dhohak al-anshori. Wafat di madinah pada tahun 99 h.
6.      Sulaiman bin yasar al-hilali al-madini wafat pada masa khilafah yazid bin malik pada tahun 108 h.
7.      Al-qosim bin muhammad bin abu bakar as-shidiq ra . Wafat pada tahun 108 h.
Ustadz abu manshur al-baghdadi berkata dalam kitab “al-ushul al-khomsatu ‘asaro”  : 4 sahabat yang telah menyempurnakan pembahasan tentang ilmu Fiqih yaitu : Ali, Zaid, Inbu ‘Abbas Dan Ibnu Mas’ud.
Mereka (4) berijma’ terhadap suatu masalah dengan suatu pendapat, dan umat sepakat terhadap pendapatnya selain orang yang meng-ada dan perselisihannya tidak dianggap.
Dan setiap mpermasalahan Ali RA mengeilmunya sebagaimana pendapat seluruh  sahabat yang mengikutinya seperti Ibnu Abi Laily, As-Sa’bi, Dan ‘Ubaidah As-Salmani.
Dan setiap mpermasalahan Zaid RA mengeilmunya sebagaimana pendapat yang mengikutinya seperti As-Syafi’i, malik dan kebanyakan dari pengikutnya, dan yang mengikuti Khorijah Bin Zaid itu pasti.
Dan setiap mpermasalahan Ibnu Mas’ud RA mengeilmunya sebagaimana pendapat yang mengikutinya seperti ‘Alqomah, Al-Aswad, Abu Ayyub.
Selururuh ilmu shahabat terhimpun pada 6 orang shahabat yaitu : Umar, Ubay Bin Ka’ab, Zaid Bin Tsabit, Abu Dzar, Dan ‘Abdullah Bin Mas’ud.
Dan terhimpunnya ilmu shohabat yang 6 yaitu : pada ‘Ali dan Ibnu ‘Abas,
Imam An-Nawawi berkata : yang paling banyak fatwa adalah  riwayat  Ibnu Abbas.
Nabi SAW menetapkan ada 114 ribu shahabat yang meriwayatkan  dan mendengar hadist langsung darinya.
Paling banyak meriwayatkan hadist : Abu Huroiroh 5384 hadist.
Kemudian : Ibnu ‘Umar  RA 2630 hadist.
Kemudian :  Anas  RA sekitar   2286 haist.
Kemudian :  ‘Aisyah RA sekitar   2210 hadist.
Kemudian :  Ibnu Abbas RA  sekitar 1660 hadist.
Kemudian : Jabir RA sekitar 1540 hadist.
Sumber (hukum)  yang pertama tidak dikatakan kecuali para salaf, mereka yang hidup pada 3 masa pertama yaitu orang-orang yang melihat nabi SAW dan masa mereka adalah sebaik-baik masa.
Ibnu ‘Abbas : maksudnya ‘Abdulloh Bin ‘Abbas RA,
‘Abdullah : apabila disebut ‘Abdillah, pada akhir sanad dalam hadist yang dimaksud adalah ‘Abdulloh Bin ‘Abbas RA.
Tidak dapat mengambil manfaat dari kalimat “Laa Ilaaha Illa Allah”.  kecuali dia mempunyai dalam memahaminya 7 syarat, sebagaimana dikatakan oleh sebagian ulama yaitu : ilmu, yakin, ikhlas, jujur, cinta, terikat dan menerima.

COMMENTS

Iklan Konten$show=post

loading...

Artikel Terbaru$type=three$author=hide$comment=hide$rm=hide$show=post$cate=2$count=9$pagination=5

Nama

'Umdatul Ahkam 25 november 4 nove 4 november aa gym aadc2 Abdul Chair Ramadhan abu bakar ashidiq aceh Adab ade armando ade komaruddin adik ahok administrasi adsense advertorial afrika aher ahmad baidhowi ahmad dhani ahmad zainuddin ahok ahok djarot ahok illuminati ahokers akhlak akmal sjafril aksi bela islam iii Al Hikmah al quran palsu al umm al washiliyah al-quran Alex Naddour alfian tanjung ali bin abi thalib ali jaber aliansi pemuda makassar aliran sesat allepo alwi shihab am fatwa amerika amien rais amir faishol fath amir hamzah an najah anis baswedan anis dan sandiaga anton medan anton tabah antv april Aqidah aqidah syiah arab saudi archandra ariana grande arief rahman arifin ilham arik banyadhu artikel ilmiah Artikel Ramadhan atmiwiloto australlia bab thoharoh bachtiar nasir backmasking badai pasir arab saudi balaraja band bandung bangka belitung bangkalan bangladesh banjar banjarmasjin bank banten banyuwangi barcelona bareskrim bashar asad bawaslu bbc beasiswa beasiswa iain antasari beasiswa kuwait beasiswa tahfidz beasiswa turki bedah buku syiah bekal dakwah bekam bekasi berita bid'ah bima arya bin bina qalam biografi bireun Bisnis Online bitung blog tutorial bmh bmh jatim bmh lumajang bnn bnpt bogor bom saudi bpi bpjs brebes britney spears brunei buddha budha bukit duri buku buku gratis Buletin bungkul buni yani burhan shodiq bus pendemo buya hamka buya yahya cadar cakung cangkul car free day cba Ceramah charlie hebdo china cholil nafis cholil ridwan cilacap cina colil ridhwan cut nyak din dahnil anzar darul hijrah dasrul Data Kesesatan Syi'ah dauroh ddi debat bahasa arab internasional mesir dede demo tolak ahok demonstrasi densus 88 depok detik didin hafidhuddin dimas kanjeng din syamsuddin dina y sulaeman djarot do'a donald frans donald trump Download dprd dr miftah el banjari dr tiar dr zakir naik Dr. Adian Husaini Dr. Ahmad Zain An-Najah dr. aidh al qarni dr. warsito dream dzan farid dzulhijjah emilia renita erdogan Esra Panese event facebook fadel muhammad fadl zon fahira idris fahri hamzah fakta fans celtic farid okbah fatih seferagic Featured felix siauw ferdinand hutahean ferihana filipina film Fiqih fiqih dakwah fiqih haji fiqih ihram fiqih jenazah fiqih jihad fiqih jual beli fiqih madzhab imam syaf'i fiqih nikah fiqih puasa fiqih qurban firanda andirja florida foto Foto-Foto kesesatan Syi'ah fpi freddy budiman gafatar gajah gallery gambar game online game pes garut gatot nurmantyo gaza gerhana matahari gerindra Gilbert Lumoindong globaltv golkar gontor google gp anshor gresik gubernur ntb guru gus manan gus sholah habib rizieq hacker Hadits hadyu hafidz quran haiti halal.ad ham hamdan zoelva hari pancasila Harits Abu Ulya hartoyo harvard hary tanoesoedibjo headline hidayat nur wahid hidayatullah hikmah hmi hollywood hukum seputar ta'ziyah husain syahid husni thamrin hut ri 71 ibadah ibnu khaldun ibu saeni ical idc ihw ikhsan modjo iklan ilc 8 november illuminati Ilmu Faroidh ilyas karim imam masjid al aqsa imamah imunisasi india indonesia indramayu inews info kajian inggris insan mokoginta inspiratif intermezo internasional ipb ipw irak iran irena handono irlandia Islamophobia islandia israel istanbul istiqlal istri ahok istri gus dur jabar jack ma jakarta jakut jamaah tabligh janet jackson jas jatim jawa barat jawa timur Jayawijaya Jeffry Winters jember jepang jerman jihad jihad internasional jil jilbab jk jokowi jokowi dan ahok jonru jpnn Kabar Muslim Burma 2012 kalbar kalimantan kammi kampung rambutan kanada Kapolda kapolri kapry nanda karawang kashmir kasih keluarga Kemendag kenan nabil kereta cepat kesehatan KH Ali Mustafa Ya'qub KH Hasyim Muzadi kh. abdur rasyid khairul anwar Khutbah jum'at Kiamat king abdul aziz king saudi university kiriman pembaca kisah kisah hikmah kisah para nabi kivlan zen kiwil knrp koko kolombia komnas ham komnas perempuan kompas kompastv komunis koneksi kopi jessica korea utara kotamabagu kpai kpk kpu kristen kristenisasi kristologi ktp kuba kuburan kuliner kurma iran kutab al fatih kyai nur labuhbatu Lain-lain lalu heru rojak lampung Laurence Rossignol lbh paham lenteng agung lgbt liberal Liberalisme Lieus sungkharisma lipia lira lomba lomba tahfidz lombok london luar batang lucky hakim Lucu luhut lukman hakim luthfi bashori ma'ruf amin mabuk madina madrasah madura magelang mahfud md Makalah Menarik Makalah Thoharoh makassar make money blog malang malaysia maluku manado mark zuckberg maroko marwah daud marzukie alie masjid nabawi mataram medan media mainstream megawati menag menakjubkan mendagri mengerikan menhan merdeka mesir metrotv minahasa miras mizanul muslim mnctv mpr ms kaban muallaf muda mudi mudik 2016 muhammad ali muhammad taufik muhammadiyah muharram muhasabah mui mukidi mukjizat mulyono munarman musa musik muslim uyghur muslimah Musthalahaat al-fuqaha’ wal ushuliyin Mustholahul Hadits Mustolahat Fil fiqh myanmar nabil narkoba nasi uduk babi nasyiatul aisyiyah natal new york nigeria niken taradina ntb nu nur tajib nusairiyah nusantara nushairiyah nushron wahid oemar mita oezil olahraga omran opini ozil padang Paham Sesat pajak pakistan palestina palu pamekasan pan Panduan Ibadah Qurban pangeran harry pangi syarwi chaniago papua paris pasar ikan patani pbnu pdip pekerja asing Pemerintah Indonesia pendeta cabul pendeta vatikan pendidikan penemu muslim pengungsi suriah penjaringan penyerangan polisi tangerang perda islam pers persis pesantren petisi pilkada dki jakarta pki pks Pluralisme pokemon polisi politik ponorogo pontianak poso pp muhammadiyah ppp prabowo prancis probolinggo Prof DR Abdul Hadi profil proxy war psq puisi punk purbalingga purworejo pushami pwnu qishash quraish shihab rachmawati rawajati rcti reklamasi retorika dakwah revenuehits Rezim Penguasa riau ridwan kamil rifkoh abriani rio haryanto risma Riyadh Badr Bajrey rizal ramli robithoh alam islami rohingya rokok ronaldo rudal jokowi ruhut rumah tangga rusia Sahabat sahabat nabi said aqil sains salafy indonesia salib mampang salibis salim a. fillah samarinda sambudi sampang sandiago uno santoso santri sayidiman suryohadiprojo sby sd cilegon Sejarah sekjen pbb sekte dan aliran Sekularisme selandia sepak bola Shahnaz Laghari shalawat badar shalawat nabi shared2earn sidoarjo simposium anti pki siroh siyono skotlandia Slank sma soekarno solo spanyol spbu sragen stand up comedy stevanus stiba makassar subang sudan sukabumi sukmawati sulawesi sulteng sumbar sumedang sumsel sumut surabaya suriah surya prabowo susanto swedia syafii maarif syaikh sudais Syarh 'Umdatul Ahkam Syarh Matan Thawiyah syariat islam syarifah salsabila Syiah syiah mencela nabi muhammad syiah mencela sahabat syiah menghina muawiyah syiah mengkafirkan aisyah syiah mengkafirkan asyariyah syiah mengkafirkan sahabat syiah suriah syiah takfiri syirik syubhat pengagung kubur Syubhat Sejarah Rosululloh SAW Tabi'in Tabi'ut Tabi'in Tafsir tafsir al maidah tahukah? takbir keliling tangerang tanjungbalai tawasul Tax Amnesty Tazkiyyatunnafs tebet tebingtinggi teknologi tema ceramah tema dakwah teman ahok tempelate blog tempo tengger Tengku Erry Nuradi terbaru tere liye Terjemahan kitab Musthalahaat al-fuqaha’ wal ushuliyin terompet dari sampul al quran teroris teroris separatis terorisme terorisme medan teuku nasrullah teungku zulkarnain thailand thibun nabawi timor leste tionghoa tiongkok Tips tki tni tni au keroyok jamaah masjid trans7 Tsaqofah tuban tulisan turki tutorial tvone tvri uea ui uighur uika bogor uim uin ulil ullcok Ulumul Quran umroh gratis unas unesco Unik universitas islam madinah universitas paramadina unj Ushulul Fiqh ust. budi ashari ust. zaitun rasmin ust. zulkifli vaksin palsu valentine day van dame video vietnam wacana wahdah islamiyah walisongo wasilah wawasan wtc yahudi yaman yogya yogyakarta yordania yusril yusuf al qardawi yusuf mansur yuyuk andriati zaid royani zakat zulkifli hasan
false
ltr
item
Jurnalmuslim.com: RUMUS-RUMUS ASHAB KUTUB SITTAH KARANGAN AL-QANUJI DALAM KITABNYA “AL-HATHTHAH”
RUMUS-RUMUS ASHAB KUTUB SITTAH KARANGAN AL-QANUJI DALAM KITABNYA “AL-HATHTHAH”
Jurnalmuslim.com
http://www.jurnalmuslim.com/2012/04/rumus-rumus-ashab-kutub-sittah-karangan.html
http://www.jurnalmuslim.com/
http://www.jurnalmuslim.com/
http://www.jurnalmuslim.com/2012/04/rumus-rumus-ashab-kutub-sittah-karangan.html
true
3812561232547159440
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy